-->

Cara Beternak Burung Cendet

Cara Beternak Burung Cendet - Alhamdulilah sahabat pecinta burung kicau dimanapun berada pada malam hari kembali saya akan membagikan postingan terbaru kami dengan Judul Cara Beternak Burung Cendet.Burung cendet sendiri sebenarnya termasuk salah satu burung yang masih banyak hidup di alam liar, dan bentuk dari burung ini memiliki ukuran yang kecil, serta kicauannya juga tidak terlalu bagus. Namun burung ini memiliki kemampuan yang cukup unik, dimana burung ini mampu menirukan berbagai macam suara burung lain. Sehingga burung ini dapat memiliki variasi kicauan yang cukup banyak.


Cara Praktis Beternak Burung Cendet

Cara  Beternak Burung Cendet


 

Dan untuk anda yang kiranya memang suka dengan burung ini, dan anda merasa tertarik ingin mencoba untuk membudidayakan burung ini dirumah. Maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk melihat terlebih dulu cara ternak burung yang hari ini akan kami bahas, karena untuk melakukan ternak burung juga harus mengetahui caranya. Kita tidak bisa sembarang melakukan ternak terhadap burung tersebut.

Untuk anda yang kiranya merasa belum tahu cara ternak dari burung ini, maka silahkan saja bagi anda untuk langsung melihat cara ternak burung tersebut secara lengkap dibawah ini.


1. Kandang,


Pertama-tama persipkan kandang untuk penangkaran burung ini, usahakan buat kandang dengan ukuran yang luas supaya burung tersebut bisa lebih leluasa terbang. Hal ini dikarenakan burung cendet ini termasuk burung yang agresif, sehingga memerlukan ukuran kandang yang lebih luas dari kandang burung yang umumnya ada. Dan usahakan juga menyediakan pohon perdu serta ranting-ranting kecil untuk tempat bertengger burung, dan sediakan juga rumput-rumput. Karena burung cendet betina akan membuat sarang dengan sendirinya.


2. Penjodohan,


Pada saat proses penjodohan, usahakan menjauhkan indukan betina dari segala suara burung cendet yang lain. Hal ini bertujuan supaya si cendet betina tidak merasa penasaran dengan suara cendet jantan yang lainnya. Untuk proses penjodohan pertama, letakan indukan jantan dan betina pada kandang yang terpisah, namun letakan sangkar tersebut saling berdekatan. Tunggu hingga indukan jantan menjadi semakin agresif dan berkicau sangat sering, jika indukan jantan sudah menunjukan perilaku tersebut, maka proses perkawinan dapat dilakukan. Berikutnya, satukan indukan jantan serta betina dalam satu kandang, dan pada saat pertama kali mereka disatukan, biasanya akan terjadi perkelahian pada indukan tersebut. Dan hal tersebut sudah umumnya akan terjadi, karena burung ini memang sangatlah agresif dan burung ini juga termasuk salah satu burung petarung. Jadi anda tidak perlu langsung memisahkan indukan tersebut karena sedang berkelahi.


3. Pakan


Pada saat proses penjodohan, anda dapat memberikan pakan dengan 50 ekor jangkrik, satu sendok ulat hongkong, dua sendok makan UK, porsi pakan tersebut merupakan porsi satu hari untuk kedua burung indukan tersebut.


4. Bertelur


Ketika proses kawin sudah selesai, maka burung betina akan menghasilkan telur anakan. Dan umumnya indukan betina akan menghasilkan dua hingga tiga telur, tergantung dari kondisi indukan betina itu sendiri. Dan pada saat sudah bertelur, maka indukan betina akan melakukan proses pengeraman kurang lebih selama 21 hari hingga telur tersebut menetas. Dan pada saat anakan sudah menetas, maka anda harus memisahkan anakan tersebut dari induknya, lalu beri makan dengan cara disuapi agar anakan bisa menjadi lebih jinak pada saat sudah besar.


Demikianlah artikel tentang Cara Beternak Burung Cendet, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Cara Beternak Burung Cendet"

Posting Komentar