-->

10 Cara Menghidari Penyakit Pada Budidaya Ikan Lele

10 Cara Menghidari Penyakit Pada Budidaya Ikan Lele - Pada kali ini artikel yang akan kami bahas adalah 10 Cara Menghidari Penyakit Pada Budidaya Ikan Lele, Meskipun telah mengikuti prosedur yang benar dalam budidaya ikan lele, terkadang ikan lele yang kita budidayakan suka terserang penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit menular. Lebih lagi jika penangan air yang kurang baik, atau juga bissa disebabkan faktor-faktor lain, dibawah ini adalah 10 cara untuk menghindari menularnya penyakit pada ikan lele.ikan lele dumbo sangkuriang phyton










10 Cara Menghidari Penyakit Pada Budidaya Ikan Lele
10 Cara Menghidari Penyakit Pada Budidaya Ikan Lele


Untuk menghindari terjadinya penularan penyakit, maka hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut:



  1. Segera untuk memindahkan bilamana ada ikan lele yang menunjukan gejala terserang penyakit dan segera obati secara terpisah dari lele lainnya.

  2. Bila ada ikan lele yang sudah terlihat cukup parah dianjurkan segera dimusnahkan saja karena walaupun diobati dan dapat sembuh lele tersebut tidak akan normal pertumbuhannya.

  3. Awas jangan pernah melakukan pembuangan air limbah (bekas) lele yang terserang penyakit ke saluran air yang ada ikannya.

  4. Bila menggunakan kolam tanah dan terserang penyakit maka segeralah keringkan kolam, segera beri pengapuran. Untuk proses pengapuran rekan budidaya lele bisa menggunakan dosis 1kg untuk 1 meter/segi, usahakan menebar kapur sampai rata semua di dasar kolam, jangan di isi dulu air sampai tanah benar-benar kering dan retak-retak.

  5. Padat tebar di kolam yang terserang penyakit usahakan untuk dikurangi dari biasanya.

  6. Bila mau menggunakan peralatan seperti serok ataupun wadah maka usahakan untuk mencelupkannya terlebih dahulu kedalam larutan PK atau larutan kaporit, ini dimaksudkan agar peralatan yang kitagunakan tidak terkontaminasi alias sucihama.

  7. Bila kita habis memegang ikan lele yang terserang penyakit, usahakan untuk mencuci tangan kita dengan larutan PK

  8. Jangan lupa untuk dibiasakan membersihkan lumpur yang ada pada dasar kolam serta sisa-sisa bahan organik lainnya.

  9. Aturlah agar kolam selalu mendapatkan pasokan air baru yg bersih dari penyakit.

  10. Dan yang terpenting adalah meningkatkan gizi pakan yang kita berikan serta tambahkan pula vitamin agar ikan mempunyai daya tahan tubuh yang baik.


 
Demikianlah artikel tentang 10 Cara Menghidari Penyakit Pada Budidaya Ikan Lele, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai  ketemu lagi pada update artikel terbaru berikutnya bersama dengan kami di hewanternak.net

0 Response to "10 Cara Menghidari Penyakit Pada Budidaya Ikan Lele"

Posting Komentar