-->

Cara Perawatan Jalak Suren Sebelum Ikut Lomba

Cara Perawatan Jalak Suren Sebelum Ikut Lomba - Alhamdulillah sahabat pecinta burung kicau pada malam dini hari ini kembali saya akan membagikan artikel terbaru dengan Judul Cara Perawatan Jalak Suren Sebelum Ikut Lomba. Jalak Suren (Sturnus Contra) yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan nama Asian pied starling, Juga dikenal dengan sebutan jalak suren. Burung ini sudah sangat langka di alam bebasnya, ini dikarenakan keadaan di habitatnya terus diburu.


Akan tetapi saat ini jalak suren sudah berhasil ditangkarkan dan merupakan salah satu jenis burung favorit yang memiliki nilai jual cukup tinggi, walaupun pertamanya burung ini hanya berfungsi untuk burung masteran ataupun burung klangenan yang juga bisa dijadikan burung penjaga rumah yang baik.











Cara Perawatan Jalak Suren Sebelum Ikut Lomba
Cara Perawatan Jalak Suren Sebelum Ikut Lomba


Bisa disebut penjaga rumah yang baik dikarenakan apabila ada seseorang yang datang kerumah, biasanya burung jalak suren akan langsung berkicau dengan nyaring. Hutan sekunder terbuka, dataran rendah yang banyak ditumbuhi pohon tinggi dan gelagah, dan daerah yang dekat dengan sumber air merupakan habitat jalak suren. Seperti halnya jenis jalak pada umumnya, jalak suren suka memilih lubang pohon untuk dijadikan sarangnya saat berkembang biak.


Terkadang, sarangnya diletakkan di bagian pelepah pohon aren.Adapun kebiasaan hidupnya sering bergerombol dalam kelompok kecil dan terkadang hidup berpasangan. Menjelang waktunya tidur, jalak suren mempunyai kebiasaan selalu berkumpul dan mengeluarkan suara sehingga terdengar gaduh. Burung ini tidak jarang turun ke tanah dan terkadang mendatangi pinggiran sumber air di tempat dangkal ketika mencari pakannya. Serangga kecil, telur serangga, cacing, ulat daun, kupu-kupu dan buah–buahan merupakan pakan alaminya. Burung ini biasa ditemukan di hutan-hutan yang berada di Asia Tenggara dan anak benua India.


Jika anda memiliki jalak suren, menjaga agar burung anda rajin berkicau tentunya wajib dilakukan. Untuk itu kami akan berikan sedikit tips cara merawat burung jalak suren agar gacor yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan beberapa masukan dari rekan dan juga literatur lainnya. Selain untuk perawatan harian, tips ini juga mencakup untuk  mempersiapkan burung jalak suren jika ingin di ikut sertakan lomba burung khusus kelas jalak suren yang sudah mulai ramai diadakan oleh para EO lomba burung berkicau di negara kita.


Sebetulnya tidak ada hal-hal khusus dalam hal perawatan burung Jalak Suren dan secara umum bisa dibilang sama dengan perawatan burung lainya. Rutinitas adalah satu hal yang harus anda perhatikan dalam perawatan. Supaya burung kesayangan anda bisa berkicau secara maksimal, ada beberapa hal yang harus anda lakukan dalam perawatan setiap hari. Yaitu :




  1. Mandikan burung setiap hari sekitar pukul 7 : 00 pagi dengan cara disemprot pakai sprayer, dan jika memungkinkan gunakan cepuk supaya burung bisa lebih leluasa. Jangan lupa campurkan shampo JATI JAJAR dengan perbandingan 2 tutup botol dalam 1 liter air mandinya. Setelah selesai mandi, jangan lupa bersihkan dan ambil kembali cepuk tersebut.

  2. Lalu jemur burung dibawah terik matahari maksimal 1 jam apabila sinar matahari benar-benar cerah, jika redup bisa lebih lama lagi. Setelah selesai penjemuran, angin-anginkan di teras.

  3. Berikan makanan yang berkualitas seperti voer. carilah voer yang mengandung vitamin dan protein tinggi,

  4. Berikan Extra Fooding seperti jangkrik 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Beri juga makanan lain seperti ulat hongkong  satu sendok makan untuk 2 sampai 3 hari. Kroto juga bisa diberikan.

  5. Untuk mendapatkan suara burung jalak suren yang gacor lakukan pemasteran suara. caranya bisa mendekatkan burung jalak suren pada burung yang memiliki suara indah dan gacor (Burung master). Atau jika tidak memiliki burung lain, bisa menggunakan suara burung dalam bentuk Mp3 dan diputar dengan volume rendah.

  6. Buatlah lingkungan di rumah senyaman mungkin untuk burung. Jangan sampai burung tidak merasa nyaman atau terganggu dengan hal-hal lain disekitarnya (Misalnya ada gangguan dari binatang seperti tikus, kucing dll). Hal ini penting karena bisa berpengaruh pada psikis dan fisik burung itu sendiri.


 
Cara Perawatan Jalak Suren Sebelum Ikut Lomba


Perawatan burung jalak suren untuk lomba tidaklah  jauh berbeda dengan perawatan harian,  hanya saja porsinya yang berbeda. Membuat burung memiliki birahi tinggi adalah kunci utamanya. Hal tersebut bisa dicapai dengan cara pemberian makanan-makanan yang bisa merangsang birahi burung. Cara setting burung jalak suren untuk lomba bisa dengan cara berikut ini:



  1. H-3, beri jangkrik 10 ekor pada pagi hari dan 6 ekor pada sore hari. Berikan pula suplemen merk EBOD JOSS yang mengandung multivitamin yang mampu merangsang pembentukan hormon testosteron yang bisa membuat burung menjadi gacor, daya tahan prima, dan mental tidak mudah anjlok. Adapun dosisnya cukup 5 tetes dalam 50 ml air minumnya dan diberikan setelah selesai penjemuran.

  2. H-2, jemur burung maksimal 30 menit saja.

  3. 1 jam sebelum lomba, beri jangkrik 3 ekor dan ulat hongkong yang berwarna putih sebanyak 10 hingga 20 ekor.

  4. Jika burung jalak suren akan diikutkan lomba lagi, beri jangkrik 1 ekor lagi.

  5. Jangan memandikan burung saat akan lomba, karena akan mengganggu birahi burung.


Demikianlah artikel tentang Cara Perawatan Jalak Suren Sebelum Ikut Lomba, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Cara Perawatan Jalak Suren Sebelum Ikut Lomba"

Posting Komentar