-->

Mengenal Burung Cucak Rante Mas

Mengenal Burung Cucak Rante Mas - Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dimana saja berada pada kesempatan kali saya akan membagikan update artikel terbaru dengan Judul Mengenal Burung Cucak Rante Mas. Ketika melihat antusias sebagian kicaumania yang ingin mengoleksi burung cucak rante mas, saya yakin banyak di antara mereka yang belum tahu apabila burung dengan nama spesies Chloropsis venusta ini berstatus Near Threatened / NT (Hampir Terancam). Mungkin sebagian kicaumania juga belum tahu jika cucak rante mas, atau blue-masked leafbird, merupakan burung endemik di wilayah selatan Sumatera. Artikel ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum memutuskan untuk tetap membeli cucak rante mas, atau ikut berperan aktif dalam penyelamatan plasma nutfah asli Indonesia.


Mengenal Burung Cucak Rante Mas

Mengenal Burung Cucak Rante Mas


 

Cucak rante mas bukan sekadar burung endemik di Sumatera, tetapi wilayah sebarannya juga unik, yaitu hanya di daratan Sumatera, bahkan hanya di kawasan selatan saja, mulai dari Aceh Selatan, Sumatera Utara, sepanjang Bukit Barisan, Bengkulu, hingga Lampung. Sebagaimana keluarga leafbird, burung ini juga mendiami kawasan hutan di dataran tinggi.


Spesies ini tidak dijumpai di pulau-pulau kecil atau kepulauan sebelah selatan dan barat Pulau Sumatera, seperti Kepulauan Simeulue, Nias, dan sebagainya. Cucak rante mas juga tidak dijumpai di wilayah utara daratan Sumatera.


Ketika saya ingin mencari referensi tambahan, ada video cucak rante mas yang diunggah Leong David di youtube. Om Leong ini warganegara Singapura, dan dia begitu senang dengan momongan yang satu ini. Menjawab pertanyaan kicaumania Indonesia, dia mengatakan bahwa burung ini berasal dari Sumatera.


Burung betina dewasa juga didominasi warna hijau terang. Wajahnya juga biru. Tetapi ada perbedaan menyolok di bagian tenggorokannya, yaitu tetap biru (bukan hitam sebagaimana burung jantan. Selain itu, burung betina juga tidak memiliki strip malar.


Baik burung jantan maupun burung betina memiliki iris mata cokelat-gelap. Demikian pula paruhnya, sama-sama hitam. Pada burung muda, masih sulit dibedakan jenis kelaminnya, karena penampilannya hampir sama, dan mirip dengan burung betina dewasa.


Demikianlah artikel tentang Mengenal Burung Cucak Rante Mas, semoga artikel bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin. dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Mengenal Burung Cucak Rante Mas"

Posting Komentar