-->

Cara Terbaru Melatih Anis Bakalan Agar Mau Berkicau

Cara Terbaru Melatih Anis Bankalan Agar Mau Berkicau - Alhamdulillah sahabat pencinta burung kicau dimanapun berada pada pagi dinihari ini kembali saya akan membagikan artikel terbaru dengan Judul Cara Terbaru Melatih Anis Bankalan Agar Mau Berkicau. Menunggu anis kembang bakalan tangkapan hutan mau berbunyi adalah salah satu hal yang paling membutuhkan kesabaran .











Cara Terbaru Melatih Anis Bankalan Agar Mau Berkicau

Cara Terbaru Melatih Anis Bankalan Agar Mau Berkicau


Di sinilah sebenarnya salah satu “tantangan” yang membutuhkan kesabaran kita jika kita mau membeli dan merawat burung hasil tangkapan hutan. Kita dituntut harus benar-benar telaten dan konsisten dalam perawatan hariannya. Adapun perawatan harian untuk anis kembang bakalan bisa kita mulai dari pemberian pakan harian yang cukup, terutama pakan tambahannya atau extra fooding (EF).


Sebaiknya pemberian voer pada anis kembang harus dibatasi, karena burung bisa mendapatkan nutrisi, protein, dan energinya dari pakan serangga dan buah-buahan yang diberikan setiap hari. Dengan kondisi demikian, burung akan lebih cepat dan mudah berbunyi.


Selain pakan harian dengan EF yang lebih bervariasi, hal lain yang tidak bisa ditinggalkan dalam perawatan Anis kembang adalah mandi. Anis kembang, sebagaimana jenis Anis lainnya, merupakan jenis burung yang menyukai suhu sejuk dan oleh sebab itulah burung ini sangat menyukai mandi. Jika kita bisa memberikan kebutuhan mandinya yang tepat, maka burung pun akan cenderung lebih mudah berkicau.


Untuk Anis kembang bakalan, kita bisa memberikan mandi malam rutin selama beberapa kali dalam satu minggu. Karena mandi malam juga bisa berfungsi untuk menurunkan kondisi stress, terutama untuk Anis kembang bakalan tangkapan hutan yang masih liar. Mandi malam bisa diberikan dengan frekuensi 2–3 kali dalam seminggu, dan kita bisa mencampurkan shampoo khusus merk JATI JAJAR kedalam air mandinya dengan dosis 2 tutup botol untuk 1 liter air mandinya, maksud dari penggunaan shampoo JATI JAJAR adalah dikarenakan JATI JAJAR mengandung desisfektan yang mampu membunuh kutu dan kuman juga sekaligus bisa menghaluskan bulu karena mengandung AloeVera, sehingga kesehatan burung akan terjaga.


Adapun waktu untuk mandi malam bisa disesuaikan (antara pukul 19.00–20.30). Hal terpenting, setelah burung dimandikan, burung diangin-anginkan sambil menunggu bulu-bulunya kering dan diberikan EF berupa 2 ekor cacing tanah atau 1 sendok teh kroto. Pengembunan juga bisa membantu mempercepat proses bunyi pada Anis kembang bakalan. Pengembunan ini bisa dilakukan di teras atau akan lebih baik bila digantung di bawah pohon rindang saat subuh, atau sebelum matahari terbit. Suasana tempat pengembunan harus cukup terang oleh lampu, karena untuk sebagian burung suka ada yang akan grabakan atau bertingkah liar begitu melihat suasana sekelilingnya gelap gulita.


Ketika proses pengembunan berlangsung, burung bisa kita berikan cacing tanah sebanyak 1 ekor, dan kroto sebanyak 1 sendok teh. Lalu biarkan burung merasakan suasana pagi hari sampai matahari mulai terbit. Setelah proses perawatan tersebut diatas, untuk selanjutnya burung bisa menjalani perawatan harian seperti biasa, yaitu pemberian EF berupa jangkrik, ulat hongkong, pemasteran, atau mandi dan jemur.


Untuk menggantang atau menempatkan Anis kembang bakalan sebaiknya pilih tempat yang tidak terlalu panas, bahkan kalau memungkinkan pilih tempat yang agak lembab. Hal ini untuk merangsang burung agar cepat berbunyi. Pada siang hingga sore hari, kita bisa menggantangkan Anis kembang di tempat yang berdekatan dengan kamar mandi, dekat kolam, atau di bawah pohon rindang, hal ini dimaksudkan untuk memperoleh lokasi yang agak lembab. Jika anis kembang bakalan yang kita pelihara sudah pasti berjenis kelamin jantan, maka dengan proses perawatan seperti yang dibahas di atas akan segera memberikan hasil yang nyata.


Anis kembang bakalan hasil tangkapan hutan milik kita akan mengeluarkan suara kicauannya dengan kencang, walaupun untuk menuju ke proses ngeroll masih membutuhkan waktu lebih lama lagi dibandingkan jika kita membeli atau merawat Anis kembang hasil penangkaran.


Demikianlah artikel tentang Cara Terbaru Melatih Anis Bankalan Agar Mau Berkicau, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai ketemu lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Cara Terbaru Melatih Anis Bakalan Agar Mau Berkicau"

Posting Komentar