-->

Cara Merawat Ikan Koki Mutiara Perutnya Seperti Bola Kasti

Cara Merawat Ikan Koki Mutiara Perutnya Seperti Bola Kasti - Alhamdulillah dan selamat malam pecinta ikan mas koki dimana saja berada, pada malam hari saya akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Cara Merawat Ikan Koki Mutiara Perutnya Seperti Bola Kasti. Ikan mas Koki Mutiara bisa dibedakan dari strain maskoki lainnya, karena bentuknya yang khas. Perutnya besar bulat seperti bola kasti.


Kepala dan moncong mulutnya kecil. Ekornya juga kecil agak melebar. Sisiknya benjol-benjol besar agak membulat seperti mutiara. Karena bentuk sisiknya inilah, ia disebut Koki Mutiara. Berdasarkan bentuk kepala, ada koki mutiara berjambul dan ada yang tidak. Koki mutiara berjambul penampilannya dianggap lebih aneh dan indah, sehingga harganya pun bisa lebih mahal.











Cara Merawat Ikan Koki Mutiara Perutnya Seperti Bola Kasti

Cara Merawat Ikan Koki Mutiara Perutnya Seperti Bola Kasti


Berdasarkan warna, banyak sekali ragam warna koki mutiara. Beberapa diantaranya yang telah banyak dikenal adalah merah keemasan, putih polos, kuning, marbel (belang), campuran merah dan putih, rasket (bentuk seperti maskoki Kaliko, warnanya kombinasi merah dan putih), serta hitam polos.


“Yang hitam polos itu sebetulnya tidak hitam betul, akan tetapi hitam kehijauan”, Hardjito menerangkan. Koki mutiara hitam tergolong langka.




  • Ikan Koki Mutiara Yang Baik


 
Ikan Koki mutiara yang dianggap baik oleh penggemar adalah ikan yang secara keseluruhan terlihat bulat, sisik benjol-benjol membulat nyata. Bentuk badan secara keseluruhan terlihat bulat seperti bola kasti. Ikan yang bentuk badannya agak memanjang, dianggap kurang baik mutunya. Walau begitu ada juga pedagang yang bilang, bahwa koki mutiara yang bentuk badannya membulat adalah ikan betina, sedang yang memanjang adalah ikan jantan.


Menurut Ali (peternak ikan hias di Ciganjur, Jakarta), ikan jantan dan betina bisa dibedakan dengan memperhatikan warna sirip depan di dekat kepala. Koki mutiara jantan pada siripnya terdapat bintik-bintik putih yang menonjol seperti butiran-butiran garam, sedang ikan betina tidak terdapat warna serupa itu.


Menurut Hardjito, peminat koki mutiara umumnya penggemar yang masih pemula. Perawatan maskoki ini tidak berbeda dengan maskoki lainnya. Asal tidak terjadi kesalahan perawatan, pasti ikan akan hidup normal dan sehat. Jangan sampai ikan diberi pakan berlebihan, agar sisanya tak mengotori akuarium. Air yang telah kotor harus cepat diganti dan kotoran yang mengendap disedot ke luar. Air penggantinya adalah air sumur biasa yang telah diendapkan dua malam.


Koki mutiara bagus sekali dipelihara secara kelompok atau berpasangan dalam akuarium, yang penting jumlah ikannya harus sesuai dengan daya tampung akuarium. Yang harus diperhatikan adalah mutu airnya, jangan sampai kotor dan ada sisa makanan membusuk di dalamnya. Sebab bisa menjadi sarang penyakit dan membahayakan kesehatan ikan.


Harga koki mutiara sangat beragam. Ada yang murah seharga per ekor untuk ikan berukuran panjang 4-5 cm, ada pula yang mahal per pasang untuk ikan siap pajang di akuarium besar. Untuk ikan yang langka dan penampilannya istimewa, harganya bisa melejit lebih tinggi lagi.


Demikianlah artikel tentang Cara Merawat Ikan Koki Mutiara Perutnya Seperti Bola Kasti, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa kembali pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Cara Merawat Ikan Koki Mutiara Perutnya Seperti Bola Kasti"

Posting Komentar