-->

Persiapan Pendederan Benih Ikan Lele Pada Kolam Tembok

Persiapan Pendederan Benih Ikan Lele Pada Kolam Tembok -  Sahabat dimanapu berada adapun judul artikel pada kesempatan ini yaitu , Persiapan Pendederan Benih Ikan Lele Pada Kolam Tembok, ketika membuat kolam pendederan benih ikan lele, kita harus memperhatikan kemudahan dalam memelihara bibit di kolam tersebut nantinya. Akan lebih baik jika kita membuat kolam dengan ukuran yang tidak terlalu besar, hal ini akan memudahkan kita dalam melakukan pemeliharaaan benih ikan lele. Ukuran kolam tembok yang biasa dipakai memiliki lebar 1-2 m, dengan panjang 3-5 m. Dengan lebar kolam yang hanya 1-2 m akan memudahkan pemeliharaan.











Persiapan Pendederan Benih Ikan Lele Pada Kolam Tembok
Persiapan Pendederan Benih Ikan Lele Pada Kolam Tembok




  • Pendederan Benih Ikan Lele Kolam Tembok


 
Jangan langsung melakukan pendederan bibit ikan lele pada kolam yang masih baru, karena masih panas dan banyak mengandung senyawa yang dapat meracuni bibit ikan lele. Persiapan kolam setelah pembuatan kolam baru untuk pendederan adalah:


Kolam baru diisi air hingga setengah penuh dan masukkan potongan-potongan batang pisang yang cukup banyak.


Setelah itu, air kolam diisi hingga penuh dan biarkan saja selama 1-2 minggu. Batang pisang yang membusuk akan menyerap senyawa racun yang berbahaya bagi benih ikan lele.


Kemudian cuci kolam hingga bersih, dan siap digunakan untuk pendederan.


Sebelum digunakan, sebaiknya kolam tembok terlebih dahulu diberi kotoran sapi atau kotoran ayam 200-500 g/m2 untuk meningkatkan pertumbuhan pakan alami (plankton dan jasad renik lainnya), serta pemberian kapur pertanian 10-50 g/m2 untuk meningkatkan pH air dan membunuh bibit penyakit. Untuk daerah dengan pH air yang tinggi, pemberian kapur sebaiknya tidak dilakukan.


Walaupun ikan lele dapat tumbuh dengan baik di air tenang, namun akan lebih baik jika air kolam dilakukan penyegaran agar air tetap bersih dan kandungan oksigennya tinggi.




Gunakan pipa paralon berdiameter ±1cm untuk mengeluarkan dan memasukkan air. Aliran air keluar masuk sedang, jangan terlalu deras. Demikian pula dengan aliran air keluar kolam. Pipa yang terdapat pada kolam diberi kain kassa untuk menghambat laju air keluar dan mencegah terbawanya bibit dalam aliran air.Demikilah artikel tentang Persiapan Pendederan Benih Ikan Lele Pada Kolam Tembok, semoga bermanfaat.amien3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.

0 Response to "Persiapan Pendederan Benih Ikan Lele Pada Kolam Tembok"

Posting Komentar