-->

Panduan Praktis Bagi Pemula untuk Memelihara Ikan Arwana

Panduan Praktis Bagi Pemula untuk Memelihara Ikan Arwana - Jika Anda sedang berencana untuk memelihara ikan arwana untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah, tapi tidak tahu harus mulai dari mana, tidak perlu khawatir semoga dengan adanya tulisan ini www.hewanternak.net dapat membantu Anda dalam memilih dan bagaimana cara merawat ikan arwana yang sudah dimiliki.


Pertama, Anda harus mengetahui jenis ikan arwana yang paling tepat untuk Anda pelihara. Yang memiliki harga paling murah dan paling mudah dalam perawatannya adalah ikan arwana jenis silver.




Ikan arwana silver dapat dengan mudah ditemukan di para penjual ikan hias, ikan jenis ini dapat tumbuh sepanjang 100 cm. Ikan arwana jenis lain yang tidak kalah adalah arwana jenis black brazil, di alam liar ikan jenis ini juga dapat tumbuh seperti arwana silver, tapi jika di penangkaran hal ini jarang terjadi.


Ikan arwana yang paling banyak dicari adalah arwana golden, ikan jenis ini adalah salah satu yang sangat populer dikalangan hobiis, karena dianggap membawa keberuntungan, terutama dalam hal bisnis.


Dikarenakan arwana jenis golden berada dalam daftar dilindungi, Anda harus sedikit berhati-hati dalam membelinya, pastikan bahwa sudah mengantongi izin dan dokumen yang diperlukan untuk memeliharanya.


Sekarang mari kita membahas mengenai merawat ikan arwana yang sudah Anda beli. Karena ikan arwana dapat tumbuh hingga sepanjang 1 meter lebih, maka penampungan yang cukup besar diperlukan dengan kurang lebih 300 liter air, hal ini agar ikan arwana dapat berenang dengan leluasa di dalam akuarium.


Ikan arwana termasuk perenang yang aktif dan mereka membutuhkan ruangan yang cukup untuk mengubah posisi dan bergerak di dalam akuarium. Selain itu ikan arwana dikenal suka melompat hingga 2 meter jika di alam liar, jadi disarankan akuariumnya dikasih penutup, hal ini untuk mencegah ikan arwana melompat dan mendarat di lantai, tentu hal ini adalah hal yang tidak diinginkan bukan.


Selain itu juga Anda harus menyiapkan sebuah filter yang, agar airnya selalu bersih dan tidak kotor. Usahakan ikan arwana tidak disatukan dengan ikan lain yang sekiranya dapat dimakan olehnya, karena di alam liar ikan arwana termasuk ikan predator.


Untuk makanan ikan arwana yang baik diberikan adalah berupa serangga, karena ikan arwana termasuk hewan karnivora. Makanan lain berupa pelet terkadang harus diberikan, agar adanya variasi dalam pemberian makanan. Tapi jika mereka menyukainya , jika hanya menyukai makanan hidup jangan dipaksakan memberikan pelet.


Karena terdapat beberapa laporan ikan arwana mati dikarenakan kelaparan karena tidak menyukai makanan yang diberikan. Apabila ikan arwana dirawat dengan baik, kemungkinan umurnya akan lebih lama dan kesehatannya tetap prima.

0 Response to "Panduan Praktis Bagi Pemula untuk Memelihara Ikan Arwana"

Posting Komentar