8 Panduan Komunikasi Cowok Kepada Cewek

8 Panduan Komunikasi Cowok Kepada Cewek – Sebelumnya admin telah membagikan artikel yang berkaitan dengan 10 Kebiasaan Buruk Pasangan Sehingga Tergoda Untuk Selingkuh. Dan untuk lebih lengkapnya, langsung saja anda menyimak penjelasan berikut ini, tenatng 8 Panduan Komunikasi Cowok Kepada Cewek.

1. Mengawali Komunikasi

Tujuan berkomunikasi adalah untuk menyampaikan pesan— entah itu sebagai diri anda atau sebagai posisi lain. Dalam berkomunikasi anda tidak hanya dituntut untuk menyampaikan pesan dengan jelas. Tapi juga dituntut untuk memahami *komunikan. Dalam kasus komunikasi pada cewek, kita akan jauh lebih dipusingkan dengan gejolak perasaan mereka.

8 Panduan Komunikasi Cowok Kepada Cewek

8 Panduan Komunikasi Cowok Kepada Cewek

Maka itu agar pesan jauh lebih mudah dimengerti cewek. Kita tentu harus menggunakan metode komunikasi mereka. Bagaimana caranya? Pertama kita harus menyadari bahwa di bawah kulit wanita terdapat lebih banyak reseptor sentuhan ketimbang pria. Sentuhan itu mampu melepaskan banyak oxytocin di otak yang akan memicu sikap memercayai.

Jadi, hal pertama yang dilakukan saat bertemu cewek tentu saja adalah bersentuhan atau sederhananya berjabat tangan. Semudah itu? Tentu saja tidak. Kita juga harus memahami beberapa jenis jabat tangan. Guna memahami karakter atau setidaknya keadaan jiwa komunikan kita.

Berjabat tangan dengan posisi vertikal adalah cara normal untuk menyentuh dan menyapa orang lain ketika mengawali percakapan. Atau bisa disebut juga posisi netral.

Jabat tangan dengan posisi telapak tangan mengarah ke bawah merupakan ciri bahwa seseorang merasa lebih tinggi derajatnya ketimbang yang diajak bicara. Lihatlah dalam beberapa kesempatan, saat berkenalan dengan cowok, wanita kadang mengarahkan telapak tanganya ke bawah saat akan berjabat tangan. Jika ini terjadi maka, pelintirlah tanganya hingga ke posisi netral (vertikal)!

Sedangkan jabat tangan dengan posisi telapak tangan mengarah ke atas. Adalah cara untuk menunjukan keramahan dan kepatuhan. Posisi ini mirip dengan sikap mempersilahkan. Cara ini cukup bersahabat jika melakukanya diiringi dengan senyum yang tulus.

Jabat tangan intim adalah jabat tangan yang dalam. Apa maksudnya? Bila jempol anda atau komunikan menyentuh punggung lengan antara jempol dan telunjuk. Itu tanda bahwa kalian adalah teman dekat. Bisa juga ditambah dengan sentuhan ringan dan cepat di daerah netral tepatnya pada lengan bagian atas.

Catatan: Jika tidak diawali dengan jabat tangan, sentuhan pada lengan atas saja sudah cukup sebagai gambit/pembukaan.

Sebelum dan selama berjabat tangan anda harus membarenginya dengan senyum. Senyum seperti apa? Memang senyum ada jenis-jenisnya? Tentu saja. Lewat senyum kita bisa mengetahui emosi seseorang seketika. Ini jugalah cara instan untuk mengetahui ke mana arah pembicaraan akan menuju.

Duchenne smile atau sering juga disebut sebagai senyum palsu. Adalah senyum yang dilakukan dengan merapatkan gigi atas dan bawah. Diikuti dengan bibir terkatup yang ditarik melebar pada kedua sisi. Senyum ini kadang diimbuhi dengan kedua alis yang diangkat seakan seorang itu benar-benar tengah tersenyum. Variasi lain dari senyum ini dilakukan dengan bibir terbuka—guna mengesankan bahwa senyum itu asli. Senyum merupakan tanda penghormatan atau kebalikan dari respon yang ingin diutarakan. Misalkan anda berkata, “Wah! Sudah lama tidak bertemu wajah kamu sekarang jadi kelihatan lebih manis.” harusnya cewek senang dipuji seperti itu. Tapi, bila Duchenne smile yang ia beri bisa saja berarti ia tidak senang dengan pujian anda karena dianggap sebagai rayuan.

Senyum yang cukup manis selanjutnya adalah coquettish smile. Senyum singkat yang hanya melibatkan salah satu sudut bibir. Lalu, di saat bersamaan si cewek memiringkan kepala ke salah satu sudut seakan ingin mengintip. Senyum ini adalah cara wanita untuk menunjukan pesonanya pada anda. Saya tidak tahu apakah mereka sedang minta dipuji atau tidak ketika melakukan senyum ini.

Senyum dengan menunjukan gigi bagian atas disertai pergerakan otot di sekitar mata merupakan tanda bahwa senyum itu benar-benar asli. Senyum merupakan wujud perasaan senang seseorang.

Senyum asli lainya adalah Happiness smile atau senyum kebahagiaan. Di mana senyum akan terlihat seperti akan tertawa. Otot-otot pipi, mata, dan alis juga ikut bergerak. Senyum asli dapat juga dideteksi dengan apakah kita juga ingin menirukan senyum seperti itu atau tidak (empati).

Asymmetric smile adalah senyum yang terjadi saat salah satu sudut bibir ditarik tanpa menggerakan sudut lainya. Dilihat dari posisi sudut bibir mana yang ditarik bisa diamati emosi sebenarnya dari seseorang. Jika sudut kanan yang ditarik maka artinya dia tidak ingin senyum. Tapi, entah karena alasan apa tetap dilakukan. Jika sudut kiri yang ditarik maka artinya ia memang tersenyum. Tapi, secara logis berusaha untuk terlihat tidak melakukanya.

