-->

Jenis Kambing Potong Yang Paling Banyak Dibudidayakan

Jenis Kambing Potong Yang Paling Banyak Dibudidayakan - Alhamdulillah sahabat pada sore hari saya akan memberikan update terbaru artikel dengan Judul Jenis Kambing Potong Yang Paling Banyak Dibudidayakan. Berbicara mengenai jenis kambing potong di Negri kita memang tidak ada habisnya, bahkan di negara ini memiliki lebih dari puluhan jenis kambing potong, namun yang akan saya bahas adalah jenis kambing yang memiliki kans bagus untuk di kembangkan, dengan perawatan yang mudah dan tentunya hasil panen yang maksimal.

Adapun jenis kambing yang sangat cocok untuk di budidayakan dan di ambil dagingnya adalah kambing kacang dan kambing etawa. Kedua kambing sangat cocok untuk hidup di semua wilayah di Negara kita, dengan pertumbuhan yang bagus kedua jenis ini tentunya menjadi primadona untuk jenis kambing potong.


Jenis Kambing Potong Yang Paling Banyak Dibudidayakan

a. Kambing Kacang

Kambing Kacang (kambing jawa), jenis kambing potong ini adalah yang pertama dan menjadi unggulan untuk di budidayakan di Indonesia, perawatan yang cukup mudah untuk kambing ini, lebih tahan terhadap penyakit, dan memiliki presentase perkembangbiakan yang bagus. Kambing ini sangat mudah di identifikasi jenisnya hanya dengan berdasarkan tubuhnya, kambing kacang memiliki tubuh yang lebih kecil pendek, kambing ini memiliki bentuk telinga yang tegak dan pendek, memiliki 2 tanduk baik untuk kelamin jantan atau betina.

Yang paling jelas adalah dengan ukuran lehernya yang pendek sedangkan pada bagian belakang (punggung) lebih tinggi dan juga warnanya yang bervariasi dan tidak monoton, pada umumnya akan berwarna warna tunggal hitam, merah, coklat atau ada pula yang belang hitam dan putih. Secara pribadi saya sangat menyukai rasa daging kambing ini, dan daging kambing ini sangat bagus untuk pria.

b. Kambing Etawa

Kambing Etawa, jenis kambing ini memang lebih mudah di identifikasi daripada kambing kacang, dengan hanya melihat ukuran dan bentuk tubuhnya tentunya kita akan mengetahui jenis kambing etawa. Kambing etawa memiliki bentuk tubuh yang lebih tinggi dan besar, serta memiliki telinga yang memanjang kebawah dengan ukuran sekitar 15-30 cm.

Warna bulu pada kambing ini juga bervariasi, namun lebih banyak kita temui dengan warna coklat, putih, dan hitam, jika ada warna lainnya maka kemungkinan sudah hasil silangan perkawinan dengan jenis kambing lainnya. Yang paling jelas adalah adanya bulu panjang di daerah pundak dan dibawah leher pada jenis kelamin jantan.

Kambing ini memang banyak di budidayakan untuk di ambil susunya karena memang kambing ini memiliki susu yang tiada habisnya, namun kambing ini juga sangat cocok untuk di jadikan kambing pedaging. Dengan membudidayakan kambing ini maka akan mendapat 2 keuntungan yaitu; susu untuk kambing yang masih produktif, dan daging untuk yang sudah tidak produktif/jenis kelamin jantan.

Baiklah, 2 jenis kambing yang bagus untuk di ternak sudah saya bahas, selanjutnya adalah bagaimana cara ternak kambing yang baik dan benar agar mendapatkan hasil panen yang optimal. Untuk mendapatkan hasil yang optimal memang butuh sedikit ketelatenan, namun bukan berarti ternak kambing ini sulit di lakukan, dan bahkan sangat mudah bagi pemula atau yang sudah berpengalaman.

Nah itulah artikel singkat mengenai Jenis Kambing potong yang paling banyak dibudidayakan sampai jumpa lagi pada pokok pembahasan yang lain. makasih banyak atas kunjungannya.

0 Response to "Jenis Kambing Potong Yang Paling Banyak Dibudidayakan"

Posting Komentar