-->

Tips Cara Membedakan Kutilang Jantan dan Betina

Tips Cara Membedakan Kutilang Jantan dan Betina - Jika Anda ingin memiliki burung yang gampang perawatan dan juga cepat bunyi, peliharalah burung Kutilang. Burung dengan warna bulu badan keabuan hitam dengan jambul hitam ini sangat mudah dipelihara di rumah, mudah pakannya dan juga murah harganya.
 

Seperti kita ketahui jika Kutilang kurang disukai oleh kicau mania, karena dianggap merusak suara burung kicauan lainnya. Tetapi hingga detik ini artikel ini dibuat, penggemar burung Kutilang masih tetap ada dan selalu setia.

Penggemar Kutilang sepertinya tidak pernah hilang dan selalu ada dari waktu ke waktu, termasuk artikel ini dibuat juga untuk memenuhi permintaan pengunjung blog kicau193, yang menanyakan cara membedakan burung Kutilang jantan dan yang betina.

Berikut ini ciri perbedaannya antara burung Kutilang jantan dan betina

  1. Jika pada vent kita raba, yang jantan akan terasa menonjol dan kutilang betina terasa datar.

  2. Paruh, jika kutilang jantan paruh bagian atasnya akan meruncing ke bawah pada ujungnya, sedangkan burung betina paruhnya biasa saja datar.

  3. Jambul, burung jantan jambulnya lebih besar dan panjang ketika sedang mengembang keatas.

  4. Ukuran tubuh, burung betina badannya lebih kecil ramping sedangkan kutilang jantan lebih besar.

  5. Suara, jika burung betina suara kicauanya cenderung monoton dan kurang variatif, berbeda dengan yang jantan dengan suaranya yang keras dan variatif iramanya.
Akan tetapi, seperti kita ketahui bahwa Kutilang masuk dalam kelompok burung cucak-cucakan yaitu antara burung betina dan jantannya sama-sama memiliki kemampuan untuk berkicau juga.

Jadi beli yang jantan atau betina sama saja, tetapi agar lebih mantap pilihlah yang berjenis kelamin jantan yang dipercaya memiliki suara kicauan yang lebih variatif dan lantang. Artikel dikumpulkan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Cara Membedakan Kutilang Jantan dan Betina"

Posting Komentar