-->

Macam - Macam Makanan yang Bergizi unuk Ikan Arwana

Macam - Macam Makanan yang Bergizi unuk Ikan Arwana - Ada banyak jenis makanan ikan arwana yang dapat kita berikan. Mulai dari serangga sampai amfibi, mulai dari cacing dan bahkan makanan buatan. Ada banyak makanan yang tersedia untuk semua jenis ikan arwana.


Pada tulisan ini, kita akan membahas mengenai serangga yang disukai oleh ikan arwana sebagai makanannya. Topik utama pada tulisan ini adalah mengenai jangkrik dan kecoa.







  • Jangkrik


 
Kandungan nutrisi yang ada pada jangkrik akan memenuhi kebutuhan nutrisi ikan arwana. Untuk makanan jenis ini jarang menjadi pembawa penyakit atau menjadi penyebab gangguan pada kesehatan ikan arwana.


Yang perlu diperhatikan adalah untuk melepaskan bagian yang keras yang ada pada jangkrik ketika akan diberikan ke ikan arwana, hal ini untuk mencegah gangguan pada perutnya. Pastikan juga jangkrik yang berikan adalah hasil budidaya, bukan hasil tangkapan di alam liar.


Hal ini untuk mencegah jangkrik yang terkontaminasi oleh insektisida karena sedikit berbahaya untuk kesehatan ikan arwana. Ukuran dari jangkrik juga harus sesuai dengan ukuran ikan arwana. Jika ada beberapa jangkrik yang mati dapat diawetkan dengan cara didinginkan.


Agar jangkrik tetap hidup dan mengandung cukup nutrisi, kita dapa memberi makan jangkrik berupa buah yang mengandung vitamin A seperti wortel dan labu, hal ini dapat berguna untuk kebutuhan nutrisi ikan arwana. Vitamin A bermanfaat untuk meningkatkan warna pada ikan arwana, terutama ikan arwana merah atau red arwana.


Kesimpulannya, terdapat banyak manfaat dengan memberikan jangkrik sebagai makanan ikan arwana. Dan hal yang harus selalu kita perhatikan dalam pemberian makan ikan arwana adalah makanan yang bervariasi supaya ikan arwana tidak mengalami ganguan pencernaan.



  • Kecoa


 
Makanan ikan arwana yang satu ini dapat dengan mudah kita temukan dimana saja, yaitu kecoa. Serangga ini memiliki manfaat yang sama seperti jangkrik ketika dijadikan sebagai makanan ikan arwana.


Akan tetapi kecoa yang kita berikan ke ikan arwana harus kecoa yang masih hidup, jangan memberikan kecoa yang sudah mati ke ikan arwana kita, karena hal ini dapat menimbulkan bahaya. Alasannya dikarenakan kecoa yang sudah mati tidak sehat.


Juga ditakutkan apabila kecoa yang sudah mati tersebut disebabkan karena pestisida, hal tersebut bisa menyebabkan ikan arwana kita kesehatannya terganggu. Oleh karena itu gunakan kecoa yang didapat dari pembudidaya sebagai makanan ikan arwana.


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kecoa memiliki manfaat yang sama dengan jangkrik. Pemberian makanan kecoa juga sama halnya dengan jangkrik, harus yang mengandung vitamin A.


Sehingga ketika kecoa diberikan ke ikan arwana kandungan vitaminnya juga ikut terserap. Untuk buahnya juga sama seperti makanan jangkrik yaitu berupa wortel, labu ataupun buah-buahan yang mengandung vitamin A.


Juga sama seperti jangkrik, ukuran kecoa yang akan diberikan ke ikan arwana harus menyesuaikan dengan ukuran ikan arwana, jangan memberikan kecoa yang terlalu besar. Sebagai saran untuk memastikan kecoa terbebas dari penyakit, kecoa dapat di taruh di dalam frezer untuk didinginkan beberapa hari sebelum diberikan ke ikan arwana.


Jadi jika kita akan menggunakan kecoa untuk makanan ikan arwana, selalu ingat apa yang kita bahas pada artikel ini. Karena hal tersebut dapat mencegah gangguan kesehatan pada ikan arwana kita. Perlu diingat juga pemberian makanan yang bervariasi juga perlu dilakukan guna mencegah gangguan pencernaan pada ikan arwana.



  • Ikan Kecil


 
Ada berbagai jenis ikan yang tersedia dipasaran untuk makanan ikan arwana. Pada dasarnya, semua jenis ikan yang tidak mengandung racun atau memiliki bisa dan ikannya lebih kecil daripada ikan arwana dapat dijadikan sebagai makanan ikan arwana.


Tapi terdapat resiko yang bisa dialami oleh ikan arwana yang dibawa oleh makanan yang berupa ikan. Melalui tulisan ini kita akan membahas mengenai makanan ikan arawana jenis ini.


Seperti sudah kita bicarakan sebelumnya, cukup banyak jenis ikan yang dapat dijadikan makanan ikan arwana. Yang paling umum diberikan adalah anakan ikan koi dan anakan ikan mas. Tapi terdapat resiko yang dapat dialami oleh ikan arwana jika memberikan makanan berupa ikan.


