-->

Metode Pemeliharaan Dasar Ikan Mas Koki

Metode Pemeliharaan Dasar Ikan Mas Koki - Alhamdulilah atas nikmat yang diberikan oleh ALLAH S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga saya bisa lagi memberikan update terbaru artikel dengan Judul Metode Pemeliharaan Dasar Ikan Mas Koki. Bagaimana cara memelihara ikan mas koki? Di kalangan para penghobi ikan hias, ikan mas koki memiliki tempat tersendiri. Ikan ini diklaim sebagai salah satu ikan hias air tawar yang paling cantik. Tubuhnya yang membulat dengan gerakan renang yang cukup lincah juga membuatnya terlihat menggemaskan sekali. Belum lagi untaian sirip-siripnya yang tampak anggun, dijamin Anda bakalan betah deh berlama-lama memandanginya.











Metode Pemeliharaan Dasar Ikan Mas Koki
Metode Pemeliharaan Dasar Ikan Mas Koki


Memelihara ikan ini membutuhkan keuletan yang cukup tinggi. Pasalnya ikan mas koki sangat tidak toleran terhadap kondisi air yang kotor. Ia memerlukan air yang benar-benar bersih serta mengandung oksigen dalam jumlah yang cukup. Selain itu, jadwal pemberian pakan untuk ikan ini juga harus diperhatikan dengan baik. Jika tidak, ikan koki yang mengalami overdosis akan mati.


Berikut Metode Pemeliharaan Dasar Ikan Mas Koki sebagai Berikut  :


1. Pengadaan Akuarium


Sesuaikan ukuran akuarium dengan jumlah dan ukuran ikan mas koki yang akan dipelihara di dalamnya. Lengkapi akuarium ini dengan aerator sebagai peniup udara, sistem filtrasi, dan selang penyedot kotoran. Air yang akan dimasukkan ke dalam tangki wajib didiamkan terlebih dahulu semalaman agar kotorannya mengendap. Usahakan lokasi penempatan akuarium terletak di sudut ruangan yang tidak menerima cahaya matahari langsung untuk mencegah pertumbuhan lumut dan alga di dalamnya.


2. Perilisan Ikan


Sebelum ikan dirilis ke dalam akuarium, ikan yang masih berada di kantong plastik ini perlu diadaptasikan terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk membantu ikan tersebut dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan barunya. Adapun caranya ialah masukkan kantong plastik berisi ikan mas koki tersebut ke dalam akuarium. Rendam selama 15-30 menit. Setelah dirasakan temperatur air keduanya sama, barulah kantong plastik disobek. Lalu biarkan ikan mas koki keluar sendiri dan masuk ke akuarium.


3. Pemberian Pakan


Ikan mas koki tergolong sebagai ikan yang sangat rakus. Meskipun sudah diberi makanan dalam jumlah yang banyak, ia akan tetap melahap pakan yang ada di depannya. Memang terlihat lucu sih. Namun bila kebiasaan ini terus berlanjut, maka siap-siap saja cepat atau lambat ikan yang kelebihan berat badan tersebut bakalan mati. Sebaliknya, ikan mas koki yang bertubuh ramping justru menandakan kalau kondisinya sehat. Makanan yang bagus untuk ikan ini antara lain cacing sutera dan pelet ikan.


4. Penggantian Air


Agar kebersihan air di akuarium senantiasa terjaga dengan baik, Anda perlu mengganti airnya secara berkala. Seminggu sekali, setengah volume air perlu diganti dengan yang baru. Sedangkan pembersihan perlu dilakukan ketika kondisi akuarium sudah terlihat cukup kotor. Pencucian akuarium dilakukan dengan menggosoknya memakai garam kasar, kemudian bilas dengan air mengalir hingga bersih dan jemur di bawah terik matahari. Hindari mencuci akuarium terlalu sering karena dapat menyebabkan ikan di dalamnya mengalami stres.


Demikianlah artikel tentang Metode Pemeliharaan Dasar Ikan Mas Koki, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa kembali pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Metode Pemeliharaan Dasar Ikan Mas Koki"

Posting Komentar