-->

Mengenal Burung Kapodang dan Cara Perawatannya

Mengenal Burung Kapodang dan Cara Perawatannya - Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimanapun berada pada kesempatan ini di pagi yang sangat indah ini kembali saya akan memberikan postingan artikel terbaru dengan Judul Mengenal Burung Kapodang dan Cara Perawatannya. Jika masih banyak burung kepodang berkeliaran di hutan hutan tentu kita sampai saat ini masih bisa mendengar alunan kicauannya yang membahana dan menggema ke seluruh penjuru karena burung ini terkenal dengan suara alunan kicauannya yang merdu dan keras.  dari beberapa jenis burung kepodang yang ada di indonesia ini ada beberapa yang perlu kita ketahui seperti :


Mengenal Burung Kapodang dan Cara Perawatannya

Mengenal Burung Kapodang dan Cara Perawatannya


 

Berbagai jenis burung kepodang


1. Kepodang Emas ( yang merupakan maskot jawa tengah)
2. Kepodang Batu
3. Kepodang Kapur.


Dari ketiga jenis kepodang tersebut, yang paling banyak dicari adalah burung kepodang emas yang memiliki ciri ciri antara lain:




  • Ukuran tubuh yang lebih besar dari burung kepodang jenis lainnya

  • Warna kuning yang cerah dan tidak terlalu kusam atau tua.

  • Warna paruh yang putih atau kuning gading

  • Mata kemerahan


Suara burung kepodang emas ini terdengar paling kencang diantara kepodang yang lainnya. dan jika kita merawatnya dari masih muda atau piyikan bukan tidak mungkin burung ini bisa menirukan suara burung lainnya meski hanya beberapa saja.


Bentuk Fisik Kepodang Batu dan Kepodang Kapur secara sepintas hampir mirip, hanya saja dari habitatnya yang berbeda kepodang kapur banyak ditemukan di daerah pegunungan atau perbukitan sementara kepodang batu lebih cenderung menyukai wilayah pesisir atau dataran rendah.


Ukuran tubuh lebih kecil dari kepodang emas, dengan paruh yang berwarna kehitaman atau warna putih kehitaman, bulu sayapnya pun ada yang berwarna hitam pekat. suara terdengar lebih berisik meski tidak sekeras kepodang emas, kelebihannya adalah kepodang kapur dan kepodang batu ini lebih mudah beradaptasi dengan kondisi cuaca atau lingkungan yang baru dibanding kepodang emas.


Makanan Selain Voer yang merupakan pakan utama sehari harinya , burung kepodang wajib diberikan buah-buahan yang kaya nutrisi dengan pemberian yang diselang-seling setiap harinya, misalnya Pisang- Apel-Pepaya-Jambu biji, dll . ada bebrapa burung kepodang yang menyukai jangkrik atau serangga tetapi ada juga yang tidak begitu suka dengan serangga, tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah selama burung tersebut mau memakan buah-buahan yang merupakan makanan alaminya.


Agar burung kepodang bisa berbunyi dengan rajin maka kunci utama dari perawatan tersebut adalah kebersihan kandang dan air minumnya, jagalah kebersihan kandang setiap harinya juga air minum yang harus selalu diperiksa setiap waktu karena burung yang makan lebih banyak buah-buahan cenderung lebih cepat mengotori air minumnya.
Pemberian Mandi tergantung dari karakter burungnya ada yang senang disemprot dengan sprayer ada juga yang senang mandi dalam bak mandinya.


Demikianlah artikel tentang Mengenal Burung Kapodang dan Cara Perawatannya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Mengenal Burung Kapodang dan Cara Perawatannya"

Posting Komentar