-->

Memstabilkan PH Kolam Ikan Lele dengan Pohon Pepaya

Memstabilkan PH Kolam Ikan Lele dengan Pohon Pepaya - Alhamdulillah sobat ketemu lagi dengan saya di hewanternak,pada kesempatan ini judul artikel kali akan dibahas mengenai Memstabilkan PH Kolam Ikan Lele dengan Pohon Pepaya.




Ikan Lele, secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan pula apabila lele di Nusantara mempunyai banyak nama daerah. Antara lain: ikan kalang (Sumatera Barat), ikan maut (Gayo), ikan seungko (Aceh), ikan sibakut (Karo), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makassar), ikan cepi (Sulawesi Selatan), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) atau ikan keli (Malaysia), ikan 'keli' untuk lele yang tidak berpatil sedangkan disebut 'penang' untuk yang memiliki patil (Kalimantan Timur).

Di negara lain dikenal dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), gura magura (Srilangka), dan  (Tiongkok). Dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Nama ilmiahnya, Clarias, berasal dari bahasa Yunani chlaros, yang berarti ‘lincah’, ‘kuat’, merujuk pada kemampuannya untuk tetap hidup dan bergerak di luar air.



Cuaca yang berubah dari panas ke dingin, bahkan hujan patut kita waspadai ketika kita sedang memelihara ikan lele, apalagi kolam ikan lele yang berada di tempat terbuka. Ketika hujan tiba dan air kolam bercampur dengan air hujan, maka Ph air kolam lele dapat berubah dan perlu kita stabilkan supaya lele-lele yang kita pelihara tidak mudah terserang penyakit.











Memstabilkan PH Kolam Ikan Lele dengan Pohon Pepaya
Memstabilkan PH Kolam Ikan Lele dengan Pohon Pepaya



  • Pohon Pepaya Penstabil PH Kolam Lele


Salah satu cara menetralisir kandungan Ph dalam air kolam lele adalah dengan memanfaatkan pohon pepaya. Baik dari daun, batang hingga buahnya dapat kita gunakan untuk menstabilkan Ph air kolam ikan lele budidaya dengan cara memasukkannya ke dalam kolam.

Pohon pepaya tidak hanya dapat digunakan sebagai penstabil Ph kolam lele, namun juga dapat berfungsi sebagai obat alami bagi ikan lele pada saat musim hujan, biasanya pohon pepaya yang kita masukan dalam kolam lele akan ditumbuhi oleh lumut dan lumut tersebut akan dimakan oleh ikan lele yang tanpa disadari sudah mengandung obat herbal.


Banyak cara lain untuk mengantisipasi turunnya Ph air kolam lele selain menggunakan pohon pepaya. Jika kita kesulitan mendapatkan pohon pepaya, kita dapat menggunakan garam ikan atau bonggol pisang, yang perlu kita perhatikan adalah jangan sampai menambahkan bonggol pisang, pohon pepaya, maupun garam ikan hingga terlalu banyak karena dosis yang berlebih malah akan menimbulkan efek buruk.


Nah itulah artikel tentang tentang Memstabilkan PH Kolam Ikan Lele dengan Pohon Pepaya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Memstabilkan PH Kolam Ikan Lele dengan Pohon Pepaya"

Posting Komentar