2. Teknik Komunikasi yang Baik

Teknik bersinonim dengan kata rekayasa yang berarti usaha untuk mengatasi masalah. Beberapa masalah umum dalam komunikasi tatap muka di antaranya kurangnya bahan pem-bicaraan, kesulitan mendeteksi perasaan komunikan, kesulitan mengkomunikasikan perasaan diri, rasa gugup, dan kekurangmampuan membawa suasana.
Ada metode sederhana dalam komunikasi untuk memastikan pesan anda akan diterima dengan Baik atau tidak. Metode itu bernama indentifikasi-interaksi.

Indentifikasi adalah proses mengenali karakteristik lawan bicara anda. Dalam hal ini kita akan menggunakan fisiogonomi. Lalu, pada proses interaksi kita akan gunakan sedikit kinesika dan permainan intonasi.

Sebelum berbincang ada baiknya anda mengenali (identifikasi) seringkas apa komunikan. Ini bisa dilihat dari seberapa tebal bibir atas mereka. George W. Bush adalah salah seorang dengan bibir atas yang tipis. Mereka adalah orang-orang yang senang berbicara singkat dan langsung pada intinya.

Hindari pengulangan pembicaraan karena mereka bisa bosan. Ketika pembicaraan sudah terasa membosankan mereka akan melupakanya—termasuk lawan biacaranya. Namun, begitu anda membuat mereka tertarik, mereka akan terbuka dan menyampaikan banyak hal yang mereka sukai dan berusaha untuk membagi wawasan.

Bagaimana jika anda yang berbibir atas tipis? Anda bingung untuk memperpanjang percakapan? Isilah percakapan dengan lebih banyak rincian/detail. Bagaimana bila orang yang anda hadapi cukup panjang lebar bercakap Sampaikan bahwa anda ingin langsung ke pokok pembicaraan dengan mengatakan, “Jadi kesimpulanya dia itu … ?” atau bisa juga dengan mengatakan, “Coba jelaskan ceritanya dalam beberapa kalimat!” tentu saja itu dilakukan dengan intonasi yang ramah. Tidak ada orang yang mampu membaca pikiran anda. Jadi ungkapkanlah sedikit emosi saat berkomunikasi! Agar orang paham kondisi kejiwaan anda.

Lain lagi jika orang yang anda temui berbibir atas tebal seperti Mick Jagger. Jika ditanya mereka pasti akan menjawab sampai ke akar-akarnya. Mereka memang punya bakat alamiah untuk berbicara. Pembicaraan dengan mereka akan jauh lebih mengalir dan berwarna. Jika anda yang berbibir atas tebal, cobalah untuk tidak mengulang topik dan pekalah terhadap tanda-tanda kebosanan. Sebelum berbicara ada baiknya untuk menyusun kata-kata itu—secara cepat—dalam otak anda! Akan makin menyenangkan jika anda memang memiliki pengetahuan mumpuni dalam hal kinesika (ilmu bahasa tubuh) dan penggunaan intonasi. Perbanyak membaca, mendengar, dan mengamati sekitar—sehingga percakapan anda akan jauh lebih berkembang!

Identifikasi selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah berkenaan dengan watak analitis seseorang. Ciri ini ditentukan seberapa besar lipatan kulit yang menutupi kelopak mata seseorang. Tom Hanks adalah contoh orang dengan analitis tinggi. Mereka akan membicarakan banyak sudut pandang dan mempertanyakan bagaimana serta kenapa sesuatu bisa terjadi atau bekerja. Kadang anda akan menemukan bahwa orang-orang ini seakan membuat suatu hal sederhana jadi terlihat rumit. Mereka membutuhkan waktu yang lama untuk mengambil keputusan. Bila anda adalah orang dengan kelopak mata tertutup. Maka, percepatlah waktu untuk menganalisa—karena tidak semua orang suka dengan detail sama seperti anda!

Bila orang yang anda temui memiliki kelopak mata sepenuhnya terbuka. Seperti Hillary Clinton maka, sekali mereka sudah mengerti konsep atau apapun dalam sebuah penjelasan. Mereka akan langsung ingin menuju ke pokok permasalahan. Orang dengan watak analitis rendah, sangat tidak sabar dengan hal yang bertele-tele.

Anda mungkin suatu saat akan bertemu dengan orang yang ingin tahu secara mendetail pembicaraan anda. Lalu, dikaji perlahan dan dipertimbangkan sedikit demi sedikit. Mulai dari sumber informasi, keabsahanya, kapan itu terjadi, di mana, dan banyak rincian lain. Tapi, mungkin juga suatu saat anda akan bertemu dengan orang dengan ciri analitis rendah. Mereka mengabaikan banyak rincian remeh dan ingin segera bertindak. Kadang kita akan melihat mereka sebagai orang yang dingin dan suka memotong pembicaraan. Mereka juga bisa terlihat agresif dan cenderung menyudahi kalimat orang lain dengan kesimpulanya.

Mengidentifikasi watak dan tempramen komunikan adalah salah satu cara menyelamatkan diri dari kesalahpahaman. Pada dasarnya semua cewek sama, lalu lingkungan akan membentuk mereka menjadi seperti yang anda lihat. Mungkin dulunya mereka berbibir atas tebal. Namun, seiring berjalan waktu, banyaknya konflik dan emosi yang dipendam membuat bibir atas mereka menipis. Toleransi, kesabaran, dan kebijaksanaan adalah kunci untuk memahami komunikasi wanita.

3. Bahasa Tubuh dan Intonasi Dalam Proses Interaksi

Pastinya anda pernah menonton Mr. Bean bukan? Tokoh ini sama sekali tidak bertutur sepatah kata pun pada kamera. Tapi, anehnya walaupun tidak seperti Srimulat, Mr. Bean tetap bisa membuat kita tertawa terbahak-bahak. Sebenarnya dalam sudut pandang keilmuan itu sama sekali tidak aneh.

