Nama Daerah Unik yang Ada di Indonesia

Nama Daerah Unik yang Ada di Indonesia – Indonesia memang unik dan banyak hal yang menarik. Kebudayaan Indonesia yang beragam sangat mendukung adanya keunikan-keunikan tersebut. Seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia terdiri dari pulau-pulau dengan beragam budaya berbeda.

Kebudayaan Indonesia yang beragam tersebut memberikan keunikan tersendiri. Bahkan keunikan tersebut mungkin hanya ada di Indonesia. Namun dengan keunikannya tersebut dapat menjadi ciri khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain ataupun negara lain. Dengan segala keunikannya tersebut menjadi daya tarik Indonesia.

Nama Daerah Unik yang Ada di Indonesia

Nama Daerah Unik yang Ada di Indonesia

Salah satu keunikan yang ada di Indonesia adalah pemberian nama daerah. Mungkin saja pada saat memberi nama daerah tersebut terinspirasi pada sebuah kejadian atau peristiwa. Bisa juga tercetus begitu saja dan menjadi nama daerah. Berikut ini nama daerah unik yang hanya ada di Indonesia.

1. Kecamatan Kandang Sapi

Mungkin yang ada di benak jika mendengar kata kandang sapi adalah tempat untuk memelihara binatang sapi. Namun Kandang Sapi ini dibuat sebagai nama daerah yang ada di wilayah Solo. Bisa jadi dulunya tempat ini banyak yang memelihara sapi. Tetapi sekarang jika mencari kandang sapi di daerah ini sudah tidak ditemukan lagi karena dipadati oleh rumah-rumah penduduk.

2. Desa Pocong

Selama ini pocong dikenal sebagai salah satu nama setan yang ada di Indonesia. Jika menyebut nama pocong maka yang teringat adalah nama makhluk gaib tersebut. Tetapi ternyata pocong dibuat sebagai nama desa yaitu Desa Pocong di Kecamatan Tragah, Bangkalan, Madura. Entah bagaimana asal mula daerah ini dinamakan sebagai Desa Pocong.

3. Dusun Koplak

Koplak sering dilontarkan sebagai ungkapan orang yang konyol atau perbuatan konyol. Tetapi entah mengapa koplak dipakai menjadi nama dusun di Kaliurang, Yogyakarta. Nama daerah unik ini justru lebih mudah diingat meskipun terkesan lucu.

4. Desa Kebocoran

Desa Kebocoran berada di daerah Purwokerto tepatnya 5 km ke arah barat laut dari pusat kota. Penamaan daerah ini berasal dari legenda yang ada pada jaman dahulu. Raden Kamandaka mengembara ke daerah Purwokerto yang kemudian berkelahi dan mengalami pendarahan tidak berhenti-berhenti seperti bocor. Karena kebocoran darah dari Raden Kamandaka inilah menjadi cikal bakal penamaan daerah Kebocoran.

5. Desa Toket

Penamaan daerah yang ada di Pamekasan Madura ini sebenarnya tidak ada kaitannya dengan hal vulgar. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa toket dalam bahasa gaul diartikan sebagai payudara. Namun meskipun toket berarti hal yang vulgar tetapi tetap dijadikan sebagai nama daerah hingga saat ini. Bahkan Desa Toket dikenal sebagai sentra penghasil Batik Madura.

6. Desa Tutup

Nama daerah unik yang berikutnya adalah Tutup. Desa Tutup merupakan sebuah nama yang ada di wilayah Tunjungan, Blora, Jawa Tengah. Tidak perlu khawatir desa ini tertutup untuk umum karena hanya dipakai sebagai nama daerah saja dan dapat dimasuki oleh orang dari daerah lainnya.

7. Desa Kasmaran

Kata kasmaran sangat erat kaitannya dengan rasa jatuh cinta pada dua sejoli. Namun ternyata kasmaran dijadikan sebagai nama desa yang ada di wilayah Widasari, Indramayu, Jawa Barat. Sebernarnya, nama desa ini berasal dari peristiwa Raja Sumedang Larang pada seorang wanita. Hingga saat ini nama desa tetap diabadikan.

Baca juga Unik dan Fantastis! Inilah Pekerjaan Unik yang Bergaji Besar

Indonesia memang sangat unik. Banyak keunikan yang hanya ditemui di Indonesia. Salah satu keunikannya adalah pada nama daerahnya. Nama daerah unik yang hanya terdapat di Indonesia tersebut malah akan gampang diingat. Bahkan nama daerah yang unik hanya ada satu-satunya di Indonesia dan tidak akan ditemui di negara lain.

Nama Daerah Unik yang Ada di Indonesia | admin | 4.5