-->

4 Cara Memilih Beni Ikan Lele yang Baik dan Berkualitas

4 Cara Memilih Beni Ikan Lele yang Baik dan Berkualitas - Alhamdulillah sobat dimana saja berdada ketemu lagi dengan kami di hewanternak pada kesempatan ini kami akan membahas suatu artikel dengan judul 4 Cara Memilih Beni Ikan Lele yang Baik dan Berkualitas, Untuk hasil panen yang baik dalam budidaya ikan lele, tentu saja kita harus memilih benih lele dengan kualitas yang baik yang merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pembesaran ikan lele. Kualitas benih ikan lele yang akan dibudidayakan sangat menentukan kesuksesan budidaya lele.











4 Cara Memilih Beni Ikan Lele yang Baik dan Berkualitas
4 Cara Memilih Beni Ikan Lele yang Baik dan Berkualitas


Jika terjadi kesalahan dalam memilih benih lele, maka bisa saja usaha budidaya lele akan mengalami kegagalan. Ada beberapa kriteria yang setidaknya harus kita ketahui sebelum membeli benih lele.memilih benih lele berkualitas

Berikut adalah beberapa tips singkat tentang cara memilih benih lele yang berkualitas.


1. Kesehatan (Amati Fisik dan Gerakannya)


Benih lele yang berkualitas memiliki ukuran tubuh yang proporsional (ukuran kepala dan tubuh seimbang), tidak cacat, tidak luka, sungut tidak pucat dan warna tubuh cerah dan mengkilap. Selain itu ciri benih lele yang sehat adalah gerakan aktif, lincah, tidak menggantung serta tidak bergerombol di pojok kolam.


2. Ukurannya Seragam


Ukuran benih lele yang tidak seragam akan mengakibatkan pertumbuhan lele menjadi tidak serempak. Ikan lele bersifat kanibal, jika lapar maka ikan lele yang berukuran besar akan memangsa lele lain yang ukurannya lebih kecil. Jika kita menghendaki ukuran benih 5 cm maka sebaiknya toleransi benih ukuran 4 cm dan 6 cm masing-masing tidak lebih dari 10 % populasi.


3. Riwayat Induk/Keturunan.


Berasal dari induk yang unggul. Bukan hasil pemijahan (perkawinan) dengan tingkat kekerabatan yang dekat (inbreeding).


4. Riwayat Penyakit


Ikan pernah sakit atau tidak? Jika benih lele pernah sakit tanyakan bagaimana kronologis dan cara penanganannya. Apakah menggunakan antibiotik, vitamin, atau probiotik, atau bahkan perlakuan teknis saja. Tidak disarankan menggunakan antibiotik dengan dosis berlebihan karena penyakit/bakteri akan bersifat kebal sehingga memerlukan dosis yang lebih tinggi.


Demikianlah artikel tentang 4 Cara Memilih Beni Ikan Lele yang Baik dan Berkualitas , semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di hewantenak.com

0 Response to "4 Cara Memilih Beni Ikan Lele yang Baik dan Berkualitas"

Posting Komentar