Apa anda pernah main permainan ikuti kata-kata saya? Cara mainya adalah dengan mengacungkan jari kanan seraya berkata, ”Ikuti kata-kata saya!” setelah teman-teman anda ikut meng-acungkan jari maka katakan, ”Tempelkan jari ke hidung!” namun, yang anda lakukan justru secepat mungkin menempelkan jari ke dagu. Maka, yang teman-teman anda lakukan juga pasti ikut menyentuh dagu walaupun perintahnya menyentuh hidung. Kenapa ini bisa terjadi? Ini karena manusia jauh lebih percaya pada bahasa tubuh ketimbang bahasa verbal. Sebab, 92% informasi itu masuk melalui mata sedangkan, 8% sisanya masuk lewat indera lain seperti kulit dan telinga. Bahasa tubuh bisa dipelajari dan bukan merupakan sesuatu yang terlalu sulit— karena yang anda semua butuhkan adalah pembiasaan.

Pemahaman Tentang Bahasa Tubuh

  • Bahasa tubuh biasanya adalah tipe komunikasi yang tidak disadari.
  • Mencerminkan kondisi internal seseorang.
  • Berpengaruh sangat besar dan amat perlu dioptimalkan sesuai dengan tujuan komunikasi.
  • Kekuatan dari komunikasi akan menurun bila bahasa tubuh kita tidak sesuai.
  • Jika selaras maka akan memperjelas dan mengoptimalkan kekuatan dari komunikasi.

Faedah mempelajari Bahasa Tubuh

  • Mampu memahami bahasa tubuh lawan bicara Mengetahui tanda-tanda kebosanan.
  • Mengetahui apa yang tidak dikatakan oleh lawan bicara. Menganalisa nilai kebenaran pembicaraan seseorang.
  • Menghindarkan diri dari penipuan.
  • Sebagai alat bantu untuk menganalisa kepribadian seseorang.
  • Memperbaiki bahasa tubuh kita sendiri.
  • Membangun hubungan dengan lebih cepat. Mengoptimalkan pengaruh komunikasi.
  • Menghindari kesalahpahaman.Dapat membantu seseorang untuk memancarkan kharismanya.
  • Memudahkan diri dalam mempengaruhi lawan bicara.

Sedikit pendahuluan di atas pastinya sudah membuat anda sedikit lebih mengerti mengapa bahasa tubuh menjadi salah satu alat penyampai emosi. Bagian di bawah ini adalah contoh dari beberapa bahasa tubuh:

1. Jarak berdiri antara dua orang

  • Sebagai tanda persepsi terhadap teritori pribadi.
  • Indikator jauh-dekatnya hubungan seseorang.
  • Mendekat secara perlahan menandakan keakraban dalam rangka lobi atau perkenalan.
  • Laki-laki yang berdiri sambil memojokan wanita dengan tangan ke dinding menunjukan bahwa dirinya mempunyai kendali atas wanita tersebut.

2. Seyuman

  • Senyum menandakan perasaan seseorang sedang senang.
  • Wanita yang sedang jatuh Cinta akan tersenyum sambil menunjukan kedua baris giginya pada anda.
  • Senyum palsu wanita berarti sedang berusaha menyatakan sesuatu yang berlawanan dengan yang dikatakan. Contoh: ”Baju aku bagus ya?” Lalu ia menjawab ,”Iya (sambil tersenyum palsu).” ini mempunyai arti bahwa baju anda sebenarnya jelek.
  • Senyum sambil menutup mulut dengan tangan berarti menghina (umumnya pada wanita).
  • Tersenyum sambil mengangguk perlahan akan menimbulkan kesan simpatik.

3. Postur terbuka

  • Memberi kesan bahwa anda terbuka dan percaya diri.

Manfaat :

  • Membuat lawan bicara lebih mudah diyakinkan.
  • Membuat lawan bicara anda lebih nyaman untuk bertutur.
  • Hindari menyilangkan tangan! Karena dapat menimbulkan kesan defensif (menutup diri).
  • Hindari melipat tangan ke belakang! Karena memberi kesan anda tengah berusaha menguasai keadaan.
  • Hindari memasukan ibu jari ke saku! Karena akan mengindikasikan agresifitas.
  • Hindari memasukan tangan ke saku saat berbicara!

4. Tubuh condong ke arah lawan bicara

  • Tanda ketertarikan lawan bicara pada anda.
  • Untuk membuat lawan bicara lebih nyaman, condongkanlah tubuh anda ke arahnya!
  • Miringkan tubuh jika lawan bicara anda berada di samping!
  • ketika duduk di depan cewek dan anda mencondongkan tubuh perlahan. Namun, ia justru menarik punggungnya menjauh ke belakang atau samping. Itu tanda bahwa anda telah jauh memasuki proxemicnya (ruang pribadi).

5. Sentuhan

  • Sentuhan menandakan tingkat keakraban seseorang dengan lawan bicaranya.
  • Sentuhan dapat mempercepat keakraban, contoh: Berjabat tangan.
  • Jika wanita menyentuh anda di pundak berarti ia menganggap anda adiknya.
  • Jika wanita menyentuh anda di lengan atas berarti anda dianggap temanya.
  • Jika wanita menyentuh anda di siku atau lebih bawah lagi maka ia menganggap anda spesial.
  • Jika anda mampu menyentuh siku wanita tanpa harus membuat ia merasa risih artinya ia mau diajak berkencan.
  • Saat berjabat tangan sentuhlah telapak tangan lawan bicara anda.
  • Banyaknya sentuhan terhadap diri sendiri merupakan tanda seseorang tengah cemas atau gugup.
  • Meremas-remas tangan adalah tanda kegelisahan.