Ada kemungkinan makanan tersebut terinfeksi, selain itu juga banyak mengandung kolesterol yang dapat menyebabkan mata ikan arwana juling atau mengalami drop eye, baca artikel berikut cara mengobati mata juling pada ikan arwana dan pencegahannya. Oleh karena itu menggunakan ikan mas sebagai makanan ikan arwana sedikit kurang baik.


Tapi jika kita tetap ingin memberikan ikan hidup sebagai makanan ikan arwana, harus dipastikan ikan tersebut terbebas dari penyakit dengan cara melakukan karantina selama 5-6 hari, setelah itu baru bisa diberikan ke ikan arwana.


Agar ikan arawana mendapatkan nutrisi yang cukup, sebelum dijadikan santapan ikan arwana, ikan hidup tersebut harus diberi makanan yang bernutrisi dan bervitamin. Cara ini juga dapat dilakukan supaya makanan ikan arwana terbebas dari obat-obatan lainnya yang dapat menggangu kesehatan ikan arwana.


Kesimpulannya adalah memberikan ikan hidup untuk makanan ikan arwana tetap dapat dilakukan selama kita mengetahui resiko apa yang akan dialami oleh ikan arwana. Yang perlu diingat adalah selalu melakukan karantina terlebih dahulu pada makanan ikan arwana beruapa ikan hidup sebelum diberikan ke ikan arwana dan menghindari menggunakan ikan mas, gunakanlah ikan jenis lainnya. Mungkin terdengar cukup ribet, tapi semua itu dilakukan agar ikan arwana kita tumbuh sehat.



  • Udan Hidup


 
Pada pembahasan selanjutnya adalah mengenai makanan ikan arwana berupa udang hidup. Seperti makanan ikan arwana lainnya, menggunakan udang sebagai pakan ikan arwana ada juga postif dan negatifnya. Dari tulisan dibawah ini kita akan mengetahui seperti apa itu.


Seperti jenis crustacea lainnya, pemberian pakan berupa udang terdapat keuntungan karena udang merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk kesehatan ikan arwana. Tapi kelemahannya juga ada, yaitu seperti kebanyakan makanan hidup ikan arwana lainnya, udang juga dapat menjadi pembawa penyakit.


Oleh karena itu tindakan yang perlu dilakukan juga sama seperti pada ikan, yaitu udang dikarantina terlebih dahulu selama kurang lebih lima hari sebelum diberikan ke ikan arwana. Hal ini untuk memastikan udang terbebas dari berbagai jenis penyakit. Kelemahan lain yang bisa dialami udang adalah juling pada matanya karena ikan selalu melihat ke bawah dan ikan arwana akan cenderung terus memburu makanannya tersebut.


Jika ikan arwana masih dalam tahap pertumbuhan hindari memberikan udang sebagai pakan ikan arwana, karena ikan arwana yang masih kecil akan mengalami masalah pencernaan jika mengkonsumi udang. Terlepas dari itu semua ikan arwana tetap menjadi sumber vitamin A dan nutrisi yang baik. Hal ini dapat mendukung peningkatan warna ikan arwana.


Sekarang kita sudah mengetahui keuntungan dan kerugian menggunakan udang sebagai makanan ikan arwana. Jika kita sedikit kebingungan untuk menentukan makanan yang cocok untuk arwana, silahkan dibaca kembali pembahasan sebelumnya, dan menentukan makanan yang sesuai dengan kebutuhan ikan arwana. Hindari juga pemberian terus menerus makanan yang sama, berikan makanan ikan arwana secara bervariasi, antara udang dan ikan hidup.


Ikan arwana perlu diberikan makanan yang berbeda-beda, sehingga resiko kekurangan gizi dapat dikurangi. Selain itu juga ikan arwana jangan sampai pemberian makannya terlalu berlebihan.


Karena hal ini dapat mengurangi nafsu makannya, hal ini dapat berakibat ikan arwana tidak mau makan dalam waktu yang cukup lama dari biasanya. Hal ini dapat mengakibatkan kemungkinan ikan arwana mengalami kematian atau ikan arwana resiko dalam hal berkembang biak.


Ukuran ikan arwana juga dapat dijadikan penentu seberaha banyak makanan yang harus diberikan. Ikan arwana harus diberi makan sebanyak 3 kali dalam sehari untuk ikan arwana yang berukuran 6 inci.


Berbeda lagi untuk ikan arwana yang memiliki panjang 6 sampai 14 inci, pemberian makan sebanyak dua kali dalam waktu 24 jam. Untuk ikan arwana diatas 14 inci pemberian makanan dilakukan hanya sekali dalam sehari.


Makanan ikan arwana di habitat aslinya dapat berupa serangga, cacing, krustasea, amfibi keci dan ikan. Tapi jika ikan arwana yang dipenangkaran dapat diberikan makanan buatan. Untuk memastikan ikan arwana tetap sehat, pembahasan sebelumnya dapat dijadikan sebagai referensi.

0 Response to "Macam - Macam Makanan yang Bergizi unuk Ikan Arwana"

Posting Komentar