-->

Burung Kepodang Si Pesolek yang Handal

Burung Kepodang Si Pesolek yang Handal - Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimana saja berada pada kesempatan ini kembali saya akan membagikan update artikel terbaru dengan judul Burung Kepodang Si Pesolek yang Handal. Untuk beberapa jenis burung, warna yang eksotis dan elegan menjadi andalan. Salah satu contohnya adalah burung Kepodang (Passeriformes). Dijuluki si pesolek, burung yang memiliki warna dominan kuning cerah ini termasuk burung yang ramah.


Burung Kepodang Si Pesolek yang Handal

Burung Kepodang Si Pesolek yang Handal


 

Saat tampil, Kepodang terlihat bersih dan menawan berkat warna kuning cerahnya yang khas. Beberapa karya sastra Jawa menggunakan burung Kepodang sebagai sebuah ungkapan, baik sebagai peribahasa, lagu, maupun puisi.Bagi masyarakat Jawa, Kepodang memiliki makna burung berwarna kuning atau keindahan. Kepodang umumnya dipelihara oleh mereka yang mengedepankan penampilan. Burung yang didukung postur besar ini kerap dipelihara untuk mengejar fashion atau sebagai hiasan rumah.


Secara tampilan, Kepodang memiliki panjang mulai ujung ekor hingga paruh berkisar antara 25 hingga 30 cm. Warna bulu hitam terdapat di ujung sayap dan seputar mata dan ujung ekor. Sementara itu bulu berwarna kuning hampir dominan menutupi seluruh tubuh.


Habitat Kepodang tersebar di kepulauan Indonesia meliputi Jawa, Bali Sumatera, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Kalimantan. Burung ini hidup di hutan-hutan terutama di daerah tropis dan lazimnya hidup berpasangan . Di pulau Jawa dan Bali burung kepodang sering disebut dengan kepodang emas. Di habitat aslinya, Kepodang memakan buah-buahan seperti pepaya, pisang, jambu dan mangga. Burung ini juga doyan serangga kecil seperti ulat dan jangkrik. dahulu, burung ini masih bisa ditemukan di daerah hutan perbukitan dan lereng pegunungan seputar Yogyakarta.


Burung Kepodang saat ini di kenal masyarakat memiliki beberapa jenis yakni Kepodang Batu, Emas dan Kapur. Karakterisitik Burung Kepodang antara lain, berwarna hitam dan kuning, dengan strip hitam yang melewati mata dan tengkuk.


Badan bagian bawah keputih-putihan dengan burik berwarana hitam, dan iris merah. Bentuk paruhnya meruncing dan agak melengkuh kebawah. Kakinya berwarna hitam.


Sebagai burung hias, Kepodang termasuk salah satu burung yang panjang umur. Bila benar cara merawatnya, Kepodang bisa berusia hingga 15 tahun. Untuk pemula, disarankan memelihara burung Kepodang yang sudah mau makan voer.


Jika membeli anakan hasil tangkapan hutan, sebaiknya rajin dan tekun merawat. Perlakuan sehari-hari hampir sama dengan burung pekicau lain, dimandikan dan dijemur. Bila burung hasil tangkapan baru, kemungkikan besar mengalami stress dan membutuhkan pemulihan lumayan lama.


Demikianlah artikel tentang Burung Kepodang Si Pesolek yang Handal, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin dan sampai jumpa kembali pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Burung Kepodang Si Pesolek yang Handal"

Posting Komentar