6. Kontak mata

  • Menatap langsung ke mata menandakan percaya diri.
  • Menatap mata mengindikasikan kejujuran.
  • Kontak mata sambil mengangkat kedua alis menunjukan seorang tengah memerhatikan percakapan.
  • Bermanfaat meningkatkan kepercayaan lawan bicara pada anda jika kontak mata diiringi dengan senyuman.
  • Jangan menatap ke arah dada wanita!
  • Mata melirik ke kanan-kiri menandakan seseorang tidak memerhatikan.
  • Tidak mampu menatap mata menunjukan perasaan malu atau bersalah.
  • Kedipan mata yang tiba-tiba menjadi sering, saat memasuki topik bahasan tertentu, merupakan tanda kecemasan.
  • Tatapan mengarah ke mata atau hidung.
  • Saat wanita menatap/melirik dan berpaling diiringi dengan senyuman saat sedang berjalan, menandakan dia suka dengan anda. Balas senyuman itu!
  • Hindari menatap seseorang terlalu lama! Palingkan pandangan anda ke arah lain selama beberapa detik! Sebelum akhirnya menatap kembali ke arah komunikan.

7. Anggukan kepala

  • Berarti setuju, suka, atau sependapat.
  • Gerakan untuk menekankan pesan komunikasi seseorang.

Manfaat :

  • Untuk menimbulkan rasa simpatik maka lakukan anggukan secara halus saat mendengarkan lawan bicara anda. Saat terbaik adalah saat jeda tiap kata atau tiap kalimat yang butuh persetujuan.
  • Saat mengucapkan kalimat yang butuh persetujuan maka lakukan juga anggukan perlahan.
  • Orang yang mengangguk berkali-kali secara keras saat sedang mengucapkan kalimat persetujuan, menandakan ia sulit atau jarang mendapatkan persetujuan.

8. Bertopang dagu atau menelpon dengan kepala dan badan tegak

  • Sedang menganalisa pembicaraan atau alasan lawan bicara.
  • Hindari melakukan ini saat sedang mendengarkan lawan bicara anda.

9. Menggaruk belakang kepala atau leher

  • Memberi kesan anda ragu atau berbohong.
  • Melakukan ini sambil memalingkan muka saat seseorang berbicara di depan anda akan mengesankan anda lebih berkuasa (jangan lakukan ini).

10. Menjulurkan tangan kepada lawan bicara dengan telapak tangan mengarah ke atas

  • Memberi kesan jujur dan terus terang.

Manfaat :

  • Lakukan ini saat anda sedang berusaha mengutarakan fakta dan menanggapi tuduhan! Lakukan dengan sedikit kombinasi senyuman datar!

11. Memukul-mukul diri sendiri (kepala, dahi, atau paha)

  • Sedang berusaha menyalahkan diri sendiri atau kelupaan.

12. Tangan membentuk piramid

  • Sikap penuh percaya diri atau punya pendapat sendiri.

13. Penguasaan gerakan tangan (menggambarkan sesuai perkataan)

  • Si pembicara adalah orang visual.
  • Usaha untuk memberi impresi (kesan yang mendalam) pada tiap kata yang diucapkan.

14. Memainkan rambut

  • Jika wanita memelintir-lintir ujung rambutnya itu pertanda
  • ia tengah mengkhayal tentang anda (biasanya dilakukan diam-diam).
  • Dapat juga berarti ia tertarik sekali dengan anda.
  • Merapihkan rambut di depan anda berarti seseorang tengah tertarik.
  • Walaupun seseorang itu gundul dia akan tetap coba merapihkan rambutnya sebagai tanda bahwa ia telah terpikat.
  • Pada wanita berjilbab maka ia akan merapikan jilbabnya di depan anda.

15. menyentuh Leher

  • Ini berarti ia sedang berkhayal tentang anda (wanita).
  • Mengusap-usap leher merupakan tanda kebosanan.

16. Menunjukan leher dengan mengibas atau menyingkap rambut (wanita)

  • Menunjukan pesonanya pada anda.
  • Menyingkap rambut sambil menujukan telinganya menunjukan, ia ingin jauh lebih dekat dengan anda.

17. Arah dan gerakan kaki

  • Arah kaki menandakan minat pada pembicaraan.
  • Menyilangkan kaki (bisa juga sambil menggoyang-goyangkanya) merupakan gerakan untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman.
  • Orang yang sedang cemas akan menyilangkan kaki dan tangan atau menyembunyikanya di saku. Juga kadang diikuti dengan minimnya kontak mata.
  • Orang yang bahagia akan mengayun-ayunkan kakinya ke depan-belakang sambil menjaga kontak mata dan tetap tersenyum. Kadang juga disertai gerakan tangan untuk mengekspresikan perasaan senangnya itu.
  • Kaki yang menendang-nendang kecil saat tengah berbincang menandakan, seseorang ingin lawan bicaranya cepat pergi.

Jangan tunjukan tanda-tanda kecemasan atau kegelisahan saat anda tengah berbincang dengan seseorang—utamanya cewek! Jangan pula artikan bahasa tubuh sebagai suatu detail! Tapi, artikanlah sebagai suatu kesatuan! Misal ada seorang cewek sedang mengibaskan rambut. Jangan langsung anggap itu tanda bahwa ia ingin menunjukan pesonanya!

Cobalah untuk menganalisa keadaan sekitar! Mungkin saja ia sedang merasa gerah karena berada di suatu ruang yang agak pengap. Berkaitan dengan tanda kegelisahan. Bila seorang cewek tiba-tiba menunjukan tanda-tanda kegelisahan seperti gerakan yang intensif seakan tidak betah di tempat duduknya, dll. Bisa dicurigai bahwa konten itu mengandung kebohongan atau setidaknya hal-hal yang ingin ditutup-tutupi.

Intonasi

Intonasi merupakan aspek vokal yang membantu dalam pembentukan makna dalam sebuah komunikasi. Seseorang yang berbicara tanpa intonasi akan megesankan pada alam bawah sadar pendengarnya bahwa ia adalah seorang yang kurang menarik atau membosankan. Kombinasi antara intonasi, konten, dan bahasa tubuh yang baik, akan menghasilkan efek yang luar biasa, dalam komunikasi sering disebut sebagai kharisma.

