-->

Metode Perawatan Terbaik untuk Jalak Kerbau

Metode Perawatan Terbaik untuk Jalak Kerbau - Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau dan selamat pagi, pada kesempatan ini saya kembali akan membagikan postingan terbaru dengan Judul Metode Perawatan Terbaik untuk Jalak Kerbau.Jalak kerbau adalah sejenis burung hitam yang sering kali bermain di atas tubuh kerbau, dan terlihat di ladang pertanian bersama sekumpulan kerbau. Karena terkadang burung jalak ini suka menyantap makanan seperti kutu atau serangga yang menempel di tubuh kerbau. Maka burung hitam ini dinamakan jalak kerbau











Metode Perawatan Terbaik untuk Jalak Kerbau
Metode Perawatan Terbaik untuk Jalak Kerbau


Banyak penggemar menyukai burung jalak kerbau karena keunikannya. Burung ini berkicau sambil menganggukkan kepala, dan mengembangkan bulu-bulu di kepalanya, serta bisa berceloteh. Kedua binatang itu membentuk hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualistis).


Kerbau tak pernah merasa terganggu, bahkan tubuhnya dibersihkan burung dari kutu dan seranggalainnya. Sedangkan jalak kerbau mendapat extra fooding gratis, sekaligus perlindungan tak langsung dari ancaman predator seperti alap-alap kawah (Falco Peregrinus) yang merupakan musuh besarnya. Jika jalak sudah berada di atas tubuh kerbau, alap-alap tak berani mendekatinya.


Jalak kerbau tersebar disebagian besar kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia seperti Jawa, Bali, dan Sumatera. Perkembangbiakan burung jalak kerbau sangatcepat, sehingga di beberapa negara malah dijuluki sebagai burung hama. Tetapi di Indonesia burung ini justru diburu untuk diperdagangkan.


1. Perawatan dan Perkembangbiakan


Untuk perawatan jalak kerbau sangatlah mudah agar dapat menjadikannya cepat berbunyi. Berikan jalak kerbau makanan berupa buah-buahan, disertai dengan serangga jika ingin menjadikannya makin rajin berbunyi. Ada  beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan jalak kerbau dengan baik yaitu pada pagi hari burung dikeluarkan agar mendapatkan cahaya matahari pagi, kemudian setelah beberapa menit, burung bisa dimandikan, lalu pemberian pakan berupa pisang atau pepaya dan air minum dapat diganti dengan yang baru.


Setelah dimandikan burung dianginkan selama beberapa menit dan dijemur hingga pukul 9.30, pada saat sedang dianginkan burung dapat diberikan 5 ekor jangkrik dan 2 ekor ulat hongkong, setelah itu pada saat pukul 10.00 hingga 15.00 burung disimpan di tempat yang teduh, kemudian pada sore hari burung dapat dimandikan kembali dan menggantikan air minum yang sudah kotor, dan terakhir dapat memberikan jangkrik sebanyak 5 ekor.


2. Jalak Kerbau Mata Putih dan Mata Kuning


Untuk membedakan jalak kerbau terdapat dua jenis, yaitu jalak kerbau yang memiliki iris mata putih dan jalak kerbau dengan iris mata kuning. Namun diantar dua jenis ini ada sedikit perbedaanya itu untuk jalak kerbau yang memiliki iris mata putih jarang berkicau, tetapi lebih mudah diajari bicara bahasa manusia meski hanya sepatah dua patah kata dan tidak sefasih burung beo.


Sedangkan untuk jalak kerbau dengan iris mata kuning memiliki kicauan yang lebih bagus, dan mampu meniru suara burung kicauan lainnya. Tetapi untuk mendapatkan kemampuan burung yang hebat dari burung jalak kerbau semua tergantung dari kepintaran dan karakter dari burung itu sendiri, serta cara seseorang merawat dan melatihnya.


Untuk menjinakkan jalak kerbau dengan cepat yaitu dengan memandikan burung sambil dipegang dengan hati-hati karena takut terlepas.


3.Membedakan Jantan dan Betina


Agak sulit untuk membedakan jenis kelamin jalak kerbau, karena jantan dan betina memang memiliki kemiripan visual. Tetapi ada beberapa cara agar dapat membedakannya yaitu burung jantan memiliki kepala lebih besar dan bulu di bagian kening seperti disisir rapi.


Kemudian burung jantan memiliki jambul di sekitar lubang hidung atau pangkal paruh atas. Burung ini punya warna hitam di tubuhnya yang sangat pekatdengan slip putih di bagian sayap yang terlihat lebih bersih dan tampak cerah.

Untuk ukuran tubuh dan jari-jari kaki pada burung jantan lebih panjang dibandingkan dengan burung betina. Burung jantan akan berbunyi sambil mengembangkan bulu kepala dan mengangguk-anggukan kepalanya, dan suara burung jantan lebih bervariasi.


4. Menangkarkan Jalak Kerbau


Menangkar burung jalak kerbau terbilang mudah, karena sifat burung jalak kerbau yang suka berkelompok membuat burung ini bisa ditangkarkan dalam kandangkoloni, termasuk kandang aviary. Dapat juga jika menggunakkan sarangg lodog atau potongan batang pohon yang dilubangi, seperti halnya menangkarkan jalak suren atau burung jalak lainnya. Untuk penangkaran dalam kandang koloni dapat menghemat waktu, karena burung jantan bebas mencari pasangan sesuai dengan apa yang diinginkannya


Demikialah artikel tentang Metode Perawatan Terbaik untuk Jalak Kerbau, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Metode Perawatan Terbaik untuk Jalak Kerbau"

Posting Komentar