-->

Tips Cara Pembesaran atau Pendederan Budidaya Ikan Gurame

Tips Cara Pembesaran atau Pendederan Budidaya Ikan Gurame - Pada Kesempatan ini penulis dari https://www.tongkis.com/ akan mencoba membahas secara detail tentang tips cara pembesaran atau yang biasa dikenal dengan nama pendederan budidaya ikan gurame, Setelah berumur seminggu, biasanya benih-benih mulai bisa dideder di kolam yang telah dipersiapkan. Pendederan bertujuan untuk membesarkan benih yang masih lemah di dalam kolam luas dengan ketersediaan pakan alami yang berlimpah.


Pendederan bisa dilakukan di kolam yang luasnya antara 50—250 m2. Kolam ini sebelumnya dikeringkan agar bibit penyakit hilang dan kualitas kolamnya diperbaiki. Selain itu, kolam diberi pupuk dan dialiri air yang tidak tercemar. Pemasukan air harus melewati saringan agar terhindar dari hama pemangsa benihatau hama kompetitor makanan seperti gabus dan mujair.






Saringan harus dipasang di depan pintu pemasukan air (inlet). Pemupukan dilakukan sehari sebelum pemasukan air yaitu dengan pupuk kandang sebanyak 1 kg/m2. Setelah 7—10 hari dari pemupukan, benih-benih gurami sudah bisa ditebar ke kolam dengan tambahan pakan alami. Penebaran benih dilakukan pagi atau sore hari saat suhu air rendah secara hati-hati.


Suhu antara kolam dan baskom harus disesuaikan dengan mengapungkan baskom di permukaan kolam. Sekitar 10—15 menit, baskom digulingkan secara perlahan. Dengan cara yang demikian, akan banyak membantu benih untuk mengadaptasikan diri dengan lingkungan sehingga mortalitasnya akan rendah. Untuk pendederan pertama, padat tebar benih sebanyak 20—40 ekor/m2.


Jadi, untuk kolam seluas 50 m2, dapat ditebarkan benih sebanyak 1.000—2.000 ekor. Benih gurami tergolong lambat pertumbuhannya sehingga tidak heran bila selama masa pendederan (3 bulan), benih baru berukuran 2—3 cm dengan bobot baru 2,5 g/ekor atau 400 ekor/kg.


Pendederan kedua dapat dilakukan dengan kolam berukuran lebih luas atau sama dengan mengurangi kepadatan. Setelah dideder selama 3 bulan lagi, benih tersebut akan tumbuh lebih besar sekitar 5—8 cm atau sekitar 120 ekor setiap 1 kg. Benih-benih berukuran seperti ini bisanya mulai dijual oleh para petani gurami. Pendederan bisa dilanjutkan sampai mencapai ukuran tertentu.


Misalnya ingin mencapai ukuran 8—11 cm atau 14—18 cm pada luas kolam yang sama. Dari ukuran tersebut, dapat diperoleh gurami konsumsi dalam waktu 4—6 bulan.


na itulah beberapa tips dari saya mengenai cara pembesaran atau pendederan budidaya ikan gurame, mudah-mudahan artikel bisa bisa dijadikan referensi dari bagi yang berkecimpung dalam usaha budidaya ikan gurame.

0 Response to "Tips Cara Pembesaran atau Pendederan Budidaya Ikan Gurame"

Posting Komentar