Permainan Tradisional Unik Mengasah Kreativitas

Permainan Tradisional Unik Mengasah Kreativitas – Bermain merupakan dunia anak-anak yang sangat menyenangkan. Sekarang ini anak-anak cenderung lebih senang bermain game di gadget. Padahal cukup banyak permainan tradisional yang dapat mengasah kreativitas sekaligus mengasah kehidupan sosialnya. Umumnya permainan tradisional dilakukan bersama-sama dengan teman yang lebih dari satu dan sangat ramai.

Permainan tradisional sering dimainkan oleh anak-anak sebelum mengenal gadget. Permainan yang sangat seru dan dimainkan beramai-ramai dengan strategi tertentu untuk memperoleh kemenangan. Saat ini permainan tradisional sudah mulai luntur dan tidak diminati padahal banyak manfaat yang diperoleh dan mengasyikkan daripada game di gadget.

Permainan Tradisional Unik Mengasah Kreativitas

Permainan Tradisional Unik Mengasah Kreativitas

Indonesia terdiri dari berbagai daerah dengan kebudayaan berbeda. Permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak biasanya dipengaruhi oleh kebudayaan di daerah tersebut. Bahkan ada beberapa permainan tradisional yang unik namun mengasyikkan dan seru. Berikut ini permainan tradisional unik yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

1. Galah Asin

Galah asin atau cabur merupakan permainan yang membutuhkan kerjasama dan kecerdasan emosional. Permainan ini terdiri dari dua tim yang beranggota 3-5 anak. Cara permainannya adalah membuat satu garis untuk masing-masing anak. Untuk memperoleh kemenangan harus berhasil melewati garis lawan yang dijaga ketat. Peran pemimpin masing-masing tim sangat berperan.

2. Paciwit-ciwit Lutung

Paciwit-ciwit lutung menjadi permainan yang mengasyikkan saat malam terang bulan. Permainan khas Sunda ini dimainkan oleh 3-4 orang anak. Cara bermainnya tanpa ada kekalahan atau kemenangan dan hanya bersenang-senang bersama teman saja. Anak-anak menumpuk kedua tangannya dan mencubit punggung tangan paling atas. Yang membuat ramai adalah permainan disertai dengan lagu Paciwit-ciwit lutung.

3. Perepet Jengkol

Permainan tradisional unik ini juga disertai lagu dan tidak ada yang kalah dan menang. 3-4 anak berdiri saling membelakangi dan berpengangan tangan. Kaki pemain berkaitan dari arah belakang. Pemain harus dapat menjaga keseimbangan saat pegangan tangan yang berkaitan mulai dilepaskan. Kemudian pemain akan berputar ke kanan dan ke kiri menurut arahan dari dalang permainan sambil bertepuk tangan.

4. Gatrik

Permainan gatrik melibatkan dua orang pemain atau bisa juga dua regu. Permainan ini memakai tongkat pemukul dari kayu dan potongan kayu yang panjang seperempatnya. Potongan kayu yang kecil dinamakan anak gatrik diletakkan di tengah lubang sempit dan miring. Pemain memukul anak gatrik agar melayang ke udara sejauh-jauhnya. Jika tertangkap oleh lawan maka berarti kalah. Sehingga harus dapat melempar anak gatrik sejauh-jauhnya agar tidak tertangkap lawan.

5. Oray-orayan

Permainan ini berasal dari Sunda yang dimainkan beramai-ramai dengan membentuk barisan panjang. Permainan tradisional unik ini hampir mirip dengan bermain ular naga. Pemain paling belakang akan ditangkap oleh pemain pada barisan terdepan tetapi barisan tidak boleh terputus. Barisan akan meliuk-liuk dan semakin meriah dengan lagu yang dinyanyikan.

6. Pletokan

Permainan yang dulu sering dimainkan sepulang sekolah memakai media bambu dengan lubang pada kedua ujungnya. Permainan ini seperti meriam tembak yang membutuhkan bilah bambu sebagai penembak dan bambu kecil berujung runcing. Peluru yang dipakai berupa kertas basah dan dibuat bulatan seperti kelereng. Semakin seru jika peluru berjumlah banyak. Masing-masing regu saling menembak dan yang terkena peluru tembakan berarti kalah.

Baca juga Ternyata Tempat Wisata Unik Ini Ada di Indonesia

Permainan tradisional yang ada di berbagai daerah Indonesia sangat seru dan menyenangkan ketika dimainkan. Sangat disayangkan jika permainan tradisional ditinggalkan karena tergerus oleh game pada gadget. Anak-anak yang bermain permainan tradisional akan dapat mengasah kreativitas dan sosialnya. Permainan tradisional unik sangat seru dan mengasyikkan daripada bermain gadget.

Permainan Tradisional Unik Mengasah Kreativitas | admin | 4.5