-->

Perawatan Jenis Jenis Burung Anis pada Saat Mabung

Perawatan Jenis Jenis Burung Anis  pada Saat Mabung - Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau pada pagi yang sangat indah kembali saya akan memberikan postingan artikel terbaru kami dengan judul Perawatan Jenis Jenis Anis pada Saat Mabung.Burung anis atau sering juga disebut punglor, mempunyai banyak ragam jenis yang belum diketahui secara pasti jumlahnya. Burung jenis ini banyak dijumpai berterbangan di daerah pegunungan yang berhawa dingin atau sejuk, hampir di semua daerah kaki gunung yang berhawa dingin atau sejuk bisa dijumpai jenis burung ini. Jenis anis atau punglor dikelompokkan lagi ke dalam genus Zoothera dan Turdus.











Perawatan Jenis Jenis Anis Kembang pada Saar Mabung
Perawatan Jenis Jenis Anis Kembang pada Saar Mabung




  • Jenis - Jenis Burung Anis


Adapun yang termasuk ke dalam genus Zoothera diantaranya :

  1. Anis kembang (Zoothera interpres).

  2. Anis merah (Zoothera citrina)

  3. Anis macan (Zoothera dauma)

  4. Anis siberia (Zoothera sibirica).


Sedangkan jenis anis atau punglor dari genus Turdus diantaranya :

  1. Anis gunung (Turdus poliocephalus)

  2. Anis kening (Turdus obscurus), Turdus merula yang menyerupai anis gunung. Akan tetapi penulis tidak menemukan literatur tentang nama burung ini dalam bahasa Indonesianya, Turdus philomelas yang juga belum diketahui nama dalam bahasa Indonesianya, dll.


 Jenis-jenis burung anis atau punglor ini penyebarannya meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali. Akan tetapi untuk jenis-jenis tertentu bisa juga ditemukan di Cina, India, daratan Eropa dan Afrika bagian utara. Setelah kita mengenal sedikit ulasan tentang jenis-jenis anis atau punglor, penulis akan mencoba berbagi tips cara perawatan jenis burung anis atau punglor ini dikala mabung. Mabung atau molting adalah rontok, atau berganti bulu yaitu bergantinya bulu yang lama ke bulu yang baru yang terjadi secara periodik.




Pada saat masuk fase mabung anda harus lebih memperhatikan anis atau punglor anda dan harus mencukupi segala kebutuhan nutrisinya. Karena ketika anis sedang mabung maka 25% protein dalam tubuhnya akan terserap. Ini berarti anda harus mengganti kebutuhan protein yang terserap tersebut dengan cara mencukupi segala kebutuhan nutrisi bagi burung anis anda.


Pada dasarnya mabung atau molting adalah siklus alami yang pasti dialami oleh semua jenis burung yang telah dewasa. Adapun yang harus anda lakukan adalah merawat dengan lebih intens pada saat mabung tersebut, yang meliputi pemberian pakan, pemberian multivitamin, Extra fooding, mandi, jemur dan juga kebersihan sangkarnya. Nah untuk mempermudah anda dalam merawat anis atau punglor yang sedang mabung maka pada kesempatan ini penulis akan berbagi tips mengenai perawatan anis atau punglor saat mabung atau molting yang benar agar berhasil. Untuk contoh kasus, penulis akan memberikan tips cara perawatan anis kembang mabung. Karena anis kembang dan jenis anis lainnya bisa dibilang sama dalam perawatannya.



Berikut ini adalah langkah-langkah yang biasa penulis terapkan saat merawat anis kembang atau jenis anis lainnya yang sedang mabung :


1. Cek kondisi anis kembang atau jenis anis lainnya


Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengecek kondisi anis kembang atau jenis anis lainnya yang kita pelihara terlebih dahulu. Yang pertama yang bisa kita cek adalah apakah anis kita terjangkit virus penyakit atau tidak, contohnya virus polyoma dan circovirus. Karena virus tersebut akan menghambat proses tumbuhnya bulu baru ketika anis sedang memasuki fase mabung. Untuk hal ini tentunya kita bisa meminta tolong kepada dokter hewan yang ada di sekitar lingkungan kita.


