-->

3 Ciri Pokok Ikan Lele Yang Sudah Kenyang

3 Ciri Pokok Ikan  Lele Yang Sudah Kenyang - Alhamdulillah atas nikmat yang diberikan kepada kita semua oleh Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan kepada kita semua sehingga kami dari tim hewanternak, akan membahas sautu artikel dengan judul 3 Ciri Pokok Ikan Lele Yang Sudah Kenyang.




Ikan Lele, secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan pula apabila lele di Nusantara mempunyai banyak nama daerah. Antara lain: ikan kalang (Sumatera Barat), ikan maut (Gayo), ikan seungko (Aceh), ikan sibakut (Karo), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makassar), ikan cepi (Sulawesi Selatan), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) atau ikan keli (Malaysia), ikan 'keli' untuk lele yang tidak berpatil sedangkan disebut 'penang' untuk yang memiliki patil (Kalimantan Timur).

Di negara lain dikenal dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), gura magura (Srilangka), dan  (Tiongkok). Dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Nama ilmiahnya, Clarias, berasal dari bahasa Yunani chlaros, yang berarti ‘lincah’, ‘kuat’, merujuk pada kemampuannya untuk tetap hidup dan bergerak di luar air.

Ikan-ikan marga Clarias dikenali dari tubuhnya yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan sirip anus yang juga panjang, yang kadang-kadang menyatu dengan sirip ekor, menjadikannya nampak seperti sidat yang pendek. Kepalanya keras menulang di bagian atas, dengan mata yang kecil dan mulut lebar yang terletak di ujung moncong, dilengkapi dengan empat pasang sungut peraba (barbels) yang amat berguna untuk bergerak di air yang gelap. Lele juga memiliki alat pernapasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya.



Terdapat sepasang patil, yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya. Ada yang mengatakan,bahwa patil ini tidak hanya tajam tetapi juga beracun dan mengakibatkan panas tinggi jika orang tak sengaja terkena patil tersebut, ketika memberi pakan ikan lele, tentunya ikan lele akan menjadi kenyang. Ketika ikan lele sudah kenyang, sebaiknya kita hentikan memberi pakan ikan lele kita. Disamping membuang-buang pakan, memberikan pakan yang berlebihan dapat berakibat buruk bagi ikan lele. Endapan pakan ikan yang tidak termakan akan menimbulkan racun yang dapat menyerang ikan-ikan lele kita.






  • Pemberian pakan ikan lele


Endapan pakan ikan berpotensi menjadi racun amoniak yang bisa membunuh lele itu sendiri. Tanda-tanda lele sudah kenyang, diantaranya jika 25% lele yang berebut makan meninggalkan arena perebutan pakan.

Berikut adalah beberapa ciri ikan lele yang sudah kenyang:



  1. Riakan air akibat lele berebut makan mulai berkurang.

  2. Tersisa beberapa butir pelet terapung yang tidak segera dilahap.

  3. Ada butir pelet dalam waktu 3 menit tidak lilahap, atau lele malas-malasan ketika ditebar pakan.


Nah itulah sobat dimana saja berada artikel tentang 3 Ciri Pokok Ikan  Lele Yang Sudah Kenyang, penulis sangat mengharapkan atikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, terlebih khususnya bagi teman - teman yang mempunyai usaha atau bisnis budidaya ikan lele, dengan adanya artikel ini bisa memberikan petunjuk kepada peternak dalam usaha pemberian pakan untuk budidaya ikan lele,tanda-tanda kekenyangan ikan lele perlu diketahui, dan hal ini cukup penting untuk peternak ikan lele.

0 Response to "3 Ciri Pokok Ikan Lele Yang Sudah Kenyang"

Posting Komentar