-->

Analisa dan Keuntungan Dalam Usaha Beternak Kambing

Analisa dan Keuntungan Dalam Usaha Beternak Kambing - Alhamduliilah pada kesempatan ini kami akan memberikan update artikel dengan judul Analisa dan Keuntungan Dalam Usaha Beternak Kambing, Berikut yang harus diperhatikan dalam usaha beternak kambing, yang pertama adalah biaya, dalam beternak kambing kita tidak terlalu memerlukan biaya yang besar seperti kita ternak sapi, selain itu dalm proses perkembangbiyakan masa kehamilan kambing betina hanya memerlukan waktu 145-155 hari atau kurang lebih setengah tahun sudah bisa berandak, dan biasanya anaknya tidak cuma 1.











Analisa dan Keuntungan Dalam Usaha Beternak Kambing

Analisa dan Keuntungan Dalam Usaha Beternak Kambing

Keuntungan lainnya adalah kambing bisa memakan makanan yang di buat dari bahan fermentasi, bahan utama yaitu ampas tahu. Jadi tidak harus melulu dari rumut. Selain itu bahan bekas atau pups dari kambing bisa digunakan sebagai pupuk organik yang bisa kita jual ke petani dengan harga yang relatif murah, dari pada di buang kan sayang.


A. Jenis - Jenis Kambing


Kambing yang sering di kembangbiakkan di indoneisa memiliki 2 jenis yaiku kambing kaca dan kambing PE, kambing kacang adalah kambing asli dari indoneisa yang populasi terbanyak yaitu di pulau jawa, tetapi jenis kambing kacang saat ini sudah beredar di seluruh Indoneisa.


Memiliki fisik tinggi sekitar 50 sampai 70 cm dan berat antara 30kg sampai 40kg. Yang selanjutnya yaitu kambing PE yang kepanjangan dari peranankan etawa, kambing ini adalah hasil dari kawin silang antara kambing kacang dan kambing asal India. Kelbihan kambing ini adalah selain menjadi kambing untuk daging, juga dapat menjadi kambing susu, untuk bentuk fisik, kambing ini lebih besar dari pada kambing kacang.


B. Makanan Kambing


Untuk makanan kambing sendiri, biasanya setiap kambing memiliki selera makan yang berbeda beda, tapi umumnya yang sering kita temui adalah makanan serprti rumput kacang kacangan, daun nangka, daun legum atau turi turian. Untuk memberi pakan menggunakan daun legun atau turi turian sebaiknya jangan langsung di berikan karena daun tersebut memiliki racun dan racun tersebut dapat hilang dengan menjemur di bawah terik matahari sekitar 2-3 jam.



Selain makanan hijau, kambing juga dapat mengkonsumsi makanan berupa makanan buatan, pemberian makanan buatan atau hasil fermentasi juga baik untuk pertumbuhan kambing. makanan buatan juga berfungsi sebagai makanan yang ber konsentrat yang baik untuk kesehatan pencernaan pada hewan. Yang umum di gunakan sebagai makanan konsentrat adalah ampas tahu, bekatul atau dedak, dan ketela pohon yang di cacah hingga halus.


Cara memberikan makanan konsentrat pun cukup mudah, dengan cara menyampurkan ketiga jenis makanan tadi dengan menambahkan air atau hanya satu jenis pakan saja. Dan waktu pemberian pakan ini adalah ketika sudah memberi pakan poko yaitu berupa rumput, dan jika kambing masih kelihatan lapar barulah di beri pakan buatan ini


Untuk waktu pemberian makan biasanya di pagi hari pukul 7 sampai 8 dan pada sore hari pada pukul 4 sampai 5.


Jika anda berminat untuk memelihara kambing untuk di kembangbiakkan atau pun untuk bisnis ternak kambing ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar kambing yang nantinya di pelihara tetap sehat dan menguntungkan,.


Nah itulah artikel singkat mengenai Analisa dan Keuntungan Dalam Usaha Beternak Kambing, sampai jumpa lagi pada pokok pembahasan yang lain.

0 Response to "Analisa dan Keuntungan Dalam Usaha Beternak Kambing"

Posting Komentar