-->

Metode Mengobati Mata Juling Pada Arwana dan Pencegahannya

Metode Mengobati Mata Juling Pada Arwana dan Pencegahannya - Untuk mengobati mata juling pada arwana perlu diperhatikan apa penyebabnya terlebih dahulu. Karena ikan arwana termasuk ikan yang tidak gampang terserang penyakit yang diakibatkan oleh jamur atau bakteri sekalipun dikarenakan fisiknya termasuk kuat. Tetapi ikan arwana sangat rentan terhadap yang namanya cedera dan mudah stres. Agar ikan arwana tetap sehat semua penyakit yang menghinggapinya harus sesegera mungkin diatasi sebelum bertambah parah.


Biasanya yang menyebabkan mata ikan arwana juling adalah pemberian pakan yang posisinya berada di dasar akuarium misalnya cacing atau udang. Tapi tidak hanya makanan saja yang menjadi penyebab, bisa juga dikarenakan cahaya lampu di dasar akuarium yang menarik perhatian ikan arwana untuk terus menerus memandang ke arah bawah.




Agar cahaya lampu tidak memantul dapat diatasi dengan memberikan hamparan batu yang berwarna gelap pada dasar akuarium. Selain itu meletakkan akuarium terlalu tinggi melebihi 75 cm dari dasar lantai dan meletakkan benda-benda kecil tepat di depan akuarium dapat juga menjadi penyebab mata arwana juling. Meskipun mata arwana yang juling jika dibiarkan tidak akan mengalami kebutaan, tapi jika sudah terlalu parah cara berenangnya tidak tegak lagi seperti biasa juga terkadang berenang terlentang. Disamping itu, arwana tidak dapat mengambil makanan yang berada di permukaan air.


Cara mengobati mata arwana yang juling satu-satunya jalan adalah dengan cara operasi. Berikut ini adalah proses mengobati mata arwana juling:




  1. Sediakan kain atau spon untuk alas operasi dan letakkan di dekat keran air.

  2. Sediakan gunting yang kecil khusus untuk operasi dan pinset yang memiliki ukuran 15 cm.

  3. Ikan arwana yang akan dioperasi dimasukkan de dalam wadah yang sudah diberikan larutan pembius yaitu MD 400 dengan dosis setengah sendok makan untuk sepuluh liter air. Biarkan sampai ikan mengapung terlentang. Selain itu dapat juga menggunakan obat bius MS222 sebanyak 5 gr yang dilarutkan ke dalam 100 ml air. Sebanyak 20 ml larutan dituang ke dalam 20 liter air.

  4. Jika arwana sudah pingsan kemudian angkat lalu letakkan pada kain atau spon yang telah disediakan sebelumnya.

  5. Pegang bagian muka ikan dan potong sedikit kelopak mata bagian bawah yang mutupi mata agar mata yang sudah terlanjur masuk dapat dikeluarkan.

  6. Jika mata sudah keluar, tekan dan putar bola mata ke arah atas sampai bola mata yang biasa terlihat terbenam semua ke dalam rongga mata.

  7. Pada bola mata biagian bawah akan terlihat lapisan lemak yang berwarna putih dan menyelimuti bola mata. Kemudian ambilah dan bersihkan lapisan lemak tersebut menggunakan pinset. Selama pembersihan teteskan air yang bersih agar lemak cepat hilang.

  8. Setelah lemak berhasil dibersihkan, kembalikan posisi mata seperti semual dan proses mengobati mata arwana yang juling telah selesai.

  9. Setelah selesai operasi arwana harus dimasukkan ke dalam akuarium khusus perawatan. Pegang arwana di bawah kucuran air dari aerator filter untuk menyadarkannya kembali. Jika arwana mulai sadar, segera lepaskan dan masukkan 2 sampai 3 ekor arwana yang ukuran tubuhnya lebih kecil ke dalam akuarium yang sama agar bola matanya main saat memandang ikan di sekitarnya.

  10. Teteskan obat antibiotik seperti Root Stop, Super Internal, atau Tetracicline sebanyak 5 sampai 6 tetes untuk akuarium yang memiliki ukuran 100 cm x 50 cm untuk melindungi dari penyakit.

  11. Setelah satu sampai dua bulan masa perawatan, arwana dapat dipindahkan kembali ke dalam akuarium asalnya.


 
Operasi mata juling pada arwana memerlukan waktu selama 10 sampai 15 menit. Tapi, apabila anda belum pernah melakukannya dapat mengakibatkan resiko kebutaan pada arwana. Oleh karena itu disarankan jika anda belum melakukannya serahkan pada orang yang sudah ahli. Hal ini bertujuan agar ikan anda tidak mengalami kebutaan. Untuk mencegah agara mata arwana tidak kembali juling, kaca depan bagian bawah sebaiknya ditutup dengan triplek atau stereoform dan berikan makanan yang posisinya berada di permukaan seperti jangkrik, belalang, katak dll

0 Response to "Metode Mengobati Mata Juling Pada Arwana dan Pencegahannya"

Posting Komentar