-->

Manfaat Ikan Kerapu Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Kerapu Bagi Kesehatan - Alhamdulillah sahabat dimana saja berada, pada malam hari ini saya akan memberikan update terbaru artikel dengan Judul Manfaat Ikan Kerapu Bagi Kesehatan.Harga ikan kerapu boleh tinggi atau mahal karena memang memiliki cita rasa yang enak dan lezat dengan tekstur yang liat tapi lembut. Dengan manfaat yang seabreg itu, ikan ini semakin menjadi idola para pelaku kuliner.


Bahkan pada tahun 1970 peneliti dari Denmark menemukan fakta bahwa walaupun orang Eskimo banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi,  tetapi kasus kematian akibat penyakit jantung koroner rendah. Mengapa? Jawabannya: Bahwa mereka mempunyai kebiasaan mengonsumsi ikan! Bagaimana dengan orang Jepang? Kelihatannya hampir sama.











Manfaat Ikan Kerapu Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Kerapu Bagi Kesehatan

Cuma orang Jepang memang kurang dalam mengkonsumsi lemak karena masakan Jepang disajikan secara mentah atau direbus dengan sedikit menggunakan minyak goreng dan, ya itu tadi: banyak mengkonsumsi ikan.


Bagi orang di Asia Timur seperti Jepang, Hongkong, China dan Taiwan, kerapu adalah ikan khusus. Khusus dalam artian bahwa ikan ini memiliki  nilai keberuntungan apalagi dengan warna merahnya. Dinegara tersebut, ikan kerapu dikonsumsi oleh golongan menengah keatas dan yang paling disenangi  adalah dengan size 500 gram – 1.200 gram dari jenis kerapu lumpur, sunu, macan dan lodi.


Harga ikan kerapu ini akan menanjak naik manakala akan menghadapi Hari Raya Imlek dan harga ikan kerapu ini berada pada kisaran terendah pada Hari Raya Ching Bing ( mengunjungi makam leluhur dimana dipantangkan makan ikan selama 4 hari ). Dan mereka ini enggan mengkonsumsi kerapu budidaya dan memilih kerapu tangkapan alam dengan alasan psikologis bahwa kerapu budidaya mempunyai nilai keberuntungan yang lebih rendah.

 

Apa Manfaat Ikan Kerapu?


Dibeberapa Negara, penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama kematian atau cacad akibat stroke. Mengkonsumsi ikan kerapu secara teratur akan memberi manfaat bagi kesehatan yakni mampu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.


Penyakit jantung disebabkan oleh banyak faktor individu seperti genetika, gaya hidup maupun pola makan. Dengan mengkonsumsi ikan kerapu akan memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi jika dibadingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi ikan sama sekali.


Ikan ini mengandung Omega 3 (salah satu jenis lemak tak jenuh yang sangat baik bagi tubuh) dengan kandungan 200 mg yang mempunyai efek mampu mencerdaskan anak-anak, menyehatkan mata, menurunkan kadar kolesterol tinggi, anti inflamasi dan mencegah penyakit alzheimer. Disamping itu ikan ini juga mengandung asam amino, vitamin B kompleks, taurin dan selenium yang berfungsi membangun jaringan, meningkatkan imunitas tubuh, merawat sistim pencernaan dan antioksidan.


Dengan demikian maka wajar apabila harga ikan kerapu tetap stabil pada papan atas dibanding dengan harga ikan lainnya.


Apa kelemahannya?


Ternyata ikan kerapu mengandung merkuri yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan ganggguan perkembangan saraf pada janin, bayi dan anak-anak. Juga mengganggu kemampuan kognitif, bahasa, memori,  motorik halus, perhatian dan kemampuan visual spasial. Umumnya sistim saraf janin lebih rentan  terhadap paparan merkuri dibanding dengan orang dewasa. Itu sebabnya ibu hamil tidak direkomendasikan  mengkonsumsi ikan kerapu.


Sebagai catatan, ikan dengan merkuri yang rendah terdapat pada lele, teri, udang, salmon, nila dll. Adapun ikan dengan merkuri sedang terdapat pada ikan cakalang, lobster, tuna dan lain-lain. Kandungan merkuri tertinggi terdapat pada kerapu, makarel, hiu, todak, tile fish dan orange roughfy.


Walaupun Anda pengonsumsi ikan kerapu dan walaupun harga ikan kerapu cukup mahal, tetapi sikapilah dengan  hati-hati dalam  menjaga keseimbangannya untuk menjaga badan tetap sehat dan kebiasaan mengkonsumsi ikan kerapu  bisa jalan terus.


Khusus wanita hamil

 

Secara teori, wanita hamil membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita dewasa biasa apalagi masuk pada kehamilan trisemester pertama. Pada saat itu perkembangan otak janin mulai terbentuk dan sangat sensitif terhadap semua zat yang masuk kedalam tubuh. Bagi ikan kerapu yang memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi berpotensi menghambat perkembangan sistim saraf pusat si jabang bayi. Sebagai bahan pertimbangan, gangguan yang potensial bisa terjadi pada janin dengan mengonsumsi ikan kerapu yang mengandung merkuri cukup tinggi sebagai berikut :



  1. Terganggunya perkembangan syaraf.

  2. Perkembangan kemampuan kognitif, bahasa dan memori otak kurang optimal.

  3. Syaraf motorik janin bisa terganggu.

  4. Untuk menjaga keamanan janin seyogyanya ibu hamil tidak mengkonsumsi ikan kerapu sampai melahirkan.


Nah itulah artikel tentang Manfaat Ikan Kerapu Bagi Kesehatan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua amien3x. dan sampai jumpa lagi dengan update artikel terbaru bersama kami di hewanternak.net

0 Response to "Manfaat Ikan Kerapu Bagi Kesehatan"

Posting Komentar