-->

Mengenal Jenis Kambing Kosta Beserta Ciri-Cirinya

Mengenal Jenis Kambing Kosta Beserta Ciri-Cirinya - Kambing Kosta terdapat di Kabupaten Serang, Pandeglang, dan disekitarnya serta ditemukan pula dalam populasi kecil di wilayah Tangerang dan DKI Jakarta. Selama ini masyarakat hanya mengenal Kambing Kacang sebagai kambing asli Indonesia, namun karena bentuk dan performa Kambing Kosta menyerupai Kambing Kacang, sering sulit dibedakan antara Kambing Kosta dengan Kambing Kacang, padahal bila diamati secara seksama terdapat perbedaan yang cukup signifikan.


Salah satu ciri khas Kambing Kosta adalah terdapatnya motif garis yang sejajar pada bagian kiri dan kanan muka, selain itu terdapat pula ciri khas yang dimiliki oleh Kambing Kosta yaitu bulu rewos di bagian kaki belakang mirip bulu rewos pada Kambing Peranakan Ettawa (PE), namun tidak sepanjang bulu rewos pada Kambing PE dengan tekstur bulu yang agak tebal dan halus. Tubuh Kambing Kosta berbentuk besar ke bagian belakang sehingga cocok dan potensial untuk dijadikan tipe pedaging.











Mengenal Jensi Kambing Kosta Beserta Ciri-Cirinya
Mengenal Jenis Kambing Kosta Beserta Ciri-Cirinya


Saat ini populasi Kambing Kosta terus menyusut, walaupun data yang pasti untuk populasi Kambing Kosta tidak diketemukan, namun perkiraan populasinya di Provinsi Banten hanya tinggal ratusan ekor saja (500-700 ekor).


Mungkin ada sebagian dari kalian yang jarang atau bahkan belum pernah melihat kambing ini sebab lokasi penyebaran dari kambing ini hanya disekitaran Jakarta dan Propinsi Banten. Bila dilihat-lihat kambing ini memiliki bentuk tubuh yang tidak terlalu besar dengan hidung yang rata dan kadang ada yang melengkung, bulu pendek, serta tanduknya juga terlihat pendek.


Menurut beberapa sumber yang ada dulunya kambing ini terbentuk berkat persilangan yang dilakukan antara kambing Kacang dengan kambing Khasmir dan akhirnya hadirlah jenis kambing kosta yang memiliki warna coklat tua, coklat muda, coklat merah, abu-abu hingga hitam. Pola tubuhnya biasanya terdiri dari 2 pola warna yang didominasi warna putih pada bagian belang ditubuhnya.

 

Selama ini mungkin masyarakat hanya mengenal kambing kacang sebagai kambing asli yang berasal dari Indonesia sehingga jenis kambing kosta pun banyak yang menganggap kambing kacang sebab bentuk tubuhnya yang sama  yang juga merupakan hasil persilangan dari jenis kambing itu sendiri, persamaan dari kedua jenis kambing tersebut menjadikannya sulit untuk dibedakan padahal bila diamatai dan dicermati secara lebih mendalam ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya.


Perbedaan yang terdapat pada kambing kosta menjadikannya sebagai ciri khas tersendiri untuk membedakannya dengan kambing kacang, ciri yang sangat jelas dari kambing kosta ialah terdapat motif garis sejajar pada bagian kiri dan juga kanan mukanya, selain itu ada lagi ciri  dari kambing ini yaitu terdapat bulu rewos yang ada pada bagian kaki belakang, bulu rewos ini mirip dengan bulu rewos yang dimiliki oleh kambing peranakan etawa atau PE,


Kambing kosta ini bisa dibilang untuk dijadikan sebagai kambing pedaging sebab tubuh kambing ini terlihat besar ke bagian belakang sehingga ini bisa menjadi salah satu alternatif bila suatu saat keberadaan kambing pedaging jumlahnya semakin berkurang.


Demikianlah artikel tentang Mengenal Jensi Kambing Kosta Beserta Ciri-Cirinya, semoga bisa bermanfaat ami, dan tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya,sampai ketemu lagi pada pokok pembahasan yang lain.

0 Response to "Mengenal Jenis Kambing Kosta Beserta Ciri-Cirinya"

Posting Komentar