Cara Memulai Usaha Bisnis Secara Mandiri

Cara Memulai Usaha Bisnis Secara Mandiri Usaha bisnis secara mandiri adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan perhitungan secara matang dan jauh-jauh sebelumnya sudah  dipersiapkan terlebih dahulau untuk benar-benar terjung dalam dunia bisnis yang penuh dengan berbagai macam resiko yang tak pernah di duga sebelumnya. Namanya pebisnis, pasti ada kelemahan dan keuntungannya tersendiri.

Maka dari itu, admin akan membagikan informasi dan artikel yang ada hubungannya dengan Cara Memulai Usaha Bisnis Secara Mandiri. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, langsung saja anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini dengan penuh perhatian khusus.

Cara Memulai Usaha Bisnis Secara Mandiri

Cara Memulai Usaha Bisnis Secara Mandiri

1. Siapkan Modal

Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Modal dapat dihasilkan dari : modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjan uang dari bank, dan sistem partnership. Selain modal awal, Anda juga harus memiliki minimal tiga bulan dari anggaran keluarga Anda dalam bank. Anda juga dapat memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller (pengecer) dari suatu produk atau barang

2. Hargai waktu

Orang bilang, “time is money” atau waktu adalah uang. Begitu berharganya waktu dalam hidup ini jika tidak dipergunakan sebaik mungkin.

Begitupun dengan usaha, quality time bermakna sebagai manajemen waktu yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur dan mensinergikan waktu dengan optimasi benefiditas (kebermanfaatan) atau utility (kebergunaan) setiap aktivitas yang dilakukan.

3. Rencanakan Bisnis Anda dengan menyusun konsep yang sesuai

Jika Anda akan mencari pendanaan dari luar, rencana usaha/business plan proposal adalah sebuah kebutuhan. Jika Anda akan membiayai usaha itu sendiri, rencana usaha juga akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda akan butuhkan untuk memulai, apa yang perlu untuk dilakukan kapan, dan di mana Anda tuju.

4. Menganalisis jenis usaha terkait

Anda harus memastikan bahwa usaha yang Anda dirikan adalah jenis usaha yang Anda minati. Hal itu akan lebih baik apabila ditunjang dengan keahlian dan pengalaman Anda di jenis usaha tersebut. Lakukan analisis Break Event Point untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda. Setelah itu jabarkan rencana usaha Anda secara detail (Sales forecast, analisa arus kas,etc). Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan usaha Anda tersebut.

5. Jadikanlah usaha Anda sebagai usaha yang Legal dan diakui hukum

a. Tentukan struktur hukum untuk usaha Anda

b. Pilih nama yang baik bagi usaha Anda

c. Daftarkan nama usaha Anda kepada Ditjen HKI sebagai merek dagang resmi dan sah di mata hukum

d. Siapkan dokumen-dokumen organisasi

e. Uruslah surat-surat perijinan usaha, seperti Akta Pendirian perusahaan, Nama Perusahaan, Hak atas nama perusahaan, Pengakuan dan pengesahan

6. Bekerja keras

Pada awalnya, Anda pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda, adalah Anda sendiri.

Itulah sebabnya, ketika Anda memulai usaha sendiri, bekerja keras adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Usaha apapun bentuknya, tidak akan bisa bertahan apalagi berkembang tanpa kerja keras dan ketekunan Anda sebagai pemilik usaha.

Jika melihat beberapa kisah orang sukses, mereka tidak pernah mengenal putus asa, patah semangat dan mereka cenderung menyukai tantangan. Ini yang harusnya Anda teladani dari perjalanan usaha sukses mereka. Kerja keras adalah “nafas” dari seorang pengusaha.

7. Temukan Ide Usaha

Dalam usaha, mempunyai mimpi saja tentu mustahil bisa terwujud tanpa adanya sebuah action. Dalam membuka usaha sendiri, ide-ide usaha harus menjadi pertimbangan Anda selanjutnya. Karena sebuah ide adalah sala satu peluang besar untuk menjadikan usaha anda semakin berkembang pesat dan dapat menjanjikan.

8. Perluas Networking Anda

Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda. Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda telah memiliki networking yang luas.

Baca juga

Contoh Peluang Usaha Tanpa Modal Yang Cukup Menggiurkan

Contoh Peluang Usaha Yang Menjanjikan Di Desa

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

Demikianlah postingan yang kami bagikan pada kali ini, yang membahas mengenai Cara Memulai Usaha Bisnis Secara Mandiri. Semoga bermanfaat dan dapat menambah kepercayaan anda untuk memulai bisnis secara mandiri yang selama ini anda damba-dambakan. Semoga bisninya dapat berhasil ya, dan anda pun dapat menikmasi hasil kerja keras anda selama ini.

Cara Memulai Usaha Bisnis Secara Mandiri | admin | 4.5