Sangat menguntungkan jika anda dapat menguasai kedua hal di atas, anda akan jauh lebih terlihat sebagai seorang yang mempunyai jiwa terpelajar dan akan jauh lebih mudah bagi orang lain untuk dapat menemukan semua kelebihan dalam diri anda. Baiklah, mari kita mulai pembahasan ini!

1. Nada

  • Untuk mendapatkan perhatian maka turunkan nada suara anda!
  • Untuk menekankan sesutau yang penting maka turunkan nada suara anda! Contoh (garis bawah berarti bagian yang nadanya diturunkan): Dengarkan ini baik-baik! Saya tidak ingin melihat kamu lagi di sini. Sekarang keluar!

2. Tempo

  • Untuk dapat memasukan kata-kata kita ke alam bawah sadar lawan bicara maka, perlambat tempo pada tiap kata. Contoh (garis bawah berarti bagian yang temponya diperlambat): Lita! Aku ingin berterus terang pada kamu, kalau sebenarnya aku ini adalah orang yang tak pantas untuk kamu.

3. Timbre

  • Untuk memberi kesan tegas dan mantap maka perberat suara anda! Contoh : Entah kenapa saya jadi rindu kamu.
  • Untuk memberi kesan enteng maka tipiskan atau ringankan suara anda! Contoh : Gitu aja kok repot!

4. Jeda

  • Untuk memancing rasa ingin tahu maka gunakanlah jeda!
  • Untuk menimbulkan pengharapan maka gunakanlah juga jeda! Contoh : Dan pemenangnya adalah ……………….. Ihsan!
  • Atau bisa juga seperti ini: Mata kamu …. Hidung kamu … Bibir kamu …. Mengingatkan saya pada seseorang …… Omas!

4. Bahan Pembicaraan Saat Bersama Cewek

Anda mungkin bingung mau bicara apa setelah basa-basi ketika bertemu cewek. Tapi ada beberapa garis besar pokok pembicaraan yang amat menyenangkan dan panjang-lebar yang bisa anda terapkan. Secara umum pola komunikasi wanita adalah dari khusus ke umum sedangkan cowok sebaliknya.

Pertama mungkin mereka akan membicarakan “A” tapi lama-kelamaan pembicaraan akan ngalor-ngidul. Ikuti saja alur itu dan giring kembali ke topik khusus—tentu saja kalian akan ngalor-ngidul lagi. Lakukan berulang kali dan kalian tidak akan kehabisan bahan pembicaraan. Cewek senang lelucon dan bahan pembicaraan mengenai manusia serta hubugan sosial. Perkuat pengetahuan dan kepedulian anda ke arah sana!

Bahan pembicaraan menarik saat bersama cewek:

1. Cara mengisi waktu senggang

Ini bahan pembicaraan yang cukup menyenangkan dan memungkinkan anda untuk sedikit pamer. Tanyalah hal apa saja yang ia lakukan saat waktu luang! Jika ia cenderung ke arah kegiatan mental seperti menonton DVD atau membaca novel. Tanyalah apa saja yang ia tonton dan baca! Mintalah sinopsis dan rekomendasi padanya! Bisa juga lebih berkaitan dengan kegiatan fisik seperti jalan-jalan dan olah raga. Anda mungkin bisa mencocok-cocokanya dengan hobi anda dan mengajaknya untuk menikmati hal itu bersama.

2. Teman-temanya

Mintalah ia untuk menjelaskan teman-teman dalam lingkaran sosialnya! Jika anda kurang mengenal mereka, si cewek biasanya akan dengan senang hati mendeskripsikanya. Inilah sumber informasi yang bagus untuk mengetahui keseharian si cewek saat jauh dari anda.

3. Makan dan minum

Mintalah rekomendasi mengenai makanan atau minuman padanya! Lalu lekas komentari makanan dan minuman itu ketika anda selesai mencicipinya! Topik ini juga bisa memanjang dan melebar entah ke mana.

4. Pengalaman jalan-jalan

Ini juga menarik ketika anda menanyakan seorang cewek pernah ke mana saja ia. Bagikan juga pengalaman dan pengetahuan anda! Jika anda kurang tahu mengenai suatu tempat mintalah ia untuk menjelaskanya! Buatlah sedikit detail seperti keadaan sosial di sana atau angkutan umumnya! Ia pasti bersemangat untuk memamerkan pernah ke tempat menarik mana saja ia.

5. Saudara kandung

Bicarakan atau tanyakan juga apakah ia punya saudara kandung atau tidak! Atau anda juga bisa menanyakan tentang watak keluarganya. Minta ia menceritakan tentang saudaranya. Hal ini pasti cukup menarik dan coba bagikan juga pengalaman anda yang sama tentang seberapa menyebalkanya saudara kandung anda. Senyum atau tawa lepas mudah terjadi di sini.

6. Karir atau pendidikanya

Tanyakanlah jika lulus ingin kuliah atau kerja di mana ia! Mungkin juga menarik untuk meminta ia menceritakan kejadian dalam pekerjaan atau perkuliahanya. Dia pasti akan menceritakanya dengan cukup rinci.

7. Buat kemungkinan langkah ke depan

Jika percakapan cukup menyenangkan dan diisi derai tawa. Mungkin anda bisa menawarkanya untuk bertemu lagi. Katakan, “Kamu orang yang menarik, mungkin lain kali kita harus mengobrol seperti ini lagi.” ia pasti akan penasaran perbincangan seru apa lagi yang bisa terjadi bersama anda. Jangan buat rencana terlalu jauh yang bisa membuat si cewek takut! Tetap tenang dan cukup gunakan kata “Mungkin”.

