5 Bahaya Fatal Memakai Wifi Gratis di Bandara

5 Bahaya Fatal Memakai Wifi Gratis di Bandara -Tak dapat dipungki bahwa bagi masyarakat saat ini, koneksi internet telah menjadi bagian yang tak terpisahkan, terlebih saat traveling. Hampir dari sebagian kita, jika ada koneksi internet gratis, tanpa pikir panjang Anda langsung mengakses melalui WiFi gratis yang tersedia terutama di bandara saat menunggu keberangkatan pesawat.

5 Bahaya Fatal Memakai Wifi Gratis di Bandara

 

Sebelum anda menggunakan WiFi gratis yang di bandara, mengingat ada ancaman yang selalu mengintai, terutama dalam penyalahgunaan data-data pribadi saat Anda mengakses WiFi gratis. Karena semua aktivitas yang Anda lakukan akan terekam saat menggunakan WiFi gratis. Seperti yang telah di informasikan news.com.au, Selasa (20/9/2016) berikut beberapa ancaman yang harus Anda pahami sebelum menggunakan WiFi gratis.

1. WiFi gratis tidak ada jaminan keamanan

Tak ada yang bisa menjamin keamanan koneksi dari sebuah Wi-Fi gratis. Karena semua orang bisa mengakses dengan mudah. Ancaman yang nyata sudah terjadi adalah pencurian data-data pribadi oleh peretas ketika Anda mulai masuk menggunakan WiFi gratis.

2. WiFi gratis sangat rentan diretas

Koneksi gratis nirkabel sangat rentan diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan perangkat lunak tertentu. Saat gawai Anda terkoneksi, peretas akan dengan mudah mengambil data-data dari ponsel, tablet bahkan laptop yang terkoneksi ke WiFi gratis.

3. Peretas bisa mengetahui semua informasi Anda

Dengan perangkat lunak yang disematkan dalam WiFi, seorang peretas bisa menggali semua informasi pengguna WiFi gratis dengan cara yang sangat mudah. Tak perlu heran jika mereka bisa mengenal tanggal lahir hingga tempat tinggal Anda saat data Anda berhasil diambil.

4. Peretas bisa menyalahgunakan data histori

Setiap histori dalam WiFi akan tercatat dengan mudah. Lebih-lebih jika Anda mengakses transaksi perbankan atau penggunaan kartu kredit saat menggunakan WiFi gratis. Pahami bahwa koneksi gratis tidak aman untuk digunakan untuk bertransaksi secara virtual bahkan untuk mengecek email sekalipun.

5. Semua data bisa dicuri

Data-data dalam ponsel bahkan aplikasi apa saja yang Anda gunakan bisa ditelusuri saat Anda masuk ke WiFi gratis. Tidak ada jaminan data-data Anda akan aman. Tentu saja ancaman lain seperti penggunaan kartu kredit tanpa sepengetahuan Anda, bisa menjadi ancaman paling serius.

Sebaiknya anda mangaktfikan koneksi internet Anda dengan aman dan hindari melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan WiFi gratisan. Pastikan juga Anda menggunakan koneksi dari penyedia telekomunikasi yang Anda gunakan secara langsung ketika memesan tiket pesawat di Reservasi.com.

Baca juga artikel lainnya mengenai Solusi Mengatasi Laptop Mati Total

Sebagai masukan buat yang suka memakai Wifi Gratis di badara adalah berhati-hatilah dalam menggunakan layanan yang gratis. Karena mengingat data pribadi seseorang sangat bermanfaat dan dapat disalahgunakan oleh okunm-oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu berhati-hatilah dalam menggunakan layanan gratis apapun walaupun bukan wifi.

5 Bahaya Fatal Memakai Wifi Gratis di Bandara | admin | 4.5