-->

Masyarakat Lebak Kembangkan Usaha Peternakan Domba

Masyarakat Lebak Kembangkan Usaha Peternakan  Domba - Alhamdulillah sahabat ternak dimanapun berada pada pagi hari ini saya akan memberikan updater terbaru artikel dengan Judul Masyarakat Lebak Kembangkan Usaha Peternakan  Domba. Pemerintah Kabupaten Lebak mengembangkan peternakan domba guna mendukung pendapatan ekonomi masyarakat pedesaan. “Kami mengajak petani agar mengembangkan peternakan domba untuk memanfaatkan rerumputan juga menguntungkan pendapatan ekonomi keluarga,” kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lebak Iman Santoso di Lebak, Minggu (21/11).











Masyarakat Lebak Kembangkan Usaha Peternakan Domba
Masyarakat Lebak Kembangkan Usaha Peternakan  Domba

Selama ini, masyarakat yang mengembangkan peternakan domba mulai tumbuh sehingga terus didorong melalui bantuan agar populasi ternak tersebut meningkat. Saat ini, jumlah populasi domba tercatat 226.138 ekor dengan kelahiran 16.205 ekor per tahun.


Untuk itu, pihaknya mendorong setiap petani dapat mengembangkan peternakan domba. Saat ini, permintaan domba cukup tinggi, terlebih kebutuhan Hari Raya Idul Adha. “Saya kira peternakan domba itu dipastikan bisa meningkatkan pendapatan ekonomi petani,” ujarnya.


Menurut dia, selama ini, peternakan domba di Kabupaten Lebak mampu memasok ke luar daerah untuk kebutuhan konsumsi daging. Kebanyakan dipasok ke Jakarta dan Tangerang karena permintaan pasar di daerah itu cukup tinggi.


Pemerintah daerah terus mendorong agar populasi ternak domba meningkat sehingga dapat menjadikan andalan ekonomi masyarakat. “Kami berharap ke depan Lebak sebagai daerah swasembada daging domba dan bisa memenuhi kebutuhan kurban,sehingga tidak mendatangkan lagi dari Jawa Barat,” katanya.


Ia mengatakan, peternak yang berhasil mengembangkan ternak domba tersebar di Kecamatan Sajira, Muncang, Bayah, Maja, Curugbitung, Gunungkencana, Cibadak dan Maja. Mereka para peternak mengembangkan domba sudah puluhan tahun, bahkan peninggalan orangtua.


Pemerintah daerah terus menggenjot populasi domba/kambing dengan program IB juga mendatangkan pejantan dari luar daerah. Program tersebut sangat efektif untuk meningkatkan populasi ternak juga memperbaiki keturunan yang unggul.


Saat ini, kata dia, rata-rata harga domba di pasaran Rp1,5 juta sampai Rp3,5 juta per ekor. “Kami terus mengembangkan populasi ternak domba guna meningkatkan kesejahteraan,” katanya.


Suhari (50), seorang peternak domba mengaku mereka kini mengembangkan peternakan domba karena permintaan pasar cenderung tinggi sehingga peluang usaha tersebut cukup menjanjikan perbaikan ekonomi keluarga.




Saat ini, populasi domba miliknya itu sebanyak 15 ekor berada di kandang juga mendapat perawatan khusus,termasuk pakan dan kesehatan. “Kami optimistis pengembangan ternak domba dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga,” katanya.Demkianlah artikel tentang Masyarakat Lebak Kembangkan Usaha Peternakan  Domba, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artiek terbaru lainnya tentunya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "Masyarakat Lebak Kembangkan Usaha Peternakan Domba"

Posting Komentar