-->

Tips Cara Membedakan Ikan Arwana Hijau dengan Ikan Arwana Irian

Tips Cara Membedakan Ikan Arwana Hijau dengan Ikan Arwana Irian - Pada Kesempatan ini admin www.hewanternak.net akan membahas tentang cara Membedakan Arwana Hijau dengan Arwana irian,  Kedua jenis ikan ini termasuk keluarga Sceloropages.


Untuk membedakannya anda dapat melihat dari bentuk tubuhnya, ikan Arwana Irian (Sceloropages leichardti) bentuk tubuhnya compressed, lebar, dan tebal. Pada tubuhnya terdapat bercak merah atau kuning dan warna pada sirip dan tubuhnya didominasi oleh warna hijau tua. Selain itu anda juga dapat memperhatikan pada bagian mukanya terdapat guratan kemerahan.




Oleh karena itu juga dikenal dengan nama Northern Spotted Barramundi. Untuk Ikan Arwana Irian yang memiliki kualitas yang baik dapat terlihat dari sirip dan sisiknya yang utuh, sungutnya tidak tertekuk atau patah, pada bola mata tampak bening dan tidak menderita juling.


Agar pilihan anda lebih mantap perhatikan juga warna bercak dan jumlah bercak yang pas pada setiap sirip. Jadi jika ikan tersebut memiliki bercak merah pada kedua siripnya dengan jumlah yang hampir sama maka ikan tersebut layak untuk anda pelihara.


Ciri ikan arwana hijau (Green Arwana Bonytongue) dapat dilihat dari bentuk tubuhnya semicompressed dan agak memanjang, untuk arwana hijau yang memiliki panjang sekitar 12 cm memiliki warna kuning kemerahan pada siripnya hampir mirip dengan ikan arwana banjar merah. Jenis ikan arwana ini biasa disebut arwana banjar kuning, sampit kuning, atau sampit merah. Nama akan berubah menjadi pino setelah ukurannya mencapai 20 cm.


Agar anda tidak terkecoh dengan pemberian nama oleh para penjual sebaiknya anda membeli ikan arwana hijau setelah mencapai ukuran 20 sampai 25 cm. Disamping itu yang harus diperhatikan adalah kesehatan matanya, jenis arwana ini matanya cenderung mudah mengalami juling. Jika dilihat dengan seksama pada mata bagian atas terlihat menonjol.


Selain memperhatikan kesehatan matanya perhatikan juga bentuk sisik yang dimiliki ikan arwana hijau ini, pilihlah ikan arwana yang memiliki sisik tumbuh sejajar, rata dan sama besarnya pada bagian punggungnya, karena ikan arwana dengan ciri seperti itu disebut sang naga hijau (sebagian orang percaya ikan ini membawa hoki).


Sampai disini pembahasan mengenai bagaimana membedakan arwana irian dan arwana hijau, semoga dapat menambah referensi bagia anda yang sedang mencarinya.

0 Response to "Tips Cara Membedakan Ikan Arwana Hijau dengan Ikan Arwana Irian"

Posting Komentar