-->

Perawatan dan Pengembangbiakan Jalak Kerbau

Perawatan dan Pengembangbiakan Jalak Kerbau - Alhamdulillah sahabat pecinta burung jalak dimanasaja berada pada pagi hari saya akan memberikan update postingan terbaru dengan Judul Perawatan dan Pengembangbiakan Jalak Kerbau. Untuk menjadikannya cepat berbunyi, makanan yang diberikan pun cukup buah-buahan saja, atau bisa dibarengi dengan pemberian serangga jika ingin menjadikannya makin rajin berbunyi.


Perawatan dan Pengembangbiakan Jalak Kerbau

Perawatan dan Pengembangbiakan Jalak Kerbau


 

1. Perawatan Harian Burung Jalak


Adapun perawatan harian yang bisa diberikan sebagai berikut :




  • Pagi hari, burung dikeluarkan untuk mendapatkan cahaya matahari pagi.

  • Setelah beberapa menit, burung bisa dimandikan. Pada saat itu, pakan dan air minum bisa diganti dengan yang baru. Jangan lupa memberikan buah pisang atau pepaya.

  • Setelah dimandikan hingga basah-kuyup, burung diangin-anginkan selama beberapa menit. Setelah itu dijemur hingga pukul 09.30.

  • Sewaktu diangin-anginkan, burung bisa diberikan 5 ekor jangkrik dan 1-2 ekor ulat hongkong.

  • Pukul 10.000 hingga 15.00, burung disimpan di tempat yang teduh.

  • Sore hari, burung bisa dimandikan lagi. Saat itulah air minumnya kembali diganti dengan yang baru, karena burung ini terkenal suka mengotori air minumnya.

  • Jangkrik kembali diberikan sebanyak 5 ekor.


2. Jalak kerbau mata putih dan mata kuning


Jalak kerbau bisa dibedakan dalam dua jenis, yaitu jalak kerbau yang memiliki iris mata putih dan jalak kerbau dengan iris mata kuning. Menurut mitos yang diyakini sebagian kicaumania, jalak kerbau yang memiliki iris mata putih jarang berkicau, tetapi lebih mudah diajari bicara bahasa manusia meski hanya sepatah dua patah kata dan tidak sefasih burung beo. Adapun jalak kerbau dengan iris mata kuning memiliki kicauan yang lebih bagus, dan mampu meniru suara burung kicauan lainnya.


Terlepas dari hal-hal tersebut, faktanya kemampuan burung sangat tergantung dari kepintaran dan karakter dari burung itu sendiri, serta keteltenan pemilik dalam merawat dan melatihnya.


Proses penjinakan jalak kerbau bisa dipercepat dengan cara memandikan burung sambil dipegang (jika belum terbiasa, sebaiknya jangan dilakukan, karena burung bisa terlepas). Teknik ini juga sering digunakan orangtua zaman dulu saat memandikan burung perkutut.



3. Membedakan jantan dan betina


Membedakan jenis kelamin jalak kerbau memang tidak mudah, karena burung jantan dan betina memiliki kemiripan visual. Tetapi ada beberapa tengara awal yang bisa dijadikan panduan dalam sexing, antara lain :




  • Burung jantan memiliki kepala lebih besar, dengan bulu-bulu seperti disisir rapi di bagian keningnya.

  • Burung jantan memiliki jambul di sekitar lubang hidung atau pangkal paruh atas.

  • Burung jantan memiliki warna hitam di tubuhnya yang sangat pekat, dengan slip putih di bagian sayap yang terlihat lebih bersih dan tampak cerah.

  • Ukuran tubuh dan jari-jari kaki pada burung jantan lebih panjang daripada burung betina.

  • Burung jantan akan berbunyi sambil mengembangkan bulu kepala dan mengangguk-anggukan kepalanya.

  • Suara burung jantan lebih bervariasi.


4. Menangkarkan jalak kerbau


cara beternak jalak kebo sudah banyak dilakukan para peternak burung saat ini. sebelum kita berternak burung jalak kebo, harus kita ketahui cara membedakan jenis kelamin jarak kebo tersebut sebelum kita jodohkan.


pada proses ini perlu di pastikan bahwa burung tersebut memang berjodoh setelah dimasukkan dalam kandang penangkaran pada sore hari. tapi sebelum dimasukkan dalam kandang penangkaran, taruh kedua sangkar burung yang akan dijodohkan berdampingan selama 1 minggu.



5. kandang penangkaran


kandang penangkaran yang baik menurut cara beternak jalak kebo berukuran 1 x 2 m dengan ketinggian 2 m berbentuk kubus. sediakan juga tempat mandi burung suren karena birahi burung jalak kebo akan bertambah setelah mandi. jangan lupa sediakan juga sarang kotak kayu berukuran 40 x 30 x 30 cm dan daun pohon pinus dibawah kandang untuk persediaan burung jalak kerbau membuat sarang.


usahakan didalam kandang di beri pohon yang masih hidup, seperti pohon beringin misalnya, yang dibawahnya terdapat sedikit rerumputan agar mirip seperti di alam liar. penambahan tempat bertengger yang besar dan lebar akan memudahkan proses perkawinan jalak kebo, tidak lupa pula tempat makan dan minum jalak kebo juga di sediakan.


Demikianlah artikel tentang Perawatan dan Pengembangbiakan Jalak Kerbau, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Perawatan dan Pengembangbiakan Jalak Kerbau"

Posting Komentar