-->

6 Cara Beternak Kambing Kacang Dengan Benar

6 Cara Beternak Kambing Kacang Dengan Benar- Alhamdulilah sahabat dimana saja berada pada kali ini saya akan memberikan updater terbaru dari artikel dengan judul 6 Cara Beternak Kambing Kacang Dengan Benar, kambing kacang adalah ras unggul kambing yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Badan kambing ini kecil. Tinggi gumba pada yang jantan 60 sentimeter hingga 65 sentimeter, sedangkan yang betina 56 sentimeter. Bobot pada kambing jantan bisa mencapai 25 kilogram, sedang kambing betina seberat 20 kilogram. Telinganya tegak, berbulu lurus dan pendek. Baik kambing betina maupun yang jantan memiliki dua tanduk yang pendek.











6 Cara Beternak Kambing Kacang Dengan Benar
6 Cara Beternak Kambing Kacang Dengan Benar


Kambing kacang merupakan kambing lokal Indonesia, memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap kondisi alam setempat serta memiliki daya reproduksi yang sangat tinggi. Kambing kacang jantan dan betina keduanya merupakan tipe kambing pedaging.


Jenis kambing yang biasa dipeternakkan adalah jenis kambing Kacang, karena tidak sulit dan dapat menghasilkan banyak anak kambing setiap tahunnya.  Mudahnya beternak kambing menjadi salah satu kegiatan para petani untuk mendapatkan rupiah lebih, karena kebutuhan pokok yang semakin meningkat, Kebanyakan orangpun mulai mengikuti cara beternak kambing. Tidak perlu butuh modal yang banyak jika harus beternak kambing, atau jikalau tidak mempunyai kambing biasanya perternak membudidayakan kambing orang yang kemudian hasilnya dibagi dua.


Dewasa ini telah membahas akan pentingnya budidaya atau cara beternak kambing kacang yang baik dan selalu menjadi preoritas utama bagi peternak yang berusaha menjadi perternak yang sukses dan berhasil, Trik dan cara yang jitu dalam membudidaya adalah usaha utama bagi kalangan yang selalu ingin berusaha untuk menjadi peternak sukses. Lalu bagaimana cara agar beternak kambing mudah dan melahirkan anak kambing yang banyak, berikut saya akan memberitahu trik agar Cara Beternak Kambing Kacang Agar Untung Besar menghasilkan untung yang banyak


  • Cara Beternak Kambing kacang


1.  Memilih Bibit Unggul


Yang paling utama dan pertama cara beternak kambing kacang adalah memiliki bibit yang unggul dan bagus untuk di ternakkan, bibit kambing  kacang harus berbadan segar, sehat dan tidak ada cacat sedikitpun. usahakan bibit kambing kacang ini lebih kedominan kebetina dari pada pejantan atau perbanyak bibit kambing betina. Karena yang akan menghasilkan anak kambing jelas yang betina, ini adalah cara pertama agar beternak kambing menghasilkan banyak anak. Tidak hanya betina saja usahakan bibit pejantanpun harus yang segar dan terbebas dari penyakit agar saat masa kawin dapat menghasilkan bibit kambing yang unggul dan bagus juga tentunya.


2. Perawatan Dan Pemberian Pakan Kambing Kacang


Perawatan yang baik dan membuat kambing merasa nyamanpun perlu dilakukan oleh peternak kambing, agar tidak rewel dan tidak stress.  Perawatan dan pemberian pakan kambing adalah salah satu aspek agar kambing tetap sehat dan bugar, tidak sering kelaparan. Umumnya pemberian pakan pada kambing kacang ini tergolong mudah, sediakan rumput hijau,daun dari pohon mindri, dan vitamin. daun dari pohon mindri adalah makanan favorit kambing kacang ini selain rumput, kemudian jika ada uang lebih berikan vitamin agar kambing kembal terhadap penyakit. dan pemberian air mineral yang cukup agar kambing tidak merasa kehausan, sediakan air 3 liter perhari untuk setiap ekor kambing kacang. Karena biasanya peternak hanya memberikan pakan saja dan air minum yang dibutuhkan kambing berkurang.


