Tradisi Tahun Baru Paling Unik di Beberapa Negara

Tradisi Tahun Baru Paling Unik di Beberapa Negara – Kemeriahan, pesta, dan kembang api menjadi hal yang paling identik dalam perayaan tahun baru. Tak dipungkiri, tahun baru telah menjadi suatu fenomena yang unik dan paling seru setiap tahunnya. Terdapat banyak sekali cara unik masyarakat dalam merayakan tahun baru, baik itu di Indonesia maupun di beberapa negara lain.

Di Indonesia, masyarakat biasanya merayakan malam tahun baru dengan menggelar acara barbeque party, atau yang biasa disebut dengan bakar-bakaran. Pesta tersebut biasanya dilakukan bersama keluarga atau teman dekat. Namun, ada juga yang merayakan tahun baru dengan merenungkan segala hal yang telah terjadi di tahun sebelumnya.

Meskipun begitu, hampir di semua negara merayakan tahun baru dengan pesta kembang api yang meriah. Namun, apakah Anda tahu bahwa dibeberapa negara punya tradisi-tradisi unik unik merayakan pesta tahun baru?

Tradisi Tahun Baru Paling Unik di Beberapa Negara

Tradisi Tahun Baru Paling Unik di Beberapa Negara

Bahkan, di beberapa negara, pesta kembang api tidak selalu menjadi hal yang membuat tahun baru paling meriah. Anda penasaran, kira-kira seperti apa tradisi unik apa saja di tahun baru di berbagai negara? Berikut 6 tradisi tahun baru paling unik yang kami rangkum.

1. Tradisi Adu Jotos di Peru

Setiap akhir tahun, masyarakat di sebuah desa kecil di Peruvia saling melakukan adu jotos untuk ‘menyelesaikan’ perselisihan di antara mereka. Perlu Anda ketahui, tradisi yang satu ini tidak bermaksud untuk menyakiti. Tradisi unik ini hanyalah sebagai simbol bahwa setelah konflik selesai, mereka harus memulai lagi lembaran baru.

2. Makan Selusin Butir Anggur di Spanyol

Terdapat satu kebiasaan unik di Spanyol, yang dilakukan saat malam pergantian tahun. Kebiasaan unik tersebut adalah makan anggur bersamaan dengan dentang jam di tengah malam. Tak hanya satu atau dua butir anggur, melainkan selusin butir anggur yang dimakan. Anggur-anggur tersebut harus dimakan sebutir dalam sekali bunyi dentang jam. Jika Anda berhasil memakan 12 butir anggur tanpa tersisa, maka itu pertanda kehidupan Anda akan beruntung di tahun mendatang.

3. Parade di jalan-jalan sambil menggiring bola api Skotlandia

Di Stonehaven, Skotlandia terdapat sebuah tradisi tahun baru yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat malam takbiran. Tradisi tersebut yaitu berparade di jalan-jalan sambil menggiring bola api atau obor di malam menuju malam pergantian tahun. Tradisi tersebut merupakan bagian perayaan Hogmanay di Skotlandia, yang jejak akarnya berasal dari Bangsa Viking.

4. Pecah Piring di Rumah Tetangga di Denmark

Ada satu tradisi perayaan tahun baru yang unik di Denmark, yaitu tradisi memecahkan piring di depan pintu kerabat atau tetangga. Jika piring yang pecah dan menumpuk di depan pintu semakin banyak, maka pertanda semakin banyak teman dan semakin banyak pula keberuntungan yang akan Anda miliki.
5. Perayaan Tahun Baru di Makam Chile
Jika biasanya malam tahun baru dipenuhi dengan suasana bahagia dan ceria, berbeda halnya dengan tradisi di Chile. Di negara tersebut, masyarakat malah memilih pemakaman sebagai tempat untuk merayakan pergantian tahun.
Mereka mendatangi kuburan untuk merayakan perayaan tahun baru bersama keluarga dan kerabat yang sudah lebih dulu meninggal dunia. Tradisi unik ini mengandung kepercayaan, bahwa orang yang telah meninggal itu menunggu keluarganya dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka.

6. Menggantung Bawang di Yunani

Ketika menjelang tahun baru dan malam pergantian tahun, masyarakat di Yunani akan menggantung bawang di depan rumah mereka. Hal tersebut dilakukan sebagai tanda kelahiran kembali di tahun yang baru. Tak hanya itu, masyarakat Yunani di hari pertama tahun baru juga akan memecahkan buah delima sebelum masuk rumah, sebagai simbol kemakmuran dan nasib baik.

Baca juga Unik dan Menarik! 10 Hal Unik Dari Bahan Makanan yang Jarang DiKetahui Orang

Nah, itu dia berbagai tradisi tahun baru di beberapa negara. Unik bukan? Bagaimana dengan tradisi di tempat tinggal Anda?

Tradisi Tahun Baru Paling Unik di Beberapa Negara | admin | 4.5