-->

Mengenal 3 Jenis Kambing Etawa Sebagai Penghasil Susu Murni

Mengenal 3 Jenis Kambing Etawa Sebagai Penghasil Susu Murni - Alhamdulillah sahabat dimana saja berada puji syukur kepada Allah S.W.T yang mana telah memberikan nikmat kesehatan sehingga kita bisa berjumpa lagi, nah sekarang saya juga akan memberikan informasi seputar kambing namun berbeda dengan postingan sebelumnya karena kali ini saya akan membahas tentang jenis kambing etawa yang notabanenya sebagai salah satu kambing penghasil susu yang memiliki banyak kandungan dan manfaat, adapun judul postingan terbaru yaitu Mengenal 3 Jenis Kambing Etawa Sebagai Penghasil Susu Murni.


Susu kambing yang mulai banyak peminatnya menjadikan usaha kambing perah ini mulai banyak yang menekuninya karena hasilnya dinilai menguntungkan dari pada usaha kambing biasa, bayangkan saja apabila kambing biasa hanya menghasilkan daging saja untuk sumber penghasilan, sedangkan kambing perah bisa menghasilkan daging plus susu yang bisa menghasilkan keuntungan lebih.











Mengenal 3 Jenis Kambing Etawa Sebagai Penghasil Susu Murni
Mengenal 3 Jenis Kambing Etawa Sebagai Penghasil Susu Murni



Sebelum saya bahas mengenai jenis kambing etawa ada baiknya saya memberikan sedikit informasi tentang kambing etawa yang merupakan jenis kambing yang banyak diternak di Indonesia yang berasal dari daerah Etawah Utar Prades, di India yang merupakan negara asalnya sering disebut kambing jamnapari, karena memiliki tubuh yang elegan maka sering juga dipanggil pari. Seperti kambing pada umumnya, kambing etawa juga memiliki beberapa jenis, dari beberapa jenis tersebut saya akan memberikan informasi jenis kambing yang banyak diternak oleh masyarakat, antara lain sebagai berikut.


1. Kambing etawa super


Jenis kambing ini memiliki penampilan fisik yang diatas rata-rata dari kambing pada umumnya, kambing ini memiliki harga jual yang tinggi sehingga banyak masyarakat yang memeliharanya. Biasanya jenis ini sering diikutkan kontes dan peminat dari kontes ini ternyata juga banyak bahkan ada juga yang datang dari luar daerah sehingga harga kambing ini pun jadi melambung.


2. Kambing etawa kaligesing


Jenis kambing ini merupakan hasil persilangan antara kambing lokal dengan kambing etawa yang berasal dari India, pertama kali kambing ini dikembangbiakkan di Purworejo Jawa Tengah, untuk ciri fisiknya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kambing etawa yang asli namun perbedaannya terdapat pada warna bulunya yang beragam seperti coklat, hitam, bercak, warna belang dan yang lainnya. Kambing ini juga banyak diternak untuk diperah susunya walaupun untuk ukuran tubuhnya berbeda dengan etawa super atau lebih kecil namun susu yang dihasilkan tidak kalah juga bahkan tidak sedikit yang banyak mengikutkan jenis ini dalam perlombaan.


3. Kambing etawa senduro


Jenis kambing ini berasal dari Lumajang Jawa Timur dengan bulunya yang putih bersih, asal muasal jenis kambing ini diperkembangbiakkan berawal dari musibah gunung berapi yang melanda Lumajang dan yang menjadi keajaiban para peternak kambing disana selamat dan akhirnya dikembangbiakkan deh jenis kambing ini.


Demikianlah sedikit informasi tentang Mengenal 3 Jenis Kambing Etawa Sebagai Penghasil Susu Murni, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari informasi tentang kambing etawa, sampai ketemu lagi pada pokok pembahasan yang lain.

0 Response to "Mengenal 3 Jenis Kambing Etawa Sebagai Penghasil Susu Murni"

Posting Komentar