-->

Solusi Jika Listrik Terlalu Lama Padam di Aquarium Ikan Arwana

Solusi Jika Listrik Terlalu Lama Padam di Aquarium Ikan Arwana - Jika listrik kebetulan mati maka otomatis air di dalam aquarium tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Mungkin muncul pertanyaan dalam benak anda berapa waktu yang dibutuhkan agar arwana dapat bertahan hidup dalam kondisi tidak ada oksigen dari aerator, kemudian apa yang harus dilakukan jika listriknya mati telalu lama.


Ikan arwana sebenarnya tidak memerlukan oksigen yang terlalu banyak tidak seperti ikan koi atau mas koki. Jadi adanya filter untuk menyuplai oksigen tidak memiliki pengaruh yang besar untuk ikan arwana tapi filter memiliki fungsi untuk menyaring kotoran agar air tidak menjadi keruh karena kotoran hal ini menyebabkan nitrit meningkat dan juga mikroorganisme dapat berkembang dengan cepat.




Jika anda mengalami kondisi seperti itu gantilah air setengah saja dengan air yang jernih. Hindari pemberian makanan seperti udang atau hewan hidup lainnya yang memerlukan banyak oksigen terlarut dalam air karen hewan tersebut akan mati sebelum dimakan oleh ikan arwana dan dapat mengotori air. Jadi berikanlah makanan biasa tapi cukup dikasih satu kali saja dalam sehari supaya kotoran ikan arwana tidak terlalu banyak. Untuk mengganti air lakukan dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore.


Cara meningkatkan suhu air aquarium dan supaya suhu aquarium tetap stabil mungkin akan dibutuhkan bagi anda yang meletekan aquarium di dalam ruangan ber AC yang memiliki temperatur suhu sekitar 19 sampai 20 derajat C dan suhu air waktu malam sekitar 17 sampai 17 derajat C. Di alam ikan arwana hidup dengan suhu udara antara 24 samapi 30 derajat C di wilayah tropis, dan pada malam suhu air sekitar 21 sampai 23 derajat C.


Jika suhu air terlalu rendah ikan arwana akan kehilangan nafsu makan karena mengalami stres, dengan ciri ikan arwana akan diam berada di pojok. Oleh karena itu gunakan pemanas air agar kondisi air tidak terlalu dingin dengan memasang pada suhu 26 derajat C. Apabila suhu air terlalu panas atau dingin heater akan menyetabilkannya.


Agar suhu air dapat dikontrol, gunakanlah termometer. Tujuan dari pemasangan heater dengan suhu 26 derajat C agar suhu air dapat mengimbangi suhu yang berada di luar aquarium. Jangan memasang suhu heater terlalu tinggi, dikhawatirkan kaca aquarium akan pecah karena perbedaan suhu di dalam aquarium dan di luar aquarium.


Sebaiknya ketika malam hari anda memasang stereo-foam di setiap sisi aquarium agar suhu air di dalam aquarium tidak terpengaruh oleh suhu malam di ruangan. Agar stereo-foam terlihat rapih gunakan cutter untuk memotongnya sesuai dengan ukuran aquarium, untuk ketebalannya sendiri sekitar 1 cm. Gunakan doubletip untuk menempelkannya pada kaca aquarium.


Pemasangan stereofoam bertujuan supaya suhu dari AC dapat diredam sehingga suhu air tidak terpengaruh oleh suhu AC. Stereofoam dapat anda peroleh di toko perlengkapan ikan hias atau toko furniture. Selain menggunakan stereofoam anda dapat menggunakan karton yang tebal dan gunakan karton yang polos karena jika terdapat tulisan seperti pada karton bekas pembungkus barang elektronik ikan arwana akan stres

0 Response to "Solusi Jika Listrik Terlalu Lama Padam di Aquarium Ikan Arwana"

Posting Komentar