3. Merawat Kandang


Cara selanjutnya dalam beternak kambing kacang adalah dengan cara Merawat kandang, tidak hanya kambing kacang saja yang harus diperhatikan dan dirawat, kandang kambing pun perlu diperhatikan guna menjaga kestabilan agar kambing terjaga dan selalu dalam keadaan yang sehat. Biasanya Cara ini selalu disepelekan oleh peternak kambing, padahal cara perawatan inilah sangat membantu agar kambing yang dihasilkan mempunyai kualitas dan kambing  selalu dalam keadaan bersih .


Diutamakan kandang harus bersih, agar tidak menimbulkan segala macam jenis penyakit. penyakit yang datang pada kambing kacang ini biasanya di karenakan kandang yang tidak bersih, dan terlalu kotor. Kemudian berilah ventilasi udara pada kandang yang cukup agar kambing dapat menghirup udara segar yang berhembus, serta perlu diperhatikan ruangan kandang, berilah kapasitas ruangan yang sekiranya kambing bisa bergerak bebas dan tidak terganggu saat ingin mulai makan.


4. Penanggulangan Penyakit



Secara keseluruhan bagi sesorang yang ingin beternak hewan peliharaan tidak mungkin jika tidak menemukan jenis penyakit pada hewan yang di ternakkan tidak terkecuali beternak kambing kacang ini, yah benar penyakit pada hewan tersebut di sebabkan oleh beberapa virus. Tak Lain halnya dengan peternak kambing, untuk menjaga agar tetap sehat harus selalu menjaga kebersihan kambing maupun kandang, memberikan vitamin. tempat yang kotor adalah tempat dimana segala macam virus berada. penanggulangan yang tepat adalah selalu membersihkan kandang setidaknya seminggu sekali, serta menjaga keseimbangan yang lainnya.


Virus atau penyakit pada kambing kacang ini biasanya bisa menyebabkan kematian pada kambing, tidak memandang itu dari bibit yang unggul, karena pada dasarnya virus menyerang tidak memilih bibit, selain menyebabkan kematian biassanya kambing akan berbadan kurus atau biasanya kambing mengalami borok atau korengan. tips agar kambing selalu sehat adalah dengan cara memperhatikan kandang tersebut. perhatikan ventilasi yang ada dan ruang gerak tersebut, tak lupa pula berikan asupan vitamin agar daya tahan tubuh kambing menjadi kebal, itulah salah satu cara agar beternak kambing kacang tidak terserang penyakit.


5. Reproduksi Kambing Kacang


 Peternak yang sukses selalu memperhatikan kapan atau tahu dimana saat masa kawin kambing kacang tersebut dan Berapa umur kambing kacang tersebut mengalami masa reproduksi. Biasanya, jika anda menjadi peternak dari awal pembibitan maka kambing kacang tersebut bisa bereproduksi saat usia 1 tahun, 10 bulan juga bisa tapi tidak menutup kemungkinan anak kambing yang di hasilakan jelek. usahakan setalah usia 1 tahun kalender agar kambing benar-benar siap bereproduksi. Setelah kambing berusia satu tahun peternak akan mudah menghasilkan anak kambing, karena dalam satu tahun kambing kacang ini bisa bereproduksi 3 kali.


Menjadi peternak kambing dari awal mula pembibitan memang lama untuk menuai hasil, tetapi jika anda mempunyai modal yang lumayan dan ingin cepat kambing bereproduksi mulai lah dari kambing yang sudah berusia 1 tahun, dimana masa reproduksi kambing akan cepat dan tidak menunggu terlalu lama untuk memetik keuntungan.


6. Penjualan Kambing Masa Panen


Penjualan kambing kacang ini akan meningkat saat hari raya besar dan biasanya yang dipilih pembeli adalah kambing yang segar,berat, terbebas dari penyakit dan usia kambing yang sudah mencukupi. Jika anda peternak yang ingin sukses saya menganjurkan agar anda menernak kambing yang sudah berusia 1 tahun agar proses penjualan hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama, apalagi saat proses membudidayakan kambing ini anda menghitung bulan kapan saat masa panen tersebut anda bertepatan dengan hari besar sehingga harga jual kambing anda akan jauh meningkat dari yang biasanya.


Na itulah di atas artikel tentang 6 Cara Beternak Kambing Kacang Dengan Benar semoga bisa bermanfaat dan tak lupa say ucapkan banyak  terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "6 Cara Beternak Kambing Kacang Dengan Benar"

Posting Komentar