-->

Cara Cepat Membedakan Jenis Kelamin Burung Kapodang

Cara Cepat Membedakan Jenis Kelamin Burung Kapodang - Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimanapun berada pada pagi hari ini kembali saya akan membagikan update artikel terbaru dengan Judul Cara Cepat Membedakan Jenis Kelamin Burung Kapodang. Kepodang (Passeriformes) merupakan burung yang banyak ditemui di hutan-hutan tropis dan subtropis yang menyukai dataran tinggi atau pepohonan tinggi dan biasanya hidup berpasangan.




[caption id="attachment_4656" align="aligncenter" width="425"]Cara Cepat Membedakan Jenis Kelamin Burung Kapodang Cara Cepat Membedakan Jenis Kelamin Burung Kapodang[/caption]

Terkadang berkumpul dengan pasangan burung kepodang lainnya. Banyak nama atau julukan untuk burung kepodang ini. Hal itu dikarenakan daya tarik yang dimiliki burung kicau berukuran sedang yang satiu ini. Walau tidak sepopuler burung murai batu, kacer dan cucak ijo, kepodang juga banyak dicari karena kicauanya untuk yang merdu dan menggelegar.


Di Indonesia sendiri, burung kepodang banyak menyebar luas di beberapa pulau seperti Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Burung yang memiliki ciri berwarna kuning dan terpadu dengan warna hitam yang membuat burung kepodang indah untuk dilihat. Kepodang memiliki topeng atau garis berwarna hitam yang menutupi mata sampai tengkuknya, iris mata berwarna merah. Paruh berwarna merah muda dengan panjang sekitar 3cm berbentuk panjang meruncing dan aga melengkung ke bawah. Kepodang dikatakan burung sedang karena memiliki panjang tubuh sekitar 25cm dari ujung ekor sampai ujung paruhnya.


Tak hanya pada keindahan warnanya, alasan sobat kicau untuk memelihara burung kepodang ini adalah karena suara kicauanya yang merdu dan juga cetar menggelegar. Apalagi jika burung ini sedang hinggap di pohon yang tinggi. Suaranya yang sangat kencang akan terdengar oleh burung lainnya menandakan kawasan tersebut miliknya. Namun tahukah anda sobat, burung kepodang yang memiliki kualitas kicauan merdu dan lantang adalah burung kepodang berkelamin jantan.


Untuk itu pada postingan kali ini saya bermaksud memberikan tips atau cara membedakan burung kepodang jantan dan betina. Tips ini mungkin selain untuk menentukan burung mana yang hendak dipelihara, bisa juga menjadi cara atau acuan ketika sobat hendak menangkar burung kepodang ini agar jumlahnya tetap lestari.


Beberapa artikel tentang burung kicau menyebutkan bahwa untuk menentukan jenis kelamin burung kepodang jantan dan betina sangat sulit, karena memiliki tingkat kesamaan yang hampir mirip. Tapi jika sobat memperhatikannya secara seksama, perbedaan jantan dan betina akan nampak jelas.



Cara Cepat Membedakan Jenis Kelamin Burung Kapodang sebagai berikut



  1. Postur tubuh – Seperti pada kebanyakan burung lainnya, postur tubuh kepodang jantan sedikit lebih besar dari betinanya.

  2. Topeng – Garis hitan yang menutupi daerah sekitar mata sampai tengkuk terlihat berbeda antara kepodang jantan dan betina. Garis hitam dibagian terngkuk jantan lebih tipis dan melancip, sedangkan pada betina garis hitam tersebut lebih melebar dan luas.

  3. Kepala – Bentuk kepala jantan aga rata atau papak da sedikit lebih besar dari betinanya yang memiliki kepala senderung membulat.

  4. Paruh – Paruh kepodang jantan sedikit lebih besar dari betinanya, warna merah mudanya pun lebih menyala.

  5. Pangkal ekor – Pada pangkal ekornya, kepodang memiliki bulu berwarna kuning. Warna kuning tersebut akan terlihat kontras jika burung tersebut jantan, dan terlihat kusam jika burung kepodang tersebut betina.

  6. Ekor – Ekor kepodang bagianatas berwarna hitam, namun pada setiap sisinya memiliki warna kuning. Bulu ekor jantan memiliki warna kuning yang lebih meluas daripada sang betina kepodang yang warna kuning pada bagian ekornya lebih sedikit.

  7.  Sayap – Pada bagian sayap kepodang, terdapat warna kuning yang yang terliat seperti goresan. Warna kuning pada bagian sayap jantan lebih melebar dan renggang, sedagkan pada betinanya garis kuning tersebut lebih sedikit dan menyempit.

  8. Sifat – Burung kepodang jantan lebih agresif daripada betinanya yang terkesan lebih pendiam.

  9. Suara – Suara burung jantan lebih lantang, bervariasi dan rajin, sedangkan suara burung betina cenderung monoton, pelan dan jarang berkicau.


Demikianlah artikel tentang Cara Cepat Membedakan Jenis Kelamin Burung Kapodang, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Cara Cepat Membedakan Jenis Kelamin Burung Kapodang"

Posting Komentar