-->

Mengenal Burung KakaTua Jambul Kuning

Mengenal Burung KakaTua Jambul Kuning - Alhamdulillah sahabat pecinta burung kakatua dimanapun berada pada pagi hari ini kembali saya akan membagikan update artikel terbaru dengan Judul Mengenal Burung KakaTua Jambul Kuning. Burung kakatua kembali menjadi primadona di kalangan penghoby paruh bengkok dalam negeri. Harga yang terjangkau dengan kepandaian diatas rata rata menjadi alasan para pecinta paruh bengkok untuk mengkoleksinya.


Mengenal Burung KakaTua Jambul Kuning

Mengenal Burung KakaTua Jambul Kuning


 

Penyebutan nama kakatua sendiri diperkirakan berasal dari serapan kata Kakatuwah yang berarti “berpegangan” mengacu pada sifat burung ini yang menggunakan paruhnya sebagai alat untuk berpegangan saat memanjat pohon. Kemudian muncul variasi sebutan lainnya menjadi cocatoo, cokato, crockadore. Dari sekian banyak spesies burung kakatua, jenis jambul kuning merupakan spesies yang paling digemari. Burung ini memiliki ciri tubuh putih bersih dan jambul kuning di atas kepalanya dan akan ditegakkan saat bertengger dan berkoloni. Burung kakatua hidup berkoloni dalam jumlah kecil. Mereka akan berteriak bersahut sahutan dengan volume yang sangat keras untuk memperingatkan seluruh anggota kelompoknya. Pada burung muda, karakter kakatua jauh lebih tenang. Kakatua jambul kuning sendiri memiliki beberapa sub spesies yaitu:




  1. C.Galerita Eleonora : dikenal juga dengan nama kakatua jambul kuning medium/sedang. Merupakan burung kakatua asli Indonesia dan sering diperjual belikan. Memiliki ciri kelopak mata berwarna putih, dengan bulu mahkota kepala berbentuk kucir dan sekujur tubuhnya berwarna putih polos dengan panjang tubuh dewasa sekitar 45 cm.. Habitat aslinya adalah di kawasan indonesia timur mulai dari Maluku, dan kepulauan Aru .

  2. C.G.Triton : secara sekilas kakatua Triton hampir serupa dengan Eleonora, yang membedakan adalah ukuran yang lebih besar dan dengan kelopak mata berwarna biru muda. Setelah dewasa Kakatua Triton dapan mencapai ukuran panjang hingga 50cm. Habitat aslinya adalah di Papua.

  3. C.G.Galerita : memiliki panjang tubuh sekitar 50cm dengan warna putih pada sekujur tubuh, memiliki semburat kuning tipis di bulu bagian telinga,dibawah sayap dan ekor.Warna Putih pada bagian kelopak mata dengan ukuran kepala sedikit lebih kecil. Ditemui diwilayah sekitar Australia.

  4. C.G.Fitzroyi : memiliki ukuran serupa dengan kakatua Eleonora (medium),dengan bercampur warna kuning pada bagian di bawah sayap, telinga dan ekor. Ciri khas lainnya adalah kelopak matanya yang berwarna biru pucat mirip dengan C.G.Triton. Ukuran Paruh juga lebih besar daripada C.G.Galerita dengan habitan sekitar Sungai Fitztroy,Australia Utara.


Burung kakatua jambul kuning dapat hidup hingga usia 65 tahun. Mereka menyukai makanan berupa biji bijian seperti kenari, gandum, biji bunga matahari, jagung dan selada. Sedangkan sayur sayuran pelengkap yang sering diberikan diantaranya seledri, selada dan kacang hijau. Kakatua memiliki sifat aktif dan suka bermain. Dianjurkan memberikan mainan untuk mengurangi stres. Kakatua yang telah dewasa akan melakukan perkawinan dengan jumlah telur anatara 2 hingga 3 butir dan dierami selama 26 hari. Anak kakatua akan mulai terbang meninggalkan sarang pada usia 11 minggu.


Demikianlah artikel tentang Mengenal Burung KakaTua Jambul Kuning, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Mengenal Burung KakaTua Jambul Kuning"

Posting Komentar