5. Pengelompokan perilaku dalam komunikasi

Perilaku seseorang dalam mengemukakan informasi tentang kebutuhanya pada orang lain memang unik. Namun, kita bisa membaginya dalam tiga kelompok besar. Berdasarkan konteks hubungannya dengan kebutuhan orang lain, di antaranya perilaku agresif, submisif, dan asertif.

Perilaku agresif

Ciri:

Jujur, terbuka namun, cara mengungkapkan perasaan tidak tepat.

cenderung memaksakan kehendak (kompulsif).

diliputi rasa marah, menyalahkan, dan ingin menjatuhkan orang lain (kompetitif).

menimbulkan ketegangan, rasa sakit, dan rasa cemas.

Agresif perilaku yang:

  • Mengutamakan kebutuhan dan perasaan diri sendiri.
  • Mengabaikan hak dan perasaan orang lain.
  • Menggunakan segala cara baik verbal maupun non verbal, misal: Sinisme dan kekerasan.

Isi pikiran yang:

  • Hanya perduli dengan tercapainya tujuan diri sendiri.
  • Disertai tanda verbal seperti: Suara keras, nada kasar, mata melotot, dan jari tegang.

Contoh seseorang dengan perilaku agresif dalam mengeluarkan pendapat:

  • “Kerjakan saja sendiri!” “Bodoh!”
  • “Pasti kamu tidak percaya!”

Perilaku submisif Ciri:

  • Menghindari konflik.
  • Mengalahkan kebutuhan diri sendiri.
  • Terhambat dalam mengungkapkan diri.
  • Dikuasai rasa takut, bersalah, dan tertekan.
  • Cenderung bereaksi di belakang.

Submisif perilaku yang:

  • Menyerah pada permintaan orang lain.
  • Menomor-duakan kebutuhan dan perasaan pribadi.
  • Menganggap diri lebih rendah dari orang lain.

Isi pikiran:

  • Menghindari menyakiti atau membuat marah orang lain.
  • Berusaha memperoleh persetujuan orang lain.

Tanda non verbal:

  • Ragu-ragu dan suara pelan. Kontak mata sedikit.
  • Gerakan grogi.
  • Tangan mencari pegangan.
  • Bahu turun, lengan melintang untuk melindungi diri.

Contoh seseorang dengan perilaku submisif dalam mengeluarkan pendapat:

  • “Ini hanya pendapat saya, tapi … ”
  • “Maaf mengganggu waktu anda, tapi … ”
  • “Bila anda berpendapat demikian, kita akan … ”

Perilaku asertif

Ciri:

  • Berani mengungkapkan pikiran, perasaan, kebutuhan, dan hak pribadi.
  • Memerhatikan pikiran dan perasaan orang lain.

Asertif perilaku yang:

  • Memerhatikan kebutuhan dan perasaan diri sendiri.
  • Menghargai hak orang lain.

Isi pikirannya:

  • Menghormati serta percaya pada diri sendiri dan orang lain.
  • Menekankan penyelesaian masalah secara efektif.

Tanda non verbal:

  • Suara sedang, namun tegas. Menatap langsung.
  • Tidak mendominir, ekspresi wajah dan postur rileks.

Contoh seseorang dengan perilaku asertif dalam mengeluarkan pendapat:

  • “Saya berpendapat … bagaimana pendapat anda?”
  • “Masalah ini akan saya hadapi dengan cara ini. Bagaimana dampaknya terhadap anda?”

6. Percaya Diri dan Cewek

Apa yang membuat anda harus ciut saat bertatap muka dengan cewek? Ada beberapa alasan yang masuk akal: Pertama karena merasa tidak kelihatan sempurna dan kedua karena tidak tahu harus bagaimana. Sebab kedua sudah panjang lebar saya jelaskan di atas. Sedangkan sebab pertama bisa kita pecahkan dengan sedikit empati. Apa maksudnya? Bayangkan anda sekarang tengah melihat wajah di depan sebuah cermin meja rias!

Di atas meja rias itu terdapat banyak kosmetik: Pelembab, pencerah, lip stick, maskara, alkohol pembersih muka, bedak tabur, parfum, dan banyak lagi. Kenapa cewek membutuhkan polesan sebanyak ini? Bayangkan anda sekarang sedang mem-persiapkan diri untuk siaran di TV! Tentu saja akan ada perias khusus yang akan memoles wajah anda agar lebih sedap dipandang.

Begitu juga saat cewek memerhatikan wajahnya di cermin. Saat ia tahu akan bertemu orang-orang yang spesial. Mereka akan takut terlihat seperti aslinya. Mereka takut orang tahu kecerahan alami kulit mereka. Takut kelihatan bulu matanya tidak selentik bulu mata sintetik. Haruskah anda merasa gugup di depan orang yang sebenarnya baru percaya diri ketika dipoles? Berkaitan dengan empati, jika anda juga ingin dihargai dan dianggap percaya diri. Setidaknya anda pun harus meniru metode mereka.

Kenakanlah busana terbaik yang menurut anda cukup nyaman! Pilihlah warna yang mencerminkan kepribadian anda! Gunakan sedikit wewangian! Pula jangan lupa untuk menjaga postur tubuh agar tetap tegap—supaya terlihat lebih dominan! Kombinasi-kombinasi di atas ditambah dengan kemampuan komunikasi yang baik. Sudah cukup untuk membuat anda mampu menjalani kencan dengan lebih menarik.

7. Belajar Empati dan Simpati

Ada sebuah jenis kecerdasan dalam kehidupan yang amat mempengaruhi keberhasilan yaitu EQ (kecerdasan emosional). menurut Ronald Humphrey EQ adalah ,“kemampuan untuk membaca emosi diri sendiri dan orang lain. Sebagai contoh, bentuk kesadaran terhadap bahasa tubuh. Selain itu juga ada kemampuan untuk mengendalikan dan menangani frustasi serta berbagai emosi lainnya.” berapa banyak orang jenius yang tidak punya teman, dikucilkan, dan kurang berhasil?

