-->

Cara Membedakan Ikan Mas koki Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Mas koki Jantan dan Betina - alhamdulillah sahabat pencinta ikan mas koki pada siang hari saya akan membagikan artikel terbaru dengan Judul Cara Membedakan Ikan Mas koki Jantan dan Betina. Antara ikan koki yang berjenis kelamin jantan dan betina sebenarnya bisa dibedakan dengan mudah. Hal ini mengingat karena keduanya mempunyai perbedaan-perbedaan yang mencolok. Bedanya dapat dilihat dari ciri fisik dan tingkah laku ikan-ikan koki tersebut. Simak penjelasan lengkap tentang faktor-faktor yang membedakan ikan koki jantan dengan ikan koki betina dari Farof berikut ini!











Cara Membedakan Ikan Mas koki Jantan dan Betina
Cara Membedakan Ikan Mas koki Jantan dan Betina



1. Bentuk Postur Tubuh yang Berbeda


Sama seperti jenis ikan lainnya, bentuk postur tubuh ikan koki jantan dan betina pun memiliki perbedaan yang spesifik. Perbedaan tersebut akan tampak lebih jelas manakala ikan koki dilihat dari sudut pandang atas. Ikan koki jantan mempunyai tubuh yang cenderung langsing atau ramping. Sedangkan tubuh ikan koki betina terlihat lebih gendut khususnya pada bagian perut.


2. Ada Tidaknya Bintik-bintik Putih


Apabila dicermati lebih lanjut, Anda bakal menyadari kalau ada ikan koki yang mempunyai bintik-bintik putih di kedua sirip depannya dan ada pula yang tidak memilikinya. Jika ada bintik-bintik putih yang muncul pada sirip depan ikan koki, maka bisa dipastikan bahwa ikan tersebut berjenis kelamin jantan. Sebaliknya bila bintik-bintik putih tersebut tidak terlihat artinya jenis kelamin ikan koki tersebut adalah betina.


3. Penampang Anus yang Tidak Sama


Penampang anus ikan koki jantan dan betina ternyata juga tidak sama lho. Perbedaan ini akan tampak lebih jelas apabila Anda melihatnya dari arah samping. Ikan koki jantan memiliki anus yang cenderung rata. Sementara ikan koki betina memiliki anus yang agak menonjol keluar.


4. Tingkah Laku Pada Saat Birahi


Pada saat memasuki masa perkawinan, tingkah laku ikan koki jantan dan betina tampak sangat berbeda. Ikan koki jantan biasanya bersikap lebih agresif dengan mengejar ikan-ikan koki betina dan mencoba menghimpitnya. Sedangkan ikan koki betina yang dikejar-kejar ikan jantan tampak lebih pasif dan selalu dihimpit.


Demikianlah artikel tentang Cara Membedakan Ikan Mas koki Jantan dan Betina, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan sampai jumpa kembali pada update artikel berikutnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Cara Membedakan Ikan Mas koki Jantan dan Betina"

Posting Komentar