-->

Mengenal Burung Cucak Keling

Mengenal Burung Cucak Keling - Alhamdulillah sahabat puji syukur kepada Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan untuk kita semua sehingga pada malam hari ini saya admin hewanternak.net akan memberikan update terbaru artikel dengan Judul Mengenal Burung Cucak Keling. Burung camperling atau asian glossy starling (Aplonis panayensis) dikenal memiliki suara keras dan tajam, bahkan cukup memekakkan telinga kita. Meski demikian, tidak sedikit sobat kicaumania yang memelihara burung ini untuk dijadikan masteran bagi burung kicauan lainnya, atau sekadar memancing burung di rumah agar rajin bunyi. Di Indonesia, burung ini memiliki nama resmi perling kumbang, namun kalangan kicaumania lebih mengenalnya sebagai cucak keling.




[caption id="attachment_4583" align="aligncenter" width="466"]Mengenal Burung Cucak Keling Mengenal Burung Cucak Keling[/caption]

Mengenai apa dan bagaimana burung cucak keling, Om Kicau sudah pernah menjelaskannya di sini, jadi tidak perlu diulang lagi. Perlu diketahui, cucak keling terdiri atas 14 subspesies / ras. Hanya tiga ras saja yang tidak dijumpai di Indonesia. Sedangkan 11 ras yang lainnya tersebar di sejumlah wilayah Indonesia, yaitu:




  1. Aplonis panayensis strigata : habitat di Sumatera (termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya), Jawa dan Kalimantan barat. Ras ini juga ditemukan di wilayah selayan Myanmar dan Thailand, Singapura, dan Semenanjung Malaysia.

  2. Aplonis panayensis altirostris : habitat di Simeulue, Kepulauan Banyak dan Pulau Nias (ujung baratlaut Sumatera).

  3. Aplonis panayensis leptorrhyncha : habitat di Pulau Pini, yang berada di utara Kepulauan Batu (ujung barat Sumatera).

  4. Aplonis panayensis pachistorhina : habitat di Kepulauan Batu (kecuali Pini) dan Kepulauan Mentawai (ujung barat Sumatrea).

  5. Aplonis panayensis enganensis : habitat di Pulau Enggano, ujung baratdaya Sumatera.

  6. Aplonis panayensis heterochlora : habitat di Kepulauan Anamba dan Kepulauan Natuna, yang berada di antara Semenanjung Malaysia dan Kalimantan.

  7. Aplonis panayensis panayensis : habitat ditemukan di Sulawesi Utara dan Filipina.

  8. Aplonis panayensis sanghirensis : habitat di Kepulauan Talaud dan Sangihe, Siau, Ruang, Tahulandang dan Biaro (ujung timurlaut Sulawesi).

  9. Aplonis panayensis eustathis : habitat di Kalimantan Timur.

  10. Aplonis panayensis alipodis : habitat di Pulau Panjang, Maratau dan Derawan, yang berada di ujung timur Kalimantan.

  11. Aplonis panayensis gusti : habitat di Pulau Bali.


Demikianlah artikel tentang Mengenal Burung Cucak Keling, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin dan sampai jumpa kembali pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di katapendidikan.com

0 Response to "Mengenal Burung Cucak Keling"

Posting Komentar