-->

6 Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Baik dan Benar

6 Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Baik dan Benar - Alhamdulillah pecinta ikan mas koki pada malam hari saya kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul 6 Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Baik dan Benar. Bagaimana cara memilih ikan mas koki yang baik danbenar? Sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang penghobi yang berhasil mempunyai ikan mas koki berkualitas tinggi. Selain demi alasan estetika, gengsi sang pemilik juga bakal ikutan naik berkat ikan jagoannya yang sering memenangkan kontes.











6 Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Baik dan Benar
6 Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Baik dan Benar


Namun faktanya, memilih ikan mas koki anakan yang mempunyai bakat pemenang tidak semudah yang selama ini Anda kira. Walaupun ada begitu banyak pilihan bibit ikan, bukan tidak mungkin jika ikan yang mempunyai bakat pemenang hanya 3-5 ekor saja. Belum lagi risiko ikan yang dipilih ternyata mengidap penyakit atau bentuknya yang memiliki cacat di bagian sirip atau pun ekornya.


Kini terbayang kan betapa susahnya menemukan ikan-ikan mas koki yang kualitasnya benar-benar dapat diandalkan? Nah biar Anda tidak kecewa, perhatikan faktor-faktor berikut ini dalam memilih ikan mas koki anakan yang bermutu tinggi :


1. Bentuk Badan yang Membulat


Ciri-ciri ikan mas koki yang bermutu bagus di antaranya memiliki postur tubh yang cenderung pendek dengan perut yang berbentuk membulat dan ukurannya tidak terlalu besar. Hindari ikan yang mempunyai benjolan pada tulang punggungnya. Untuk jenis ikan koki yang berjambul seperti ikan koki oranda, pilih ikan yang mempunyai benjolan merata dan seimbang.


2. Mata yang Cerah dan Bening


Salah satu tanda ikan yang kualitasnya baik dapat dilihat dari matanya. Mata ikan mas koki yang bagus berwarna cerah, bening, dan bersinar. Jika dilihat dai sudut pandang atas, mata tersebut tampak menonjol seperti ingin keluar. Apabila Anda menemukan ikan koki dengan mata yang seperti ini, sebaiknya ambil saja karena dijamin kondisinya pasti sehat dan tidak berpenyakit.


3. Sirip dan Ekor yang Seimbang


Bisa dikatakan bagian sirip dan ekor ikan mas koki menjadi faktor penentu yang utama seberapa besar tingkat keindahan yang dimilikinya. Sebisa mungkin pilih lah ikan mas koki yang mempunyai sirip dan ekor seimbang antara bagian kanan dan kirinya. Selain itu, sirip punggungnya pun harus berbentuk tegak ke atas. Sedangkan sirip ekor yang terletak di belakang dekat anus antara kedua ekornya harus berukuran sama. Begitu pula dengan bagian ekornya lebih baik seimbang dan terbuka.


4. Warna yang Cerah dan Tegas


Karakteristik ikan mas koki yang bagus selanjutnya mempunyai warna yang cerah dan tidak kusam. Warna tersebut harus terlihat tegas. Kalau merah ya merah, begitu pun dengan putih dan oranye. Di samping karena faktor biologis yakni bawaan lahir, kualitas warna ikan koki juga bisa dirangsang dengan memberikannya makanan tertentu.


5. Permukaan Tubuh yang Mulus


Perhatikan lah permukaan tubuh ikan mas koki tersebut secara menyeluruh dan dengan seksama. Pastikan seluruh bagian tubuhnya mulus dan tidak memiliki cacat sama sekali. Sekalipun itu bercak kemerah-merahan maupun benjolan di salah satu sudutnya. Sebab, hal tersebut menandakan kalau ikan yang Anda incar sedang sakit. Bila penyakit itu tidak segera teratasi hingga tuntas, dikhawatirkan justru akan menyebar ke ikan-ikan mas koki yang lainnya.


6. Gaya Berenang yang Lincah


Gaya berenang seekor ikan mas koki juga bisa menjadi pertanda yang jitu untuk menilai kualitasnya. Ikan koki yang normal mempunyai gaya berenang yang lurus dan lincah. Sebaliknya, ikan yang gaya berenangnya menungging atau mendongak ke atas berarti kondisi ikan tersebut sedang tidak sehat. Kemungkinan besarnya ialah ikan koki ini mempunyai masalah pada bagian gelembung renang atau sistem pencernaannya.


Demikianlah artikel tentang 6 Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Baik dan Benar, semoga artikel bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa kembali pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "6 Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Baik dan Benar"

Posting Komentar