-->

Beternak Kambing Jenis Jawarandu Secara Maksimal dan Mengutungkan

Beternak Kambing Jenis Jawarandu Secara Maksimal dan Mengutungkan - Alhamdulillah sahabat dimana saja berada, pusi syukkur saya panjtakan kehadirat Allah S.W.T yangi  mana yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga kita masi bersua didunia maya ini, kami dari tim hewantenak akan memberikan update terbaru artikel dengan judul Beternak Kambing Jenis Jawarandu Secara Maksimal dan Mengutungkan.

 










Beternak Kambing Jenis Jawarandu Secara Maksimal dan Mengutungkan
Beternak Kambing Jenis Jawarandu Secara Maksimal dan Mengutungkan


Kambing Jawarandu memiliki nama lain Bligon, Gumbolo, Koplo dan Kacukan. Kambing jawarandu ini merupakan hasil perkawinan Kambing Peranakan Ettawa (PE) dengan kambing lokal (kambing kacang biasanya). Dimana sifat fisiknya lebih dominan kearah kambing kacang. Kambing Jawarandu mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan Kambing Kacang.


Berat badan kambing Jawarandu jantan bisa mencapai lebih dari 40 kg, Selain itu kambing Jawarandu menghasilkan susu lebih banyak dibandingkan kambing kacang. Sehingga kambing jawarandu termasuk kambing dwiguna. Kambing jawarandu memiliki temperamen yang gesit dan lincah.


Kambing ini mudah diternakkan di Indonesia karena sudah mampu beradaptasi dilingkungan tropis serta pemberian makannya tidak pilih-pilih.


Kambing Jawarandu merupakan kambing hasil persilangan antara kambing Etawa dengan kambing Kacang. Kambing ini memliki ciri separuh mirip kambing Etawa dan separuh lagi mirip kambing Kacang. Kambing ini dapat menghasilkan susu sebanyak 1,5 liter per hari.


Kambing Jawa Randu memiliki nama lain Bligon, Gumbolo, Koplo dan Kacukan. Merupakan hasil silangan dari kambing peranakan etawa dengan kambing kacang, sifat fisik kacang lebih dominan. Baik jantan atupun betina merupakan tipe pedaging dan penghasil susu. Untuk menghemat biasanya peternak susu kambing memilih kambing ini untuk diternakkan guna diambil susu nya


Kambing Jawa Randu juga memiliki tubuh lebih kecil dari kambing etawa, dengan bobot kambing jantan dewasa dapat lebih dari 40 Kg, sedangkan betina dapat mencapai bobot 40 Kg.

Baik jantan maupun betina bertanduk.

Memiliki telinga lebar terbuka, panjang dan terkulai.


Ukuran tubuh kambing jawarandu lebih kecil daripada kambing peranakan etawah, Moncongnya lancip, jantan dan betina sama-sama memiliki tanduk (lurus atau kesamping), telinganya menggantung atau terkulai serta tidak melipat, Panjang kaki sedang dan bulu kaki panjang maupun pendek, bobot lahirnya sekitar 1,5 sampai 2 kg. Kambing ini berbulu hitam, coklat, coklat tua, coklat belang putih, sawo matang atau kombinasi dari berbagai warna tersebut. Kambing jawarandu mampu tumbuh 50 sampai 100 g/hari.


na itulah sahabat dimana saja berada mengenai tentang Beternak Kambiing Jenis Jawarandu Secara Maksimal dan Mengutungkan ,semoaga artikel yang sangat singkat ini bisa membantu sahabat khususnya bagi teman - teman peternek dalam memilih jenis kambing yang mana yang akan diternakkan. dan tak lupa juga saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya di web kami ini.

0 Response to "Beternak Kambing Jenis Jawarandu Secara Maksimal dan Mengutungkan"

Posting Komentar