-->

Habitat Alami Burung Kapodang Emas

Habitat Alami Burung Kapodang Emas - Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimana saja berada puji syukur kepada Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga pada pagi yang sangat indah kita masi sempat berjumpa di dunia maya ini, pada kesempatan ini saya admin hewanternak.net akan memberikan postingan terbaru artikel dengan Judul Habitat Alami Burung Kapodang Emas.


Habitat Alami Burung Kapodang Emas

Habitat Alami Burung Kapodang Emas


 

1.Penyebaran Kepodang Emas


Kepodang jenis ini mempunyai penyebaran yang paling luas di antara jenis kepodang yang lain karena dapat di temui dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali sampai Kepulauan Nusa Tenggara. Maka dari itu Kepodang Emas atau Kuduk Hitam merupakan yang paling populer di antara 11 jenis kepodang yang ada di indonesia. Dan di kesempatan kali ini juga yang akan saya bahas Kepodang Emas atau Kuduk Hitam.Bahkan mungkin jika para Kicau Mania di tanya tentang Burung Kepodang kebanyakan akan merujuk pada Kepodang Emas atau Kuduk Hitam ini.


Burung Kepodang biasanya tinggal di pinggiran hutan seperti pinggiran mangrove dan pantai, juga pinggiran hutan yang berdekatan dengan perkampungan dan perkebunan.Biasa hinggap di atas pohon yang paling tinggi dan jarang sekali mereka turun ke tanah. Di alam liar mereka memakan buah dan serangga tetapi terkadang juga mereka memangsa anakan burung lainya.


2. Cara Membedakan Kepodang Jantan dan Betina


Untuk membedakan antara jantan dan betina pada burung kepodang memang cukup sulit karena Burung Kepodang merupakan jenis Monomorfik atau tidak ada perbedaan dari penampilan. Oleh sebab itu di perlukan kejelian untuk membedakannya. Silahkan simak Cara Membedakan Kepodang Jantan dan Betina di bawah ini:


Mengenal Lebih Dekat Burung Kepodang
Burung Kepodang Jantan dan Betina


Hal pertama yang dapat kita amati adalah melihat bulu garis hitam dari mata sampai belakang kepala melingkar atau di sebut mantel untuk Kepodang Jantan garis hitamnya lebih sempit sedangkan pada kepodang jantan garis hitam nya lebih luas. Selanjutnya warna bulu sayap, pada kepodang jantan saat sayap menutup maka akan terlihat garis-garis kuning yang renggang atau besar, sedangkan pada kepodang betina garis kuning hitamnya lebih sempit atau kecil-kecil.


3. Jenis Burung Kepodang yang ada di Indonesia

  • Kepodang dada merah atau Black-and-crimson oriole (Oriolus cruentus)

  • Kepodang coklat atau Brown oriole (Oriolus szalayi)

  • Kepodang timor atau Timor oriole (Oriolus melanotis)

  • Kepodang seram atau Seram oriole (Oriolus forsteni)

  • Kepodang kerudung hitam atau Black-hooded oriole (Oriolus xanthornus)

  • Kepodang muka hitam atau Black-faced oriole (Oriolus bouroensis)

  • Kepodang hutan atau Dark-throated oriole (Oriolus xanthonotus)

  • Kepodang tunggir zaitun atau Olive-backed oriole (Oriolus sagittatus)

  • Kepodang bakau atau Yellow oriole (Oriolus flavocinctus)

  • Kepodang halmahera atau Dusky oriole (Oriolus phaeochromus)


Demikianlah artikel tentang Habitat Alami Burung Kapodang Emas, semoga artikel bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Habitat Alami Burung Kapodang Emas"

Posting Komentar