-->

Sejarah Singkat dan Klasifikasi Morfologi Ikan Gurame

Sejarah Singkat dan Klasifikasi Morfologi Ikan Gurame - Pada Kesempatan ini penulis akan mencoba menjabarkan tentang sejarah singkat ikan gurame serta klasifikasi struktur morfologi ikan gurame sebagai berikut :





a. Sejarah singkat ikan gurame


Gurame merupakan ikan asli perairan Indonesia yang diperkirakan sudah dipelihara sejak zaman Raja Galuh di Priangan Timur, yang sekarang menjadi kabupaten Ciamis.


Pada saat itu gurame hanya dinikmati oleh kalangan kerajaan. Pemeliharaan gurame lalu menyebar ke berbagai daerah di Ciamis seperti Cikoneng, Cijeungjing, Purbaratu, Sadananya, Bojongnangka, Sikamenak, Cibodas, Galunggung, Kawalu, lalu ke Singaparna di Tasikmalaya.


b. Klasifikasi ikan gurame

Di berbagai Daerah, gurame dikenal dengan berbagai sebutan, di antaranya, gurameh (Jawa), gurame (Sunda, Betawi), kalau, kala, alui (Sumatera). Dalam bahasa Inggris, gurami disebut giant gouramy. Menurut Bleeker yang kemudian disempurnakan oleh Sunier, Weber, dan De Beaufort, klasifikasi gurami sebagai berikut.


Filum               : Cordata

Subfilum         : Vertebrata

Kelas               : Pisces

Bangsa            : Labirinthici

Suku               : Anabantidae

Marga             : Osphronemus

Spesies           : Osphronemus gouramy Lac


c. Sementara itu, morfologi gurami sebagai berikut.



  1. Bentuk badan oval agak panjang, pipih, dan punggung tinggi

  2. Mulut kecil, dengan rahang atas dan bawah tidak rata. Di bagian rahang terdapat gigi-gigi kecil berbentuk kerucut. Deretan gigi sebelah luar lebih besar dibandingkan dengan gigi sebelah dalam. Ikan yang sudah tua memiliki dagu menonjol.

  3. Badan berwarna kecoklatan dengan bintik hitam pada sirip dada. Ukuran sisik besar.

  4. Pada jari pertama sirip perut terdapat alat peraba berupa benang panjang.

  5. Memiliki alat pernapasan tambahan (labirin) yang berfungsi menghirup oksigen langsung dari udara. Alat berupa selaput yang berkelok-kelok dan menonjol ini terdapat di tepi atas insang pertama. Pada labirin terdapat pembuluh kapiler yang memungkinkan gurami untuk mengambil oksigen langsung dari udaha dan menyimpannya.

  6. Pada gurame muda, di depan sirip duburnya terdapat bintik hitam yang menandakan bahwa gurami itu masih berusia muda.

  7. Pada ikan yang sudah tua, terdapat duri di sirip punggung dan sirip dubur yang ukurannya akan semakin besar.


Demikian artikel ini, moga - moga bermanfaat bagi pembaca terutama bagi penulis sendiri, sampai ketemu lagi pada pokok pembahasan lain mengenai ikan gurame juga.

0 Response to "Sejarah Singkat dan Klasifikasi Morfologi Ikan Gurame"

Posting Komentar