Fakta Unik Seputar Lebah Madu yang Fantastis

Fakta Unik Seputar Lebah Madu yang Fantastis – Apa yang terpikir dalam benak Anda ketika disebut kata “madu”? Sebagian besar dari Anda pasti langsung membayangkan bahwa madu adalah cairan kental berwarna kuning keemasan dengan rasa yang manis. Madu memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan manusia. Dengan kebiasaan rutin meminum madu, kesehatan Anda akan terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Fakta Unik Seputar Lebah Madu yang Fantastis

Fakta Unik Seputar Lebah Madu yang Fantastis

Lebah adalah serangga penghasil madu. Makhluk luar biasa ini ternyata memiliki beberapa fakta unik yang jarang Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Produksi Makanan

Lebah madu diperkirakan telah hadir di muka bumi sekitar 30 tahun yang lalu. Serangga ini diakui sebagai satu-satunya hewan yang memproduksi makanan bagi manusia.

2. Lebah Betina

Jangan salah, ternyata yang menjadi lebah pekerja adalah lebah wanita, bukan lebah jantan. Lebah betina memiliki rentan waktu hidup rata-rata 6-8 minggu saja. Lebah betina melakukan seluruh pekerjaan yang ada di dalam koloni.

3. Otak Lebah

Fakta unik seputar lebah madu terdapat pada otaknya. Otak lebah pekerja hanya berukuran 1 mm kubik. Namun, lebah madu betina ini ternyata memiliki jaringan neuropile terpadat dibanding binatang lain.

4. Lebah Jantan

Anda tidak perlu takut dengan lebah jantan. Mereka tidak mempunyai sengat sehingga aman jika tersentuh oleh kulit Anda. Lebah jantan ini tidak memiliki pekerjaan apapun di dalam koloni selain kawin saja.

5. Lebah Ratu

Lebah ratu bisa bertahan hidup selama 2-3 tahun. Tugasnya hanya kawin dan bertelur. Dalam sehari, lebah ratu bisa menghasilkan 2.500 telur. Lebah jenis ini satu-satunya yang kemampuan seksualnya berkembang di dalam koloni. Hal in dihubungkan dengan diet ketat lebah ratu yaitu royal jelly.

6. Royal Jelly

Royal jelly yang kaya manfaat ini merupakan substansi seperti susu yang terbuat dari serbuk sari yang dicerna dan madu, lalu dicampurkan dengan bahan kimia alami yang disekresikan dari kelenjar yang terdapat di kepala lebah perawat.

7. Lilin Lebah

Fakta unik seputar lebah madu terdapat pada lilin lebah. Lilin lebah diproduksi dari kelenjar yang terletak di bawah perut. Lilin tersebut digunakan sebagai tempat atau sarang madu. Lilin lebah dimanfaatkan manusia sebagai bahan obat-obatan, polesan furniture, dan lain-lain. Lebah butuh 8-10 kg madu untuk menghasilkan 800 gr lilin.

8. Sengatan Lebah

Hanya lebah pekerja yang memiliki sengatan yang digunakan saat lebah merasa terancam. Sengatan hanya bisa sekali digunakan karena lebah yang sudah menyegat akan mati. Lebah membutuhkan 1.100 sengatan untuk menghasilkan serangan fatal dan menyakitkan pada manusia. Ratu lebah juga memiliki sengat tetapi tidak pernah digunakan karena tidak pernah keluar dari sarang.

9. Suhu Sarang

Lebah mampu mempertahankan suhu ruang tetap 33°C dan tidak terpengaruh dengan suhu di luar.

10. Sayap Lebah

Setiap menit, lebah bisa mengepakkan sayap sebanyak 11.400 kali. Kepakan sayap lebah menghasilkan bunyi seperti yang Anda biasa dengar selama ini.

11. Kecepatan Terbang

Setiap jam, lebah bisa terbang dengan kecepatan 23 km. Untuk mengumpulkan nektar bunga, lebah sanggup terbang sejauh 10 km.

12. Serbuk Sari

Fakta unik seputar lebah madu terdapat pada serbuk sarinya. Setiap tahun, satu koloni tunggal lebah madu bisa menghasilkan 33 kg serbuk sari. Sedangkan madu hanya bisa dihasilkan sebanyak 0.81 gr semasa hidup.

13. Rasa dan Warna Madu

Perbedaan rasa dan warna madu bergantung sekali pada nektar bunga yang dihisap.

14. Bee Polen

Bee Polen merupakan salah satu makanan alami dan bergizi tinggi. Bee polen mengandung gula, karbohidrat, protein, mineral, enzim, dan beberapa vitamin.

15. Mikroba

Madu bisa digunakan sebagai obat karena mikroba tidak dapat hidup dan berkembang biak di dalam madu. Jika Anda terluka, cukup oleskan madu sebagai obat. Royal jelly bisa digunakan sebagai penyubur kandungan dan suplemen kesehatan tubuh alami.

Baca juga Kegiatan Sehari-Hari yang Dapat Membakar Kalori Secara Cuma-Cuma

Demikianlah fakta unik seputar lebah madu yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi madu. Belilah madu asli yang diproduksi oleh orang atau pabrik yang sudah terpercaya. Selamat mengonsumsi madu setiap hari.

Fakta Unik Seputar Lebah Madu yang Fantastis | admin | 4.5