-->

Jumlah Yang Ideal Tebar untuk Budidaya Ikan Lele

Jumlah Yang Ideal  Tebar untuk Budidaya Ikan Lele - Alhamdulillah kami bisa lagi memberikan update terbaru dari artikel dengan judul Jumlah Yang Ideal  Tebar untuk Budidaya Ikan Lele. Lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki "kumis" yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya.


Ikan Lele, secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan pula apabila lele di Nusantara mempunyai banyak nama daerah. Antara lain: ikan kalang (Sumatera Barat), ikan maut (Gayo), ikan seungko (Aceh), ikan sibakut (Karo), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makassar), ikan cepi (Sulawesi Selatan), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) atau ikan keli (Malaysia), ikan 'keli' untuk lele yang tidak berpatil sedangkan disebut 'penang' untuk yang memiliki patil (Kalimantan Timur).


banyak informasi yang berkaitan dengan padat tebar ikan lele, dan dari berbagai sumber ada bermacam-macam pendapat mengenai idealnya padat tebar pada budidaya ikan lele. Pembudidaya yang satu mengatakan 100ekor/m2, yang lain mengatakan 200ekor/m2, ada juga yang mengatakan 400ekor/m2, bahkan ada juga yang 600ekor /m2.











Jumlah Yang Ideal Tebar untuk Budidaya Ikan Lele
Jumlah Yang Ideal  Tebar untuk Budidaya Ikan Lele


Jumlah padat yang bervariasi tersebut dikarenakan teknik pengelolaan yang berbeda dan pengalaman serta keahlian masing-masing pembudidaya ikan lele. Semua tergantung pada teknik pemeliharaan yang kita gunakan, yaitu dengan sistem Organik, Sistem Bioflok, ataupun sistem-sistem lainnya.


Walaupun lele mampu hidup dalam lingkungan yang minim oksigen dan air yang sedikit, kenyataannya untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari usaha pembesaran lele ini, kita harus tahu kepadatan tebar bibit lele yang mampu memberi dukungan pertumbuhan optimal lele itu sendiri sehingga kendala seperti penyakit atau kanibalisme tidak banyak.


Dengan teknik dan pemilihan jumlah padat tebar yang tepat, Lele yang dibudidaya akan cepat dipanen. Berikut padat tebar ideal untuk budi daya lele dengan teknik organik:


a. Kolam lele dengan sistem sirkulasi


  1. Untuk kolam ketinggian air 0,75 m, padat tebar yang dianjurkan 200 ekor/m2.

  2. Untuk kolam ketinggian air 1,25 m, padat tebar yang dianjurkan 300 ekor/m2.


b. Kolam lele tanpa sistem sirkulasi


  1. Untuk kolam ketinggian air 0,75 m, padat tebar yang dianjurkan 75 ekor/m2.

  2. Untuk kolam ketinggian air 1,25 m, padat tebar yang dianjurkan 150 ekor/m2.


Nah itulah artikel tentang Jumlah Yang Ideal  Tebar untuk Budidaya Ikan Lele, semoga artikel bisa dijadikan referensi dalam memulai pembudidayaan ikan lele amien.

0 Response to "Jumlah Yang Ideal Tebar untuk Budidaya Ikan Lele"

Posting Komentar