Jawabanya adalah karena kurang mampu mengendalikan emosi mereka dan memahami perasaan orang lain. Salah satu bagian dari kecerdasan emosional adalah kecakapan dalam menjalin hubungan antar pribadi.

Empati

Didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengenali, mempersepsi, dan merasakan perasaan orang lain. Karena pikiran, kepercayaan, dan keinginan seseorang berhubungan dengan perasaannya, seseorang yang berempati akan mampu mengetahui pikiran dan mood orang lain. Empati sering dianggap sebagai semacam resonansi perasaan.

ucihasantoso.wordpress.com 35

Seseorang memang jarang mengekspresikan isi perasaan sepenuhnya dalam bentuk verbal. Namun, lebih sering dalam bentuk intonasi, bahasa tubuh, mimik wajah, dan banyak isyarat non-verbal lainya. Kemampuan untuk dapat mengerti maksud non-verbal tersebutlah yang merupakan inti dari empati.

Jenis Empati

  • Empati Kognitif (Empiris)

Tingkat pertama ini hanyalah sebatas memahami atau mengetahui gejolak emosi dan suasana hati orang lain saja.

  • Empati Afektif (Perasaan)

Tingkat kedua, seseorang sudah mampu mengambil atau menyamakan emosi orang lain dengan masuk ke dalam dan menghubung-hubungkan pengalaman pribadinya mengenai hal yang sedang dirasakan orang lain tersebut.

  • Empati Konatif

Tingkat ketiga, seseorang sudah mampu memposisikan diri sebagai orang lain yang sedang merasakan emosi tersebut.

Ciri Empati

  1. Ikut merasakan
  2. Peka terhadap bahasa non-verbal (i.e. Bahasa tubuh dan intonasi)
  3. Tetap mengontrol emosi diri sendiri
  4. Berdasarkan kesadaran diri sendiri
  5. Melibatkan diri atau mengambil peran

Tingkat-tingkat Mendengar

  • Meng-abai-kan
  • Pura-pura mendengar
  • Mendengar secara selektif
  • Mendengarkan dengan penuh perhatian
  • Mendengarkan secara empatik

Tips Mendengar secara Empatik

  • Menunjukkan perhatian penuh
  • Mengatakan kembali isinya
  • Merefleksikan perasaan
  • Mengatakan kembali isi serta merefleksikan perasaan

Simpati

Definisi Simpati adalah ikut merasakan apa yang dirasakan pihak lain dan terbawa untuk berpihak ke kondisi tersebut (bersifat Subjektif). Dalam kamus besar bahasa Indonesia simpati berarti: Rasa suka; rasa kasih; rasa setuju. Contoh: Banyak negara yang menaruh simpati kepada perjuangan bangsa itu; (2) keikutsertaan merasakan perasaan (senang, susah, dsbg) orang lain: rakyat yang menderita akibat bencana alam itu mendapat simpati dari berbagai kalangan.

Simpati adalah suatu proses seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami, dilakukan dan diderita orang lain. Dalam simpati, perasaan memegang peranan penting. Simpati akan berlangsung apabila terdapat pengertian pada kedua belah pihak.

Simpati lebih banyak terlihat dalam hubungan persahabatan, hubungan bertetangga, atau hubungan pekerjaan. Seseorang merasa simpati (suka) pada orang lain karena sikap, penampilan, wibawa, atau perbuatannya. Misalnya, mengucapkan selamat ulang tahun pada hari ulang tahun merupakan wujud rasa simpati seseorang.

Simpati dan empati

Simpati berasal dari bahasa Yunani berarti ikut merasakan penderitaan orang lain atau ketertarikan seseorang kepada orang lain yang seolah-olah merasakan perasaan orang tersebut. Sedangkan Empati menurut Robert A. Baron, dalam bukunya Social Psychology, “Empati adalah kemampuan seseorang untuk bereaksi terhadap emosi negatif atau positif orang lain seolah-olah emosi itu dialami sendiri.” jadi Simpati sifatnya sebatas berpihak dan seolah merasakan penderitaan sedangkan empati hingga mengalami dan mengambil tindakan.

8. Beda komunikasi cewek dan cowok

Manusia diciptakan dalam bentuk sepasang yaitu, wanita dan laki-laki. Dari mulai tampilan fisik, perkembangan kepribadian, bahkan sampai gaya hidup pun jauh berbeda. Tapi itu belum menimbulkan masalah tentunya. Tapi, masalah baru timbul ketika kedua jenis ini berinteraksi satu sama lain.

Cowok bicara “Ini”, malah ditanggapi “Itu” oleh si cewek. Cowok jadi kesal karena maksud/pesan mereka tidak ditanggapi seperti yang diharapkan. Cewek juga akan kesal karena cowok ternyata tidak peka terhadap metode komunikasi mereka. Rumit memang, bahkan sampai sekarang pun saya masih terus berupaya memahami maksud komunikasi mereka. Tapi mari langsung saja kita tinjau perbedaanya!

Beda Otak cowok dan cewek

Kita bahas terlebih dahulu pusat saraf mereka (otak). Pusat saraf cowok itu tegas terkotak-kotak dan pusat kemampuan bahasa cowok hanya ada di otak kiri saja. Bandingkan dengan cewek yang otak kanan dan kirinya terdapat banyak sekali jaringan yang menghubungkan keduanya. Dampaknya, bagi cowok semua informasi dapat dipilah-pilah dengan sederhana. Ibarat berkata,”Ini penting diingat, dan yang ini tidak.” perihal pusat bahasa, cowok hanya mempunyai kuota 7000 kata per harinya selebihnya cowok tidak akan mood lagi untuk berbicara.

