-->

Cara Merawat Ikan Mas Koki Jenis Tosa

Cara Merawat Ikan Mas Koki Jenis Tosa - Alhamdulillah sahabat pencinta ikan hias, dipagi hari kembali saya akan membagikan artikel terbaru saya dengan Judul Cara Merawat Ikan Mas Koki Jenis Tosa. Ikan Maskoki tosa menarik karena sirip ekornya panjang dan tubuhnya gendut. Tapi faktor ini sekaligus juga merupakan titik lemahnya. Tubuh gemuk membuat gerakannya lamban hingga susah lari jika dikejar musuh. Sirip indah itu juga mudah sobek bila kita kurang hati-hati memegangnya.


Siripnya sering sobek kalau dicampur dengan ikan lain yang lebih lincah dan galak. Untuk mencegahnya, dalam satu akuarium, ikan yang dipelihara diusahakan berukuran sama. Tujuannya, agar ikan yang besar tidak mengejar-ngejar ikan yang lebih kecil hingga mengakibatkan sirip ikan kecil itu sobek. Beberapa ikan maskoki yang bertubuh gemuk seperti Lionhead, Oranda atau Kokitosa sebaiknya tidak dicampur dalam satu akuarium dengan yang langsing seperti Jenis Shubunkin dan Komet. Kalau tidak, yang gendut dan lamban itu bisa jadi “bulan-bulanan” yang langsing.










Cara Merawat Ikan Mas Koki Jenis Tosa

Cara Merawat Ikan Mas Koki Jenis Tosa


Ukuran akuarium ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan maskoki. Menurut penelitian, setiap satu centimeter panjang maskoki membutuhkan ruang 60 cm2. Jadi bila ukuran akuarium 45 x 25 atau 1.125 cm2, maka panjang ikan yang bisa ditampung kurang lebih 19 cm. Jika panjang rata-rata maskoki yang dipelihara 6 cm, maka akuarium seukuran itu hanya ideal untuk 3 ekor ikan saja.


1. Kualitas Air dan Sinar


Suhu air ideal untuk ikan maskoki yang gemuk khususnya ikan mas koki tosa adalah 18 – 200C. Di daerah subtropis dengan suhu sekitar itu warnanya akan lebih cemerlang dibanding dengan yang dari daerah tropis. Air di daerah tropis umumnya bersuhu di atas 210C. Meskipun dengan suhu itu, pertumbuhan kokitosa di daerah tropis jauh lebih pesat.


Normalnya, pH air untuk kokitosa adalah 7. Bila lebih dari itu (basa) di tambahkan sedikit sodium bifosfat sampai pH normal. Jika pH-nya rendah (asam) dibubuhkan sodium bikarbonat. Sebab pH air juga berpengaruh terhadap kecemerlangan warna sisiknya. Air ber-pH sedikit basa (8-8,4) dapat memudarkan warna koki tosa dan tubuhnya jadi lebih langsing serta banyak mengeluarkan lendiri. Sedangkan pH yang rendah (sekitar 6,4) bisa mengakibatkan tubuh jadi kesat karena lendir berkurang, namun warna tubuhnya sendiri jadi lebih cemerlang. Karena dapat mencemerlangkan warna sisik inilah, maka biasanya maskoki yang akan dilombakan ditaruh dalam air sedikit asam.


Suhu air dan pertumbuhan alga atau ganggang dipengaruhi juga oleh sinar matahari yang masuk ke dalam akuarium. Karena itu sebaiknya akuarium ditaruh di tempat yang hanya mendapatkan sinar matahari pagi, maksimum satu jam per hari. Dengan cara ini suhu air tidak akan berubah-ubah dan pertumbuhan alga di dalam akuarium dapat terkendali.


2. Makananannya Dibatasi


Ikan Mas Koki tosa gemar daun-daunan segar, kutu air dan pakan buatan. Sebaiknya pemberian pakan dibatasi hanya satu kali sehari saja, agar tidak menumpuk di dasar akuarium dan mempengaruhi kualitas air.


Dengan perawatan yang benar, penampilan kokitosa akan sempurna. Tubuhnya bulan dan gemuk, sirip ekornya menjuntai indah, warna sisiknya pun cemerlang. Kokitosa demikian memenuhi syarat untuk disebut sebagai ratunya mas koki


Demikianlah artikel tentang Cara Merawat Ikan Mas Koki Jenis Tosa, semoga artikel bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa kembali pada update artikel berikutnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Cara Merawat Ikan Mas Koki Jenis Tosa"

Posting Komentar