-->

Cara Terbaik Perawatan Harian Burung Cendet atau Pentet

Cara Terbaik Perawatan Harian Burung Cendet atau Pentet - Alhamdulillah sahabat dan puji syukur kepada Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan untuk kita semua sehingga pada pagi hari kembali saya akan membagikan postingan artikel terbaru dengan Judul Cara Terbaik Perawatan Harian Burung Cendet/Pentet.Cara perawatan harian untuk burung pentet relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci utama keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten. Berikut ini  Cara Terbaik Perawatan Harian Burung Cendet atau Pentet sebagai berikut : 


Cara Terbaik Perawatan Harian Burung Cendet atau Pentet

Cara Terbaik Perawatan Harian Burung Cendet atau Pentet


 

  1. Jam 07.00 WIB burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 WIB burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung) pada air mandinya campurkan shampo merk JATI JAJAR yang berkasiat menghaluskan bulu (karena ada kandungan Aloeveranya) dan juga mampu membunuh kutu dan kuman. Dengan takaran 2 tutup botol dalam 1 liter air mandinya.

  2. Setiap hari kandang harus dibersihkan. Seminggu sekali kandang dan kerodong beserta asesoris lainnya harus di cuci dengan menggunakan shampo JATI JAJAR yang juga mengandung Desinfektan, dengan perbandingan 3 tutup botol dalam 1 liter air. Lalu ganti atau tambahkan Voer dan air minumnya.

  3. Berikan EF berupa Jangkrik 4 ekor pada cepuk kusus EF. Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam per hari dimulai pukul 08.00 – 11.00 WIB. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak boleh melihat burung sejenis.
    Setelah selesai dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut di teras selama 15 menit,pada air minumnya berikan vitamin merk EbodVit lalu sangkar dikerodong.
    Siang hari sampai sore (jam 10.00 – 15.00 WIB) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master (Love Bird, kenari, Cucak jenggot, burung gereja, cililin dll).
    Jam 15.30 WIB burung diangin-anginkan kembali di teras, jika cuaca bagus, burung boleh dimandikan.
    Berikan EF Jangkrik 2 ekor pada cepuk kusus.
    Jam 18.00 WIB burung kembali dikerodong dan diperdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya, untuk pemasteran pada waktu malam hari kita bisa menggunakan suara masteran dari MP3.

  4. Extra Fooding yang wajib di berikan selain Jangkrik:
    Kroto segar diberikan 1 sendok makan maksimal 2 kali dalam seminggu.
    Pemberian cacing diberikan 1 ekor 2 kali dalam seminggu.
    Berikan vitamin dan mineral yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.


Demikianlah artikel tentang Cara Terbaik Perawatan Harian Burung Cendet atau Pentet, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Cara Terbaik Perawatan Harian Burung Cendet atau Pentet"

Posting Komentar