Kelebihan otak cewek adalah mampu mengerjakan beberapa pekerjaan yang tidak berhubungan sama sekali dalam waktu bersamaan (multi tasking). Contoh: Menggendong anak sambil masak padahal sedang menelpon. Perhatikan cowok yang hanya bisa melakukan pekerjaanya satu per satu (single tasking)! Cewek mampu mengerjakan ini karena sambungan saraf antara otak kanan dan kiri mereka yang cukup banyak.

Pusat bahasa cewek ada di kedua otaknya, kanan dan kiri. Dampaknya, cewek mempunyai kuota 20.000 kata per hari. Nyaris tiga kali lipat jumlah kuota cowok maka itu, mereka akan jauh lebih banyak berbicara ketimbang anda.

Tujuan Cowok dan cewek berkomunikasi

Cowok adalah makhluk yang berkata dengan bahasa langsung (literal). Contoh,”Saya capek.” maka artinya pasti anda sedang capek, bukan. Tapi, bandingkan dengan cewek yang mengatakan hal yang sama! Belum tentu maksudnya sama seperti yang ingin anda tangkap. Lihatlah konteks saat ia sedang mengatakan itu! Bisa jadi artinya dia sedang bosan atau malah ingin putus.

Karena cewek berbicara dalam bentuk tidak langsung yang berarti semua pembicaraanya tidak langsung mengatakan “Itu” namun, ia menggiring anda dengan banyak sekali petunjuk tentang hal-hal di sekitar “Itu”. Seperti saat ia lapar, maka, ia akan terus membicarakan tentang makanan-minuman. Cewek berbicara tidak langsung adalah semata untuk menghindari konflik antar pribadi.

Tujuan cowok berkomunikasi adalah untuk memecahkan masalah sedangkan, tujuan cewek membicarakan sesuatu adalah sekedar untuk membicarakanya. Ingat struktur otak cewek dan cowok? Banyaknya saraf yang menghubungkan otak kanan dan kiri cewek, membuat semua informasi yang masuk ke otaknya berputar-putar. Dari kanan (emosi) terus masuk ke kiri (logika), setelah dipertimbangkan otak kiri lalu masuk lagi ke otak kanan dan terus menerus berputar-putar. Ini juga yang membuat cewek jadi lama dalam mengambil sebuah keputusan.

Satu-satunya cara menghilangkan efek putaran tersebut adalah dengan menceritakanya. Inilah cara mereka untuk menempatkan informasi, yang tadi berputar-putar di otak, pada tempat yang semestinya. Jadi, jika ada cewek bercerita, dengarkan saja dan jangan diberi solusi karena itu tidak sopan. Akan tetapi masalahnya sekarang adalah kemampuan mendengarkan cowok dan cewek juga jauh berbeda. Ini dikarenakan emosi mereka yang memang jauh berbeda.

Cowok mempunyai emosi yang stabil (karena pengaruh testosteron) namun, cewek sebaliknya. Sensitifitas cewek dipengaruhi oleh estrogen. Dampak buruk dari stabilitas itu adalah kedataran yang sering tercermin saat cowok sedang berusaha mendengarkan sesuatu. Karena terlalu begitu-begitu saja (ekspresi wajah), cowok sering dianggap tidak mendengarkan oleh cewek. Coba baca lagi tips mendengarkan secara empatik yang sudah saya kemukakan di atas! Selain mendengarkan secara empatik anda juga harus memainkan bahasa non-verbal. Misalnya perubahan raut muka sebagai tanda respon terhadap suatu kata atau konteks kalimat yang sedang diutarakan.

Tips komunikasi dengan cewek

  • Jika anda tidak mengerti maksud pembicaraan cewek, jangan segan bertanya! Kesalahan terbesar adalah saat anda coba menerka isi pembicaraan tersebut dan meleset.
  • Selipkan sedikit humor dalam pembicaraan anda! Jangan pernah lupa nama si cewek!
  • Saat cewek berbicara, berilah perhatian dengan cara menatap matanya dan bukan menatap ke tempat lain!
  • Jangan terbawa perasaan anda sendiri saat berkomunikasi dengan cewek!
  • Percaya diri adalah kunci keberhasilan dalam komunikasi anda. Jawab semua pertanyaan cewek dengan spesifik. Contoh,”Kamu habis dari mana?” lalu jawaban anda adalah,”Aku habis dari
    apotek di depan warnet, yang tidak jauh dari Minimarket.”
  • Jangan pernah memotong pembicaraan mereka dengan kesimpulan anda!
  • Jangan terlalu banyak memuji, karena anda akan dikira sedang menginginkan sesuatu dari si cewek.
  • Jika anda ingin memuji, pujilah cewek dengan spesifik! Contoh,”Bando kamu lucu sekali.” atau bisa juga,”Warna baju kamu serasi dengan sepatu.” jangan asal bilang,”Penampilan kamu menarik.” karena cewek pasti akan bertanya bagian mana yang menarik tersebut.

Sebagai Kesimpulan

Awali pertemuan dengan sapaan ber-intonasi berat, dibarengi senyuman, dan jabat tangan dalam posisi vertikal! Percakapan dimulai dengan bahan pembicaraan bertema khusus! Contoh, ”Bagaimana pekerjaan kamu kemarin? Selesai Tidak?” atau, “Bagaimana keadaan bapak? Sudah sembuh belum?”. Jadilah pendengar yang empatik! Tidak semua hal diungkapkan secara verbal maka, amatilah bahasa tubuh komunikan anda!

Untuk menjaga pembicaraan tetap berlangsung, anda bisa coba menggunakan detail-detail dari cerita awal. Untuk digunakan sebagai bahan dari percakapan yang baru. Jika anda masih juga kekurangan bahan pembicaraan. Gunakanlah sekitar anda sebagai bahanya! Contoh: Angkot di depan anda, pedagang di pinggir jalan, kedai parfum di seberang jalan, dsbg. Kepercayaan diri adalah modal utama dalam percakapan antar pribadi.

8 Panduan Komunikasi Cowok Kepada Cewek | admin | 4.5