-->

Cara Membuat Pakan Ternak Kambing Dengan Fermentasi Jerami

Cara Membuat Pakan Ternak Kambing Dengan Fermentasi Jerami - Alhamdulillah sobat dimana saja berada pada kali saya akan memberikan update terbaru artikel tentang Cara Membuat Pakan Ternak Kambing Dengan Fermentasi Jerami, berikut tata cara pembuatannya sebagai beikut :






  1. Ambil 100 kg jerami yang sudah di keringkan (jerami harus memang sudah benar-benar kering), selanjutnya rajang/potong jerami-jerami tersebut dengan kecil-kecil maksimal 5 cm. Pemotongan jerami ini nantinya akan memudahkan kambing untuk memakan dan mencernanya setelah fermentasi di lakukan.

  2. Siapkan 20-25 Liter tetes tebu/molase, jika tidak bisa mendapatkan bahan tersebut maka bisa diganti dengan gula yang dilarutkan.

  3. Siapkan 1 botol, Probiotik,  seperti probiotik Viterna dan Tangguh yang banyak kita jumpai di toko peternakan.

  4. Sediakan 250-300 Liter air bersih yang nantinya akan kita gunakan untuk melarutkan Probiotik dan tetes.


 
a. Peralatan Untuk Membuat Pakan Ternak Kambing Dengan Fermentasi Jerami




  1. Wadah (tempat) untuk membuat fermentasi/mencampurkan semua bahan, bisa menggunakan kolam tembok, kolam terpal, drum bekas, atau wadah lainnya yang tidak bocor.

  2. Alat pemotong jerami, alat ini yang nantinya di gunakan untuk merajang jerami menjadi kecil-kecil, bisa menggunakan sabit atau mesin penggiling jerami.

  3. Ember/wadah lainnya dan terpal/kantong plastik.


 
b. Cara Pembuatan Pakan Ternak Kambing Dengan Fermentasi Jerami



  1. Pastikan wadah/tempat pembuatan fermentasi bersih dan siap pakai.2.      Tempatkan wadah pada lokasi yang tidak terkena sinar matahari dan air hujan, jangan sampai terendam atau kemasukan air hujan.

  2. Pastikan jerami kering sudah di rajang/potong maksimal 5cm.

  3. Selanjutnya segera larutkan tetes dan probiotik Viterna dengan air menjadi satu seperti pada perbandingan di atas.

  4. Siapkanlah alas untuk mencampur jerami dengan tetes, bisa menggunakan terpal plastik.

  5. Untuk mencampurkan jerami dan tetes+viterna agar merata, sebaiknya taruh secara bertahap jerami kemudian campurkan dengan larutan tersebut hingga semuanya merata.

  6. Pastikan semua jerami sudah tercampur dengan larutan viterna+tetes, kemudian masukkan semua jerami kedalam wadah pembuatan fermentasi (poin 1), kemudian ratakan dan injak-injak agar memadat.

  7. Selanjutnya tutup wadah dengan benar, pastikan tidak ada udara yang masuk didalam wadah agar fermentasi sempurna, bisa menggunakan plastik atau terpal.

  8. Diamkan selama 7 hari, dan setelah 7 hari pakan fermentasi jerami sudah dapat di berikan untuk pakan kambing, gunakan sesuai kebutuhan, apabila masih tersisa dan ingin di gunakan stok pakan, maka setelah mengambil dari bak/wadah tutup kembali dengan rapat.


Na itulah sahabat tentang Cara Membuat Pakan Ternak Kambing Dengan Fermentasi Jerami, semoga bermanfaat dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

0 Response to "Cara Membuat Pakan Ternak Kambing Dengan Fermentasi Jerami"

Posting Komentar