Yang kedua adalah membasmi atau menyingkirkan parasit pengganggu seperti kutu, kuman, dan mikroba yang biasa hidup dan berkembang biak di sangkar yang kotor. Adapun cara yang biasa penulis lakukan adalah dengan cara mencuci sangkar, kerodong, tangkringan dan juga cepuk pakan dan minumnya dengan menggunakan shampo JATI JAJAR dengan dosis 3 tutup botol untuk 1 liter air.


2. Pemberian Pakan


Hal yang utama saat merawata anis mabung adalah pemberian pakan. Pakan yang dimaksud di sini adalah pakan yang berkualitas. Berkualitas di sini artinya bukan hanya banyak, akan tetapi pakan yang mengandung cukup nutrisi yang sangat dibutuhkan anis saat mabung. Pakan yang baik untuk anis yang sedang mabung adalah yang mengandung mineral dan protein. Untuk porsinya bisa ditingkatkan dari porsi hari biasa karena kebutuhan nutrisinya juga bertambah.


3. Pemberian Extra Fooding Dan Multivitamin


Selain makanan pokok, kita juga sebaiknya memberikan multivitamin dan extra fooding yang tepat. EF yang cocok untuk anis yang sedang mabung adalah jangkrik, cacing, dan kroto. Untuk jangkrik, berikan 4 ekor di pagi hari dan 4 ekor di sore hari. Untuk cacing, berikan 3 kali seminggu masing-masing 2 ekor. Sedangkan untuk kroto kita bisa memberikannya 1 sendok makan saja setiap pagi.


Pemberian multivitamin juga sangat penting dan kita bisa menggunakan Ebod Breeding yang mengandung nutrient berupa lysine, methionin, triptophan yang berguna untuk pembentukan dan pertumbuhan bulu diberikan 5-10 tetes dalam 50 ml air minumnya dan diberikan setiap hari sampai bulu burung yang baru tumbuh sempurna dan tidak ada yang jatuh lagi, tetapi untuk memenuhi kebutuhan asupan vitaminnya anda juga bisa memberikan vitamin merk Ebod Vit 2x seminggu dan tentunya ketika pemberian Ebod Vit, pemberian Ebod Breeding harus di stop dulu (Jangan sampai dicampur / diberikan secara bersamaan). Buah-buahan yang tepat untuk anis yang sedang mabung atau molting adalah pepaya, karena pepaya banyak mengandung vitamin C yang dapat memperkuat ketahanan tubuh anis dan melancarkan proses metabolismenya.


4. Memandikan Dan Penjemuran


Untuk anis yang sedang mabung, memandikannya cukup sekali saja dalam seminggu. Dan kita bisa mencampurkan shampo kusus burung merk JATI JAJAR yang mengandung desinfektan dan Aloevera yang mampuh membunuh kutu dan kuman juga bisa menyuburkan dan menghaluskan bulu burung. Jangan terlalu sering memandikan anis yang mabung karena hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan bulu baru. Untuk penjemurannya, durasi maksimal yang disarankan adalah 20 menit saja setiap hari.


5. Penempatan Sangkar


Pada saat mabung, jenis burung anis sangat rawan stress dan sensitif. Untuk itu penempatan gantangan sangkar sebaiknya jauh dari hiruk pikuk atau keramaian karena dapat mengganggu konsentrasi anis. Jauhkanlah posisi sangkar dari lingkungan ramai dan gaduh, serta dari gangguan binatang pengganggu seperti tikus, kucing, dan anjing. Untuk hal pengerodongan, anis yang sedang mabung lebih baik banyak dikerodong kecuali pada saat burung tersebut sedang dijemur dan dimandikan.


6. Pemasteran


Saat anis sedang mabung, kita bisa melakukan pemasteran setiap hari agar hasilnya maksimal. Karena pada saat masa mabung, anis lebih banyak diam dan mendengar saja, sehingga inilah waktu yang paling baik melakukan mastering suara. Pemasteran bisa kita lakukan dengan audio/mp3 maupun burung spesialis mastering yang sesuai dengan tipe suara jenis anis yang kita pelihara.


Demikianlah artikel tentang Perawatan Jenis Jenis Burung Anis pada Saat Mabung, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Perawatan Jenis Jenis Burung Anis pada Saat Mabung"

Posting Komentar