-->

Mengenal Karakter Dasar Burung Ciblek

Mengenal Karakter Dasar Burung Ciblek - Alhamdulillah sahabat pada dinihari ini saya akan membagikan artikel terbari dengan Judul Mengenal Karakter Dasar Burung Ciblek.Di alam liar burung Ciblek yang masih berumur muda serta belum mempunyai pasangan pada saat Matahari mulai terbenam sampai pagi hari umumnya mereka hidup berkoloni, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai hal, diantaranya Untuk menghindari hewan predator / pemangsa pada malam hari, mengurangi rasa dingin di malam hari, dan mencari pasangan bagi yang masih singgle.


Mengenal Karakter Dasar Burung Ciblek

Mengenal Karakter Dasar Burung Ciblek


 

Akan tetapi apabila sudah menginjak fajar dengan di tandai terbitnya matahari, maka koloni burung Ciblek tersebut akan kembali ke wilayahnya masing (Teritorial), apabila burung Ciblek yg sudah menemukan pasanganya maka akan segera memisahkan diri dari koloni tersebut dan segera membina keluarga dengan pasanganya, hal ini terjadi pada semua jenis Burung Ciblek beserta Familinya.



1. CIBLEK KRISTAL ( CIBLEK PUTIH )


Burung Ciblek kristal (Ciblek Putih) hidup di daerah yang mempunyai suhu cenderung panas dengan pasanganya masing–masing serta jarak yang lebih jauh dari daerah / sarang pasangan burung ciblek lain, sehingga daerah teritorial ciblek kristal jauh lebih luas, di lihat dari pola kehidupan tersebut maka ciblek kristal sangat peka dan sensitif menjaga wilayahnya, apabila mendengar suara ciblek lain dari kejauhan maka dengan spontan ia akan bernyanyi dengan suara yg keras dan nyaring sebagai tanda ini adalah wilayahnya, sehingga apabila ada burung Ciblek lain yang memaksa masuk ke daerah teritorialnya maka akan di hajar habis–habisan.


Dari penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa burung Ciblek kristal memiliki karakter dasar sebagai berikut :




  • Suaranya lebih keras dan kristal (Nyaring) karena hidup di daerah dengan Cuaca yang panas serta wilayah yang sangat luas.

  • Mentalnya sangat agresif karena terbiasa siap siaga dan waspada menjaga wilayah teritorialnya yang sangat luas.

  • Burung Ciblek Kristal Jantan memiliki ketergantungan yang sangat tinggi terhadap pasangannya (betina) sehingga tidak jarang burung ciblek kristal akan bertarung dengan sekuat tenaga dalam menjaga daerah dan pasanganya dari ancaman burung ciblek lain, akan tetapi karena wilayahnya yang sangat luas mengakibatkan ciblek kristal jarang bertemu lawan secara langsung, sehingga apabila bertarung sampai drop / kalah maka secara Psikologis akan sangat membekas dalam diri burung tersebut, itu sebabnya akan sedikit susah memulihkan mentalnya yang sudah terlanjur drop apabila burung tersebut kalah dalam pertarungan.


2. CIBLEK SEMI


Burung ciblek semi adalah burung yang lebih suka hidup di daerah dengan cuaca sedang serta dengan wilayah yang sedikit terbuka dengan pohon-pohon yang agak teduh dan sedikit rindang.


Burung ciblek semi lebih banyak memiliki jumlah penyebaran ketimbang burung ciblek kristal, sehingga wilayah teritorial burung ini dalam wilayah luas bisa terdapat 3-5 pasang burung.
Banyak para ahli menyebutkan bahwa burung ciblek semi merupakan hasil perkawinan silang antara burung ciblek kristal dan burung ciblek kuning sehingga di dapat gen baru dengan perpaduan warna antara keduanya serta berbagai kelebihan dan kekurangan yang menyertainya.
Dari penjelasan di atas maka ciblek semi memiliki karakter dasar sebagai berikut :




  • Memiliki suara yang keras dan tebal karena wilayah hidupnya yang lebih banyak di pepohonan dan banyak koloni dalam wilayahnya.

  • Mental bertempurnya hampir sama seperti ciblek kristal hanya saja tidak terlalu agresif karena wilayahnya yang tidak terlalu luas (Teritorial lebih sempit).

  • Memiliki ketergantungan yang lumayan tinggi terhadap pasangannya (Ciblek betina) sehingga penyebaranya lebih cepat dan mampu menyesuaikan dengan iklim yang berbeda.

  • Karena burung ini memiliki penyebaran yang lebih cepat sehingga dalam wilayah luas bisa terdapat 3-5 pasangan burung di pohon yang berbeda, akibatnya sering terjadi pergesekan / pertempuran memperebutkan wilayah teritorial sehingga tidak heran bila ciblek semi memiliki Mental yang sangat bagus dan tidak mudah drop.


3. CIBLEK KUNING


Burung Ciblek kuning adalah burung yang lebih suka hidup di daerah pepohonan dan perkebunan yang luas, burung ciblek kuning memiliki wilayah penyebaran yang sangat cepat dan mampu hidup dalam wilayah luas dengan jumlah 5-7 pasangan, burung ciblek kuning memiliki jumlah koloni yang lebih banyak di banding jenis Burung Ciblek lain akan tetapi Ia memiliki sifat fighter yang sangat tinggi apabila sudah menginjak usia dewasa, penyebarannya lebih banyak di wilayah indonesia bagian timur yang masih banyak pepohonan dan perkebunan, meskipun di tanah jawa masih banyak.


Dari penjelasan di atas maka karakter dasar burung ciblek kuning adalah sebagai berikut :




  1. Memiliki Suara yang lebih keras dan tebal karena wilayah hidupnya yang lebih suka di tempat pepohonan dengan banyak koloni dalam wilayahnya.

  2. Mental bertempur sedikit rendah dari ciblek semi karena banyak koloni lain disekitarnya dan akhirnya menciptakan toleransi dalam kekerabatan, akan tetapi tipikal burung petarung yang hebat bila sudah dewasa dan memiliki pasangan

  3. Memiliki ketergantungan yang sangat tinggi di banding ke 2 jenis Ciblek lainnya terhadap pasangan (betina) sehingga burung ini mampu berganti pasangan dengan cepat apabila pasanganya pergi atau mati

  4. Karena wilayahnya sedikit dan memiliki banyak koloni dalam wilayah teritorial yang luas maka hal ini menyebabkan burung ciblek kuning memiliki sifat tempur yang sedikit lebih rendah di banding dengan burung ciblek lainnya, akan tetapi burung ciblek kuning lebih mudah birahi sehingga burung ini mampu menjadi burung petarung handal bila kondisinya sedang birahi tinggi.


Demikianlah artikel tentang Mengenal Karakter Dasar Burung Ciblek, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Mengenal Karakter Dasar Burung Ciblek